Transgultaminase, Enzim Baik yang Membuat Bakso Lebih Lezat

  • Transglutaminase

Sudah pernah mendengar enzim transglutaminase? Bagi Anda yang belum tahu, enzim ini merupakan salah satu jenis enzim tiol yang memicu terjadinya reaksi pada protein lain yang mengikatnya. Ternyata, enzim ini sudah cukup lama digunakan untuk berbagai keperluan, umumnya pada industri makanan olahan.

Enzim ini pun terbilang aman, karena dapat dihasilkan secara alami lewat berbagai organisme hidup, seperti bakteri, hewan mamalia, dan juga tumbuhan. Tubuh manusia sendiri sebenarnya juga memproduksi enzim ini, hanya saja dalam bentuk tidak aktif yang disebut zimogen. Tapi tahukah Anda, ternyata enzim ini juga alasan mengapa bakso yang kita makan sehari-hari jadi lebih lezat!

Penggunaan Transglutaminase di Bakso

Seperti yang kita ketahui, bakso merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari paduan bakso sapi dengan tepung berbentuk bulat. Rasanya pun sangat lezat, dengan campuran tekstur kenyal dan gurih yang siap memanjakan lidah. Tapi siapa sangka, ternyata bakso juga membutuhkan protein tambahan agar membuatnya lebih enak dan membentuk bulat.

Agar dapat berbentuk bulat sempurna, bakso memerlukan protein yang fungsinya untuk mengikat daging sehingga teksturnya tetap terjaga. Selain itu, peran protein juga sebagai emulsifier agar adonan tetap stabil dan lembut. Maka dari itu, penambahan enzim transglutaminasesangat esensial di dalam makanan favorit masyarakat Indonesia ini.

Bahkan, beberapa penelitian menyebutkan jika enzim ini ternyata dapat memperbaiki kualitas dari bakso olahan, sehingga daging yang sudah disimpan cukup lama di dalam kulkas tidak lembek dan terlalu kenyal. Dengan begitu, daging tersebut dapat diolah menjadi bakso. Selain itu, enzim ini ternyata juga digunakan untuk membuat sosis, karena dapat mengembalikan kekenyalan serta tekstur dari makanan berbentuk lonjong tersebut.

Dengan menambahkan enzim ini, daging yang telah layu juga dapat kembali halus. Dengan begitu, bakso yang dihasilkan juga segar dan terjaga kualitasnya.

Penggunaan di Makanan Lainnya

Selain untuk bakso dan sosis, enzim ini ternyata juga dibutuhkan untuk pembuatan tahu. Fungsi enzim tersebut pada makanan rakyat Indonesia ini adalah sebagai emulsifier, yang menjadikan tahu tidak mudah hancur. Di lain sisi, enzim ini juga dapat membuat tahu lebih halus. Sehingga, lebih lezat saat dimasak bersama bahan makanannya lainnya.

Tidak hanya itu, enzim juga sering digunakan untuk membuat produk berbahan dasar gandum seperti roti atau kue. Penambahan enzim tersebut pada kedua makanan tersebut terbukti dapat membuatnya lebih ber-volume meskipun digunakan dalam dosis kecil.

Produk Transgultaminase Halal

Anda tidak perlu khawatir, ternyata enzim ini juga telah tersedia dengan kemasan halal, yang diperuntukkan khusus untuk umat Muslim di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa jenis produk untuk daging olahan yang dapat Anda temukan, yaitu:

1.Transglutaminase TG-B101

Produk ini sangat cocok untuk produk daging olahan yang membutuhkan proses emulsifikasi, contohnya seperti bakso, luncheon, sosis, dan masih banyak lagi. Dengan menambahkan produk ini, produk olahan yang Anda miliki akan memiliki kekenyalan, juiciness, dan sliceability yang pas. Selain itu, TG-B101 juga dapat mengurangi susut produksi Anda saat proses pemotongan.

2.Transglutaminase TG-GB212

Penambahan TG-GB212 pada produk olahan restructured meat seperti smoked beef, patty, dan juga chicken ham dapat menjaga kekenyalan, sliceabality, dan juga juiciness dari produk tersebut. Oleh karena itu, penambahannya sangat disarankan agar kerusakan saat proses slicing dapat dihindari.

3.Transglutaminase TG-GB312

Produk enzim ini dikenal pula dengan sebutan meat glue, yang berguna layaknya lem untuk menyatukan potongan daging kecil membentuk ukuran yang lebih besar. Oleh karena itu, sangat cocok untuk produk olahan seperti restructured steak, smoked chicken, smoked beef, dan produk lainnya.

PT. Markaindo Selaras sendiri juga menyediakan produk ini, yang diproduksi oleh Taixing Dongsheng Food Science & Technology Co. Ltd, sebuah perusahaan Jiangsu – Cina yang telah mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Karena itu, Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan dan kehalalan dari produk ini.

Anda dapat mendapatkan produk untuk olahan daging ini melalui website www.markaindo.co.id atau juga menghubungi email di marketing@markaindo.co.id. Penambahan enzim ini di dalam produk yang Anda pastinya akan menambahkan nilai jualnya.