Tips Mengolah Bumbu Baso untuk Dapatkan Rasa Tersedap

Bakso bisa dibilang merupakan makanan khas Indonesia. Meski konon pertama kali terinspirasi dari hidangan ala Tiongkok, namun bakso yang ada di Indonesia saat ini rasanya sudah disesuaikan dengan lidah lokal. Bumbu baso yang digunakan pun terdiri dari berbagai jenis rempah khas Nusantara. Di Indonesia, ada beberapa versi bakso, misalnya saja Bakso Malang dan Bakso Solo. Meski demikian, rasanya sama-sama super enak dan cocok disantap kapanpun juga.

Melihat banyaknya masyarakat Indonesia yang menyukai makanan satu ini, bisnis bakso bisa dibilang sangat menjanjikan. Namun sayangnya, makanan yang terlihat sederhana ini ternyata cukup sulit dibuat. Lalu bagaimana cara membuat bumbu baso yang enak dan membuat adonan bakso yang kenyal? Berikut informasinya:

Pilih bahan segar untuk bumbu baso

Sebenarnya bumbu baso tidak sulit dibuat, bahan yang digunakan pun tidak terlalu banyak. Anda hanya perlu menyiapkan bawang merah, bawang putih, lada, garam, dan tepung kanji. Semua bahan ini nantinya harus dihaluskan kemudian dicampurkan dengan adonan daging hingga merata. Untuk hasil bakso yang lebih harum dan gurih, sebaiknya bumbu baso ditumis terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam adonan daging.

Gunakan daging sapi muda

Bumbu baso selezat apapun tak akan terasa jika Anda tidak menggunakan daging kualitas nomor satu. Untuk menciptakan bakso yang kenyal namun tetap lembut, gunakanlah daging sapi muda. Giling daging sapi hingga cukup halus, kemudian campurkan dengan bumbu baso yang telah disiapkan sebelumnya. Uleni adonan dengan tangan hingga seluruh bahan tercampur merata.

Buat kaldu dengan tulang sapi

Memang sudah banyak kaldu blok ataupun kaldu instan yang lebih praktis dan bisa memberikan rasa gurih pada kuah bakso. Namun kuah bakso akan terasa jauh lebih sedap dengan kaldu yang dibuat dari rebusan tulang sapi. Bagian iga merupakan pilihan terbaik untuk membuat kaldu yang sangat gurih. Potong tulang menjadi bagian yang lebih kecil kemudian didihkan.

Jangan lupa membumbui kuah bakso

Bumbu baso tak hanya perlu ditambahkan pada adonan daging, namun juga pada kuah kaldunya. Tak jauh berbeda dengan bumbu adonan dagingnya, untuk membuat kuah bakso dibutuhkan bawang merah, bawang putih, lada, garam, gula, dan bawang daun. Haluskan semua bahan ini kemudian rebus bersamaan dengan tulang sapi saat pembuatan kaldu. Beberapa orang juga menambahkan bawang putih goreng yang sudah dihancurkan untuk memberikan aroma lebih kuat pada kuah bakso.

Tambahkan bahan pelengkap

Bakso paling pas disajikan saat masih panas dengan berbagai bahan pelengkap. Umumnya, bakso dilengkapi dengan soun, bawang merah goreng, dan irisan bawang daun. Tentu saja ada juga saus sambal, saus cabai, kecap, dan juga. Di beberapa daerah, bakso biasanya juga diberi tambahan irisan kubis atau sawi. Ada pula tahu dan bakso goreng yang bisa dimasukkan untuk memperkaya variasi rasa.

Selain menggunakan bumbu baso yang terbuat dari rempah, Anda juga bisa menambahkan bumbu-bumbu khusus yang bisa memperkuat rasa bakso. Ada bumbu Wiberg Berger & Co. G.m.b.H yang kualitasnya terjamin karena telah mendapat sertifikat ISO 9001 pada tahun 1994. Wiberg juga telah mendapatkan sertifikat halal dari HFFIA (Halal Feed and Food Inspection Authority) yang diakui oleh LPPOM MUI (Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan dan Kosmetika - Majelis Ulama Indonesia).

Anda bisa mendapatkan bumbu baso Wiberg Berger & Co. G.m.b.H dengan menghubungi PT. Markaindo selaras melalui website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.