Yuk, Kenalan dengan Produk Olahan Potato Granules

  • potato granules

Aviko Rixona B.V adalah perusahaan asal Belanda yang didirikan pada tahun 1953 dan berada di bawah naungan perusahaan lain yang lebih besar yaitu Aviko. Menurut sejarahnya Aviko dan Rixona merupakan bagian dari perusahaan Royal Cosun yang merupakan holding company Internasional yang fokus pada pengembangan, produksi, perdagangan bahan pangan  dan komposisi makanan. Rixona dalam pengoperasiannya selalu menghasilkan produk berupa dehydrated / dried potato products terutama potato granules dan potato flakes, dua jenis produk yang banyak digunakan dalam industri snack berbahan dasar kentang.

Rixona sendiri diketahui menjadi perusahaan pertama di Eropa yang menghasilkan produk potato granules. Pada perkembangannya Rixona berhasil melakukan peningkatan produk dari masa ke masa. Mulanya berawal dari 2. 000 ton pada tahun 1959 lalu meningkat menjadi 75. 000 ton  potato granules dan juga potato flakes pada tahun 2015.

Dalam pengoperasiannya, Rixona selalu berusaha menghasilkan produk yang berkualtas tinggi dari bahan-bahan pilihan. Rixona memiliki sistem pengawasan mutu dan full traceability yang cukup bagus dan juga ketat, selain itu Rixona selalu memenuhi kriteria keamanan pangan sehingga, Anda tak perlu khawatir akan keaslian serta kualitas bahannya. Saat ini Rixona telah mendapatkan sertifikat mutu dari beberapa organisasi ternama, meliputi ISO 9000, HACCP, AIBC (American Institute of Baking), BRC (British Retail Consortium) dan IFS (International Food Standard).  Rixona juga telah memiliki sertifikat halal yang diakui oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Sebagai pengetahuan Anda, kali ini kami akan membahas lebih jauh tentang potato granules . Potato granules sendiri adalah produk turunan dari kentang terdehidrasi atau kentang kering yang bentuknya seperti powder atau tepung yang gampang sekali terhidrasi kembali jika dicampur atau ditambah air panas atau mendidih.

Produk yang bisa dihasilkan dari bahan potato granules ialah makanan ringan seperti snack yang terbuat dari kentang. Guna dari potato granules pada snack ialah agar makanan yang dihasilkan menjadi renyah, crispy dengan rasa kentang yang terasa.

Potato granules sebenarnya hampir sama dengan potato flake, sama-sama bisa digunakan untuk makanan ringan berbahan kentang hasil ekstrusi atau extruded maupun yang berupa lembaran , lalu bisa juga diolah untuk membuat mashed potato instan, maupun makanan seperti kroket, perkedel, kentang goreng, sup, saus dan bisa berfungsi sebagai bahan pengental, lalu juga kue-kue kering maupun olahan daging  serta ikan, dumpling dan lain-lain.

Kami akan memberikan rekomendasi camilan enak dan bergizi berupa kue kecil yang cocok Anda santap disaat waktu santai Anda. Berikut resep kue pisang apel gulung atau apple banana roll yang bisa Anda coba.

  1. Siapkan bahan-bahan utama dan bahan tambahan, yang terdiri dari gula pasir seberat 100 gr, 20 gr tepung kentang US Potato dehydrated standard potato granules, 300 gr pisang ambon matang yang sudah dihaluskan dan empat butir telur utuh serta delapan butir kuning telur. Lalu juga bahan tambahan meliputi 15 gr emulsifier, 10 gr susu bubuk, 60 gr tepung terigu berprotein sedang, 4 gr baking powder,dan 100 gr minyak goreng.
  2. Setelah itu mulai membuat roll dengan cara kocok gula pasir serta telur sampai mengembang, kemudian tambah terigu, emulsifier, susu bubuk, baking powder, pisang ambon halus, lalu campur dengan cara mengocok hingga adonannya memgembang dan tambahkan minyak.
  3. Adonan yang telah tercampur dan mengembang, kemudian dipanggang. Panggang pada loyang yang berukuran 30 x 40 cm. Suhu oven harus mencapai 180 derajat celcius. Kurang lebih selama 35 menit.
  4. Adonan diisi dengan apel, kismis, coklat atau bahan lainnya. Material pengisi apel yakni 400 gram apel yang diparut kasar, 150 gram gula palem, 150 gram kismis, dua batang kayu manis, dua sendok makan maizena (dilarutkan dengan jus apel) dan 200 ml jus apel. Isi apple banana roll dibuat dengan cara memasak apel yang diparut kasar, lalu campur dengan gula palem, kismis dan kayu manis. Lalu kentalkan dengan maizena yang dilarutkan dengan jus apel.
  5. Setelah diisi dengan bahan apel, kue digulung kemudian potong-potong.  Apple banana roll siap dihidangkan.

Untuk mendapatkan potato granules yang berkualitas, Anda bisa mendapatkannya di Markaindo Selaras. Markaindo sendiri bekerjasama dengan Aviko Rixona B.V untuk memasok potato granules. bisa Anda dapatkan dengan cara menghubungi PT. Markaindo melalui  website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.