Yuk, Kenali 8 Jenis Masakan Daerah Chinese Food yang Paling Populer

  • makanan chinese food

Menyambut tahun baru Cina yang masih akan berlangsung selama 15 hari tentunya, tidak lengkap jika belum mengenali jenis makanan Chinese food. Sama seperti Indonesia, setiap daerah di daratan Cina mempunyai ciri khas masakan tersendiri, kurang lebih ada 8 jenis masakan chinese food yang sudah cukup popular. Yuk, kenali lebih dekat dengan salah satu budaya makanan dari Cina, berikut ini:

1. Masakan Daerah Szechuan

Dibuka dengan hidangan yang pedas-pedas makanan chinese food yang berasal dari provinsi bagian barat Cina ini, memang memiliki banyak peminat di Indonesia khususnya para pecinta kuliner pedas. Ciri khas dari masakan ini yaitu penggunaan bumbu yang lebih berani.

Bumbu yang cukup sering digunakan seperti jahe, bawang putih, paprika, cabai dan lada khas Szechuan yang disebut mala. Akan memberikan rasa pedas yang dapat membuat lidah menjadi terasa kebal namun, tidak membuat perih di perut.

2. Masakan Daerah Cantonese

Masakan dari daerah Cantoneseni memiliki rasa yang cukup berbeda, rasa manis yang mendominasi menjadi ciri khas masakan Cantonese yang dihasilkan dari racikan saus kental. Selain itu, biasanya makanan ini akan disesuaikan dengan daerah setempat sehingga, lebih dapat diterima oleh penduduk lokal dan memiliki banyak peminat.

3. Masakan Daerah Hunan

Tipe makanan chinese food dari daerah Hunan di dominasai oleh rasa pedas dan asam, biasanya akan dimasak dengan menggunakan teknik tumis. Masakan ini menggunakan tanaman herbal sebagai bumbunya. Hal ini disebabkan karena pada daerah asalnya, Hunan merupakan penghasil herbal terbesar.

4. Masakan Daerah Fujian

Masakan dari daerah Fujian selalu menampilkan unsur makanan berbahan segar dari daerah pegunungan dan laut. Selain itu, masakan chinese food ini memiliki rasa asam manis yang sulit dilupakan karena berasal dari hongzao sebagai pemanis pada bumbu masakannya.

5. Masakan Daerah Shandong

Masakan yang sering menyajikan seafood ini didominasi dengan rasa asin serta tekstur yang renyah. Berasal dari daerah utara membuat masakan chinese food ini memiliki banyak varian makanan laut. Biasanya makanannya dibuat dengan bumbu yang sederhana dan lebih menampilkan cita rasa asli dari seafood.

6. Masakan Daerah Jiangsu

Masakan Jiangsu terbuat dari bahan-bahan pilihan yang terjaga kesegarannya. Seperti daun teh segar, rebung, jamur, buah pir, hingga hongzao. Teknik memasak dari daerah ini mengutamakan menu yang sehat dan teknik memasak yang cukup detail. Biasanya makanan yang sering dijumpai berupa sop atau makanan yang direbus.

7. Masakan Daerah Zhejiang

Masakan chinese food ini memiliki kemiripan dengan daerah Shanghai dan Jiangsu karena berbatasan langsung dengan kota Shanghai. Disajikan dalam bentuk makanan mentah seperti Jepang, tentunya menggunakan bahan yang segar dan teknik yang tidak rumit.

8. Masakan Daerah Anhui

Untuk Anda yang ingin mencoba makanan unik, masakan chinese food dari daerah Anhui ini terkenal dengan makanan yang sedikit berani karena menggunakan bahan dari hewan dan tanaman liar. Teknik memasaknya juga cukup mudah karena hanya direbus dan diberi minyak yang cukup banyak. Cukup menantang bukan? Ya, daerah Anhui ini berada pegunungan sehingga cukup mudah menemukan bahan alam bebas tersebut. Berani mencobanya?

Baca juga: Bahan Tambahan Pangan untuk Tingkatkan Rasa Sosis Bratwurst.

Jadi, apakah Anda sudah tahu masakan chinese food mana yang lebih disukai? Lengkapi masakan Anda dengan memiliki bahan tambahan pangan yang berkualitas dari Markaindo. Untuk lebih jelasnya, jangan lupa Gong Xi Fa Cai untuk semua yang merayakan.