Yuk, Kenali Kuliner Khas Manado yang Menggugah Selera Berikut Ini

  • masakan manado

Kuliner tradisional Indonesia yang beragam memiliki ciri khasnya masing-masing dan rasa pedas memiliki peminat yang cukup banyak, seperti yang berasal dari ibu kota dari Sulawesi Utara. Rasa pedas yang dominan dan berasal dari cabai ini telah menjadi bagian dari sejarah kuliner daerah setempat. Tahukah Anda, filosofi dibalik rasa pedas pada masakan Manado?

Penduduk asli Manado secara turun temurun belajar memberi toleransi dalam kehidupan terutama pada hal menyakitkan. Sehingga, cara termudah untuk mempelajarinya yaitu melalui pengalaman yang dekat dengan kehidupan sehari-hari, seperti mengonsumsi makanan pedas. Hingga saat ini, masakan Manado tetap disukai karena rasa pedasnya yang tidak pernah berkurang. Tertarik ingin mengenali lebih dekat dengan kuliner Manado?

Makanan Pembuka Panada

Di buka dengan salah satu makanan pembuka paling favorit dari masakan Manado yaitu roti panada. Walaupun memiliki bentuk yang menyerupai kue pastel, namun tekstur yang lebih halus membuatnya cukup berbeda. Hal tersebut didapat karena pada proses pembuatannya yang menggunakan bahan seperti roti. Ciri khas dari roti panada lainnya terletak pada isiannya karena menggunakan ikan cakalang yang cukup populer dan memiliki wangi khas.

Camilan Lalampa

Di pulau Jawa mungkin Anda mengenalnya sebagai lemper yang memiliki isian abon namun, di Kota Manado lebih dikenal sebagai lalampa dengan isian dari ikan cakalang. Walaupun memiliki beberapa kesamaan bahan, tetapi proses akhirnya memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Masakan Manado yang satu ini diolah dengan melalui proses pembakaran namun, sebelumnya diolesi minyak sayur agar dapat menghasilkan aroma lebih kuat.

Sayuran Ganemo

Masakan Manado selanjutnya yang tidak kalah menarik yaitu sayuran ganemo. Perpaduan antara daun melinjo, bunga pepaya, dan labu kuning memang sangat lezat jika disantap bersama nasi hangat. Hidangan klasik ini pasti sangat disukai oleh Anda walaupun tidak terlalu menyukai sayuran. Dilengkapi dengan kuah santan telah menemani masyarakat Manado sejah dahulu.

Bubur Tinutuan

Jika Anda sudah terbiasa mengonsumsi bubur ayam yang sering dijual oleh pedagang keliling, kini saatnya beralih mencicipi makanan khas Manado yang satu ini. Bubur tinutuan menggunakan kandungan daging di dalamnya sehingga, memiliki cita rasa baru pada lidah. Anda dapat mengonsumsinya  sebagai menu sarapan karena proses pembuatannya cukup praktis dan memiliki nilai gizi cukup baik untuk tubuh. Kunci rahasia menikmati hidangan ini yaitu dengan menyajikannya bersama sambal ikan roa, perkedel jagung, dan ikan asin.

Daging Ayam Isi Dibulu

Masakan Manado berupa ayam isi dibulu ini cukup banyak peminatnya karena penyajiannya yang unik dan memiliki rasa lezat. Disajikan menggunakan buluh atau lebih dikenal oleh Anda sebagai bumbu, daging ayam akan diberikan bumbu yang terdiri dari cabai rawit, cabai merah, jahe, serai, dan kunyit. Selain itu, ditambahkan juga daun jeruk, daun kemangi, daun kunyit, dan daun bawang dapat menambah aroma masakan Manado ini.

Proses pembuatannya juga tidak kalah unik. Daging ayam yang sudah diolah bersama dengan bumbu lalu, dibungkus menggunakan daun pisang. Setelah itu, langsung dimasukkan ke dalam bambu. Daging ayam isi dibulu siap disajikan bersama nasi hangat dan lauk pendampingnya yaitu sambal dabu-dabu dan sayur pangi.

Mi Ikan Cakalang

Ikan cakalang memang menjadi bahan favorit untuk memasak berbagai olahan menu Manado. Setelah membahas berbagai pilihan makanan, tidak lengkap jika belum membahas mi. Jika Anda sudah terbiasa menikmati mi instan, cobalah mencicipi mi ikan cakalang asal Manado ini. Pada dasarnya, masakan Manado ini terbuat dari bumbu yang sederhana tetapi telah diracik sedemikian rupa sehingga menghasilkan cita rasa istimewa. Dijamin akan lebih lezat daripada mi instan buatan pabrik lho. 

Hidangan Penutup Klappertaart

Dari sekian banyak masakan Manado yang menggiurkan, tidak lengkap jika belum membahas tentang hidangan penutup, bukan? Kue khas Manado yang lebih dikenal dengan klappertaart ini memang cukup unik. Terbuat dari tepung terigu, susu, mentega, telur, dan kelapa bisa disajikan dengan proses dipanganggan dan akan menghasilkan tekstur padat serta dapat dipotong dengan mudah. Namun, jika Anda menginginkan hasil yang lembut sebaiknya jangan dipanggang ya.

Baca Juga : Penguat Rasa Makanan yang Mudah Anda ditemui

Itulah 7 macam masakan Manado yang dapat membawa Anda lebih mengenal lebih jauh dengan kuliner dari ibu kota Sulawesi Utara tersebut. Walaupun memiliki cita rasa pedas, tetapi akan membuat Anda terus jatuh cinta dengan masakannya. Dalam proses memasak dibutuhkan penguat rasa makanan yang aman untuk dikonsumsi. Kini, Markaindo pun juga sudah menyiapkannya untuk Anda. Untuk mendapatkan penguat rasa yang aman, Anda bisa mengunjungi website Markaindo di www.markaindo.co.id atau melalui email di marketing@markaindo.co.id.