Yuk, Kenalan dengan Produk Corn Starch yang Ada di Markaindo

Tahukah Anda jika tepung maizena bukan nama lain dari tepung jagung atau corn starch? Sebenarnya Maizena adalah nama merek dari suatu produk tepung jagung atau corn starch. Tapi banyak orang Indonesia lebih sering menggunakan kata tepung Maizena dibanding dengan tepung jagung. Tepung jagung termasuk ke dalam golongan pati dari endosperm putih di jantung sebuah kernel jagung dan memiliki tekstur yang hampir sama dengan tepung terigu, hanya saja warna corn starch memiliki warna yang lebih pucat dan keruh.

Tepung jagung atau corn starch memiliki fungsi atau manfaat dalam pengolahan makanan. Yang pertama, corn starch berfungsi dalam membantu mengikat beragam bahan yang berbeda dalam suatu masakan atau starch gelatinization. Setelah menambahkan panas dan tingkat kelembapan, starch irreversibly akan terurai sehingga air atau uap air meresap ke dalam granula sehingga menyebabkan pembengkakan atau gelatinisasi.

Selain itu, corn starch juga berfungsi untuk menyebarkan atau menyingkirkan bahan makanan dalam suatu campuran. Misalnya, digunakan untuk menyingkirkan lemak dalam campuran protein, serta menyebarkan protein dalam campuran lemak. Corn starch merupakan salah satu bahan makanan yang paling banyak digunakan dalam proses baking atau memanggang dan juga kebutuhan memasak lainnya.

Komposisi utama dari corn starch yaitu karbohidrat. Tepung jagung ini sendiri adalah bahan yang memiliki rasa yang hambar atau bahan yang tidak memiliki rasa sebelum diolah atau dimasak sebelumnya. Corn starch terdiri dari amilosa dan amilopektin.

Corn starch merupakan bahan makanan yang bebas dari kandungan gluten. Gluten merupakan campuran amorf (bentuk tak beraturan) dari protein yang terkandung bersama pati dalam endosperma (dan juga tepung yang dibuat darinya) beberapa serealia, terutama gandum, gandum hitam, dan jelai. Corn starch cocok untuk mereka yang tidak dapat mengonsumsi gluten karena reaksi daya tahan tubuh yang merusak dinding usus halus dan hanya dapat ditangani bila pengidap tidak mengonsumsi gluten di seumur hidupnya.

Di dapur atau dalam pengolahan makanan, tepung jagung dapat digunakan sebagai pengikat untuk pudding atau makanan yang sama atau sebagai pengental untuk saus, semur, sayur dan lain sebagainya dengan hidangan yang serupa. Jika digunakan pada sponge cake dan pudding, corn starch dapat memberikan efek lembut. Dan sedangkan pada cookies, corn starch bisa memberikan efek renyah dan memberikan cita rasa menjadi lebih lezat.

Untuk mendapatkan produk Corn starch berkualitas tinggi, bisa Anda dapatkan dengan mudah di Markaindo Selaras, yaitu distributor bahan makanan yang bekerjasama dengan salah satu perusahaan Belanda yaitu Meelunie yang didirikan pada tahun 1876. Bukan hanya corn starch saja, tetapi Meelunie juga dikenal sebagai pemasok global produk-produk berkualitas tinggi untuk berbagai jenis starch (tepung pati), sweeterner atau pemanis dan tepung protein yang dihasilkan dari beragam jenis tanaman seperti kentang, gandum, singkong, jagung, pea dan padi.

Meelunie memiliki 2 merk berbeda untuk produk-produknya yaitu Windmill dan Promill. Windmill adalah merk untuk produk yang digunakan sebagai bahan produksi beragam jenis makanan, sedangkan Promill hanya bisa digunakan untuk produksi pakan ternak atau pet foods.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi selengkapnya mengenai tepung jagung dan bahan makanan lainnya, Anda bisa langsung cek melalui website www.markaindo.co.id atau langsung mengirimkan email ke marketing@markaindo.co.id atau melalui telepon (021) 87920515 atau (021) 87920516.