Transglutaminase, Cara Tepat Untuk Bisnis Pengolahan Daging

Di antara banyaknya industri di bidang makanan, pengolahan daging merupakan salah satu lahan yang sangat menjanjikan. Hal ini karena daging merupakan bahan pangan yang banyak digemari karena rasa dan kandungan nutrisinya. Namun sayangnya, harga daging yang mahal membuat banyak orang beralih pada ayam atau ikan. Dengan menggunakan transglutaminase, orang dapat merasakan nikmatnya daging dalam bentuk lain seperti ayam, ikan, maupun roti. Meskipun bukan daging yang sebenarnya, tingkat tekstur dan kelezatannya tidak kalah dengan daging yang sebenarnya karena menggunakan transglutaminase.

Untuk itulah, pengolahan daging dengan berbagai campuran bahan pangan lain akan membuat harga jual lebih rendah sehingga peminatnya pun akan semakin banyak. Memulai bisnis pengolahan daging sebenarnya tak terlalu sulit, simak saja informasinya berikut ini:

Menyiapkan konsep

Ada banyak jenis industri pengolahan daging di Indonesia. Untuk memulainya, Anda bisa mengawali dengan mempertimbangkan konsep dan skala usaha. Cari tahu bisnis seperti apa yang ingin Anda jalankan serta besarnya modal yang akan dibutuhkan. Di tahap ini, perbanyak komunikasi dengan para pemilik bisnis sejenis. Anda juga bisa mulai mencari pemasok bahan baku serta mencermati pasar yang ada.

Membuat business plan

Fase selanjutnya adalah membuat rencana bisnis sesuai dengan konsep yang sudah Anda pikirkan sebelumnya. Rencana bisnis ini harus berisi segala sesuatu yang konkret, mulai dari besarnya modal awal, biaya untuk pembangunan lokasi usaha, biaya pembelian peralatan, dari siapa akan membeli bahan pokok, dan juga perkiraan konsumen. Rencana bisnis ini akan membantu Anda menjalani bisnis dengan lebih terarah.

Mencari sumber modal

Memulai bisnis pengolahan daging tentu membutuhkan modal yang cukup besar, mengingat bahan bakunya sendiri memiliki harga yang cukup tinggi. Maka dari itu, persiapkan dengan baik modal yang akan digunakan. Jangan sampai Anda kekurangan modal saat sedang mengembangkan bisnis pengolahan daging tersebut. Modal bisa berasal dari dana pribadi maupun pinjaman atau mencari pihak yang mau bekerja sama.

Mengurus perizinan

Bisnis makanan bisa dibilang lebih kompleks dalam hal perizinan. Tak sekedar mengurus izin usaha dan izin mendirikan tempat pengolahan, Anda juga harus memastikan seluruh bahan, proses, dan hasil produksi aman dikonsumsi. Jangan lupa pula untuk mengurus perizinan ke Majelis Ulama Indonesia untuk memperoleh sertifikat halal.

Mempelajari teknik pengolahan daging

Hal terpenting yang tak boleh Anda lupakan adalah mempelajari teknik pengolahan daging. Daging merupakan bahan yang mudah sekali membusuk dan berubah bentuk serta rasa. Selain itu, daging juga mudah terkontaminasi oleh bakteri dan mikroorganisme jahat lainnya. Akan sangat berbahaya sekali jika sampai olahan daging yang Anda buat tidak layak konsumsi karena dapat menimbulkan gangguan kesehatan untuk para konsumen.

Mencari pemasok bahan pangan untuk pengolahan daging

Dalam pembuatan olahan daging, Anda tentu membutuhkan berbagai bahan campuran yang aman untuk kesehatan. Melalui produk Taixing Dongsheng Food Science & Technology Co., Ltd. Yang dijual di Markaindo, Anda bisa memperoleh transglutaminase yang akan sangat berguna untuk pengolahan daging.

Transglutaminase adalah enzim yang berfungsi sebagai katalisator pada reaksi polimerisasi dan pembentukan ikatan silang (crosslinking) pada molekul-molekul protein khususnya antara asam amino glisin dan lisin. Taixing Dongsheng Food Science & Technology Co., Ltd. memproduksi transglutaminase melalui fermentasi mikroorganisme Streptoverticillium mobaraense.

Produk transglutaminase dari Taixing Dongsheng Food Science & Technology Co., Ltd. sudah memperoleh sertifikat ISO 9001:2008, ISO 2200:2005, dan juga sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Untuk memperoleh transglutaminase ini, Anda bisa menghubungi PT. Markaindo selaras melalui website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.