Yuk Cari Tahu, Proses Pembuatan Hingga Pengemasan Potato Granules

Potato granules adalah produk olahan kentang yang terdehidrasi atau kentang kering yang bentuknya seperti powder (bubuk) atau tepung yang gampang sekali terhidrasi kembali jika dicampur atau ditambah air panas atau mendidih. Produk yang bisa dihasilkan dari bahan potato produk olahan kentang ini adalah makanan ringan seperti snack yang berbahan dasar kentang. Kegunaa dari potato granules pada snack adalah agar makanan yang dihasilkan menjadi renyah, crispy dengan rasa kentang yang terasa. Potato granules sebenarnya hampir sama dengan potato flakes, bisa digunakan untuk bahan campuran pada makanan ringan berbahan baku kentang hasil ekstrusi atau extruded maupun yang berupa lembaran , bisa juga diolah untuk membuat mashed potato instan, maupun makanan seperti kroket, perkedel, kentang goreng, sup, saus yang berfungsi sebagai bahan pengental, lalu juga kue kering maupun olahan daging  serta ikan, dumpling dan masih banyak lagi.

Kemajuan teknologi yang begitu pesat, bidang pangan pun tidak ketinggal dari berbagai penemuan terbaru. Jika dulu sulit mengolah makanan untuk meningkatkan ketahanan, rasa, maupun daya jualnya, saat ini terasa lebih mudah dilakukan, karena banyak sekali bahan makanan segar yang kini bisa ditemukan dalam bentuk kering dan digunakan untuk berbagai tujuan, misalnya saja potato granules. Produk olahan kentang ini banyak digunakan dalam industri makanan untuk mendapatkan produk akhir yang renyah dengan rasa kentang yang kuat. Tetap saja, sebagian orang masih takut menggunakan bubuk kentang sebagai bahan campuran karena khawatir dengan kandungan nutrisi maupun keamanannya. Padahal, produk olahan kentang ini  aman dikonsumsi karena melalui proses pengolahan yang higienis dan tentu saja terjaga kualitas gizi dan lain-lainnya.

Pengupasan dan Perebusan

Kulit kentang memang terkandung banyak nutrisi. Namun membiarkan kulit kentang sebelum proses pengeringan membuat hasilnya kurang bersih dan mudah busuk. Oleh karena itu, pertama - pertama kentang dicuci lalu dikupas. Setelah dikupas, kentang dicuci lagi dan dipotong menjadi ukuran yang lebih kecil. Kemudian direbus hingga mendidih sampai lunak. Setelah itu, kentang ditiriskan dan air kentang diletakkan di dalam wadah lain.

Pembuatan Bubur

Setelah direbus dan ditiriskan, kentang dihaluskan hingga tekstur menjadi sangat lembut. Selama proses penghalusan ini, air rebusan kentang ditambahkan sedikit demi sedikit sampai teksturnya lembut. Setelah mencapai tekstur yang tepat, kentang yang sudah menjadi bubur kemudian dimasukkan ke dalam loyang dengan cara disebarkan hingga membentuk lapisan tipis. Setelah itu, bubur kentang dipanggang hingga kering dan menyerupai keripik. Dalam proses ini tidak ditambahkan garam atau bumbu apapun sehingga rasa asli kentang tetap terjaga.

Pembuatan Tepung

Setelah bubur kentang berubah menyerupai keripik, kemudian keripik tersebut dihancurkan hingga lembut seperti tepung yang halus. Setelah itu proses penggilingan dilakukan beberapa kali hingga lembut.

Pengemasan

Bubuk kentang sudah jadi, siap untuk dikemas. Proses pengemasan, bubuk kentang yang sudah jadi dimasukkan ke dalam plastik kedap udara karena membuat bubuk kentang bertahan untuk jangka waktu yang lama dan membuatnya lebih menjadi bahan campuran serta diolah untuk berbagai macam jenis makanan baik itu snak maupun makanan berat.

 

Pembuatan bubuk kentang ini memang tidak sulit sehingga memungkin Anda bisa membuat sendiri di rumah. Pemilihan kentang harus benar- benar diperhatikan agar kualitasnya tidak menurun dan hasil pembuatannya maksimal.

Untuk mendapatkan bubuk kentang yang berkualitas, Anda bisa mendapatkannya di Markaindo Selaras. Markaindo sendiri bekerjasama dengan Aviko Rixona B.V untuk memasok potato granules. bisa Anda dapatkan dengan cara menghubungi PT. Markaindo melalui  website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.