Transglutaminase: Resep Rahasia Makanan Olahan dengan Tekstur Sempurna

  • transglutaminase

Pernah dengar tentang enzim ini transglutaminase? Mungkin banyak dari Anda yang asing dengan nama tersebut. Namun tahukah Anda bahwa enzim ini banyak terdapat di dalam makanan olahan yang Anda konsumsi?

Bagi yang belum pernah mendengar, enzim transglutaminase merupakan salah satu jenis enzim tiol yang dapat memancing reaksi pada protein pengikat lain. Walaupun namanya terdengar sangat kimiawi, namun enzim ini bisa dikategorikan aman karena dapat dihasilkan secara alami lewat berbagai organisme makhluk hidup seperti hewan mamalia dan juga tumbuhan.

Tubuh manusia sendiri sebenarnya juga memproduksi enzim ini, hanya saja dalam bentuk tidak aktif yang disebut zimogen. Namun setiap makanan olahan yang menggunakan enzim transglutaminase pasti akan terasa lebih lezat ketika Anda konsumsi!

Secara ilmiah, transglutaminase merupakan enzim yang berfungsi sebagai katalisator pada reaksi polimerisasi dan pembentukan ikatan silang (cross-linking) pada molekul-molekul protein khususnya antara asam amino glisin dan lisin. Transglutaminase untuk kepentingan komersul diproduksi dengan cara fermentasi menggunakan mikroorganisme Streptoverticillium mobaraense.

Ada enam tipe produk transglutaminase yang biasa dipakai di makanan-makanan olahan yang Anda konsumsi sehari-hari.

1. Transglutaminase TG-B101

Berfungsi untuk memperbaiki tekstur serta meningkatkan kekenyalan, elastisitas, juiciness dan sliceability pad pada produk daging olahan yang mengalami proses emulsifikasi seperti baso, sosis, luncheon dan lain-lain.

2. Transglutaminase TG-GB212

Berfungsi untuk memperbaiki kekenyalan, sliceability, juiciness serta mengurangi susut produksi akibat kerusakan produk saat slicing pada daging olahan yang berbentuk restructured meat product seperti patty, smoked beef, chicken ham dan lain-lain.

3. Transglutaminase TG-GB312

Produk transglutaminase ini lebih dikenal dengan sebutan meat glue karena fungsinya seperti lem/perekat yang bisa merekatkan potongan-potongan daging kecil demi membentuk potongan-potongan daging yang lebih besar.  Produk ini bisa diaplikasikan pada produk-produk restructured meat seperti steak, smoked beef, smoked chicken dan lain-lain.

4. Transglutaminase TG-K Series

Produk transglutaminase ini berfungsi untuk diaplikasikan pada produk-produk berbahan dasar ikan, seafood  dan surimi yang mengalami proses emulsifikasi seperti baso ikan, baso udang, sosis ikan, otak-otak dan lainnya. Kegunaan serta metode aplikasinya hampir sama dengan TG-B101. Perbedaannya hanya pada jenis daging yang digunakan sebagai bahan dasar produk jadinya.

5. Transglutaminase TG-M Series

Produk ini berfungsi untuk untuk memperbaiki tekstur dan rasa, mengurangi sineresis serta meningkatkan rendemen (yield) hasil produksi pada produk-produk berbahan dasar susu (dairy food) terutama keju dan yoghurt.

6. Transglutaminase TG-F Series

Produk ini berguna untuk diaplikasikan pada produk-produk bakery dan pasta dengan tujuan untuk memperbaiki tekstur, meningkatkan volume dan elastisitas serta memperbaiki kualitas produk akhir.​

PT. Markaindo Selaras menyediakan produk ini, yang diproduksi oleh Taixing Dongsheng Food Science & Technology Co. Ltd, sebuah perusahaan dari Cina yang telah mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan memproduksi transglutaminase setelah melakukan riset dan penelitian selama 10 tahun. Karena itu, Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan dan kehalalan dari produk ini.

Anda dapat mendapatkan produk untuk olahan daging ini melalui website www.markaindo.co.id atau juga menghubungi email di marketing@markaindo.co.id. Gunakan transglutaminase dari Taixing Dongsheng dan tingkatkan kualitas produk daging dan makanan olahan Anda!