Tips Sukses Jadi Vegetarian dengan Daging Nabati

  • daging-nabati

Mendengar kata vegetarian, mungkin banyak orang yang membayangkan bahwa hal ini sangat susah dilakukan. Memang sebagian besar orang tak bisa lepas dari olahan daging ketika bersantap. Selain menjadi sumber nutrisi untuk tubuh, daging juga sangat lezat dan bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan. Saat ini sudah banyak orang yang mengurangi konsumsi daging normal, daging nabati merupakan opsi yang paling baik untuk dijadikan sebagai pengganti daging.

Ketika menjadi vegetarian, otomatis Anda harus menghentikan konsumsi makanan hewani termasuk daging. Alasan inilah yang membuat banyak orang berpikir ulang untuk menjadi vegetarian, meski sebenarnya mereka sudah memahami manfaat di balik pola makan satu ini.

Namun sekarang sudah banyak daging nabati yang bisa dijadikan pengganti daging asli. Dengan daging nabati ini, Anda pun bisa tetap merasakan nikmatnya bersantap sekaligus mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Daging nabati bisa diperoleh dari makanan nabati yang diolah sedemikian rupa hingga rasa dan teksturnya mirip daging asli, seperti tempe, tahu, dan juga jamur.

Ada pula daging nabati yang disebut Texturized Soy Protein atau TSP. Produk ini terbuat dari kedelai dan biasa digunakan sebagai campuran untuk produk olahan daging misalnya saja sosis dan bakso. Nah, TSP ini juga bisa difungsikan sebagai daging nabati karena sama sekali tidak memiliki campuran hewani di dalamnya. Rasanya pun bisa disesuaikan dengan selera karena TSP ini terbuat dari bahan alami yang aman untuk kesehatan.

Ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mulai menjadi vegetarian daging nabati. Yuk, simak:

Kombinasikan Protein dan Serat

Daging nabati bisa menjadi sumber protein terbaik untuk para vegetarian. Namun tentu tubuh tak hanya membutuhkan protein saja. Anda juga harus melengkapi asupan nutrisi lain yang tak kalah penting yaitu serat. Serat bisa diperoleh dari sayur-sayuran yang disantap bersamaan dengan protein. Saat memasak steak daging nabati misalnya, jangan lupa melengkapinya dengan jagung pipil rebus, wortel rebus, dan juga buncis rebus. Selain lebih enak, nutrisinya juga jauh lebih seimbang.

Lakukan Teknik Memasak Slow Roast

Banyak orang yang merasa sayuran tidak bisa diolah menjadi hidangan yang lezat. Faktanya, Anda bisa membuat sayuran terasa lebih lezat dengan pengolahan yang tepat, salah satunya proses masak slow roast alias memanggang dalam waktu lama. Teknik masak ini akan mengunci cairan dan nutrisi sayuran sekaligus membuat rasanya tetap enak. Tomat merupakan salah satu sayuran yang sangat pas dimasak dengan teknik ini.

Tambahkan Tekstur Kenyal

Tahukah Anda, makanan dengan tekstur kenyal seperti daging dan jamur akan membuat perut cepat kenyang? Hal ini disebabkan manipulasi yang dilakukan otak. Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk mengunyahnya sehingga otak menilainya sebagai makanan yang mengenyangkan. Daging nabati juga memiliki tekstur yang kenyal lho, sehingga cocok sekali dimasukkan ke dalam berbagai menu vegetarian Anda.

Berikan Rasa Umami

Umami merupakan rasa ke lima selain manis, asin, pahit, dan asam yang ditemukan oleh peneliti dari Jepang. Secara kasar, umami bisa didefinisikan sebagai rasa gurih seperti halnya yang diciptakan oleh penyedap makanan dengan kandungan monosodium glutamate. Tapi rasa umami ini juga bisa diperoleh dari bahan alami seperti tomat, asparagus, bawang, dan juga rumput laut.

Kalau Anda ingin memulai menjadi vegetarian dan memvariasikan makanan dengan daging nabati, hubungi saja PT. Markaindo Selaras melalui website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.