Untung Menjual Nugget Daging dengan Collagen Powder

  • Nugget Daging dengan Collagen Powder

Pernahkah Anda mendengar sebuah bahan campuran makanan yang bernama collagen powder? Sebuah perusahaan bernama D.C.P. Ingredients memproduksi berbagai jenis collagen powder menggunakan bahan dan proses pengolahan terbaik di bawah pengawasan Dutch Veterinary Authorities. Produk dari D.C.P. Ingredients sudah mengantongi sertifikat FSSC 22.000 (Food Safety System Certification) sehingga jelas aman dikonsumsi.

Lalu apa fungsi dari collagen powder? Berikut beberapa jenis dan kegunaannya:

Kapro B95 I, memiliki butiran yang sangat halus sehingga dapat digunakan dalam larutan brine/marinasi. Memiliki rasa yang natural, sehingga bisa digunakan di berbagai jenis daging olahan dan makanan.

Kapro B95 SF, berbentuk serbuk halus dan sangat cocok dijadikan meat-extender untuk produk daging olahan. Collagen powder jenis ini dapat membantu mengurangi susut pada daging yang melalui proses pengolahan.

Kapro B95 C, berbentuk serat atau serpihan halus kollagen yang dapat digunakan untuk membentuk produk olahan daging. Collagen powder jenis ini memiliki rasa yang natural sehingga bisa digunakan untuk berbagia campuran olahan daging.

Nah, produk-produk collagen powder tersebut banyak dimanfaatkan dalam industri makanan olahan karena membantu memaksimalkan hasil produksi dan menekan biaya sebab dapat mengurangi susut daging saat dimasak. Produk ini dapat dicampurkan ke dalam berbagai makanan olahan daging, misalnya saja nugget. Ya, tidak hanya terbuat dari ayam, ada juga nugget yang terbuat dari daging dengan rasa tak kalah enaknya.

Nugget daging ini tergolong masih jarang di Indonesia, sehingga sangat berpotensi untuk dijadikan produk dagangan yang pasti digemari masyarakat. Proses pembuatan nugget daging secara umum sama dengan pembuatan nugget ayam. Hanya saja ada beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti berikut ini:

Gunakan daging yang berkualitas

Untuk menjaga rasa nugget, pastikan Anda memilih daging dengan kualitas terbaik. Sebaiknya gunakan daging segar untuk membuat nugget, sebab daging yang sudah dibekukan memiliki tekstur yang berbeda. Pastikan juga Anda mencuci daging sebelum mengolahnya menjadi nugget.

Tambahkan lemak daging

Daging akan menjadi kering ketika melalui proses pemanasan. Menambahkan lemak berupa minyak akan membantu melembapkan daging dan membuatnya lebih nikmat ketika disantap. Minyak sayur menjadi pilihan yang tepat untuk menambahkan lemak pada adonan nugget.

Gunakan bumbu yang tepat

Nugget memang biasanya dikonsumsi dengan cocolan saus. Meski demikian, rasa dari nugget itu sendiri haruslah enak. Dibanding menggunakan bumbu instan, Anda bisa memperbanyak penggunaan bumbu alami seperti bawang putih, garam, dan lada. Parutan wortel bisa ditambahkan untuk memberikan sedikit rasa manis tanpa perlu memakai gula.

Berikan campuran collagen powder

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, collagen powder berguna untuk mengikat daging sekaligus membuat teksturnya lebih nikmat. Collagen powder juga membantu mengurangi jumlah susut daging saat diolah. Menggunakan bahan ini saat membuat nugget daging akan membantu menekan biaya produksi sekaligus memaksimalkan hasil akhir olahan nugget buatan Anda.

Perhatikan proses penyimpanan

Jika tidak langsung dijual setelah diproduksi, nugget daging harus disimpan dengan cara yang tepat. Anda bisa memasukkan nugget ke dalam wadah kedap udara kemudian menyimannya dengan freezer. Daging yang beku akan tahan lebih lama dan bisa tetap nikmat saat diolah. Untuk memasaknya, Anda bisa membiarkan nugget daging di suhu normal sampai es mencair kemudian baru digoreng.

Untuk mendapatkan collagen powder yang berkualitas, Anda bisa menghubungi PT. Markaindo Selaras melalui www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.