Tips Memilih dan Menyimpan Sosis yang Baik

  • plastic casing sosis

Membungkus Sosis Dengan Plastic Casing

Sosis memang merupakan produk olahan daging yang cukup populer, namun banyak yang beranggapan bahwa mengonsumsi daging olahan seperti sosis tidak baik untuk kesehatan. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir, jika Anda memilih dan menyimpannya dengan benar, Anda dapat terhindar dari bahaya tersebut.

Cara Memilih Sosis yang Baik

1. Pilih sosis yang kemasannya masih baik, tidak robek, cacat atau terbuka

2. Pilihlah yang masa kadaluwarsanya masih lama dan ditempatkan di suhu yang dingin (refrigerator).

3. Pilih sosis yang bebas pewarna atau yang mengandung pewarna yang aman untuk pangan (food grade). Hindari membeli sosis yang dagingnya berwarna merah terang karena kemungkinan produsen menggunakan pewarna dalam jumlah berlebihan atau menggunakan pewarna non pangan. Sosis yang baik adalah yang berwarna putih pucat atau merah bata, dan jika dipotong akan terlihat serat-serat daging

4. Amati penampakan sosis yang dikemas. Jika terlihat selaput atau lendir tipis seperti susu di sekitar sosis, sebaiknya jangan dibeli karena kondisi tersebut mencirikan sosis yang mulai rusak

5. Pilih sosis yang beraroma khas daging, tidak ada bau asam atau bau menyimpang lainnya

6. Sosis yang baik bila didiamkan dalam suhu ruangan selama 24 jam akan berlendir dan berbau asam

Cara Menyimpan Sosis

1. Segera simpan sosis yang Anda beli ke dalam freezer, namun untuk produk coldcut seperti sosis salami Delikatessa cukup Anda simpan di kulkas chiller (kulkas bawah yang biasanya bersuhu 0-5oC)

2. Apabila Anda telah membuka kemasan sosis untuk digunakan, namun tidak semua sosis Anda masak, maka sosis yang tersisa tersebut harus dibungkus dengan plastik wrap atau dimasukkan ke dalam tempat makanan kedap udara lalu disimpan kembali ke dalam freezer.

3. Apabila Anda berencana menggunakan sosis untuk dimasak, sebaiknya sosis yang beku dilumerkan terlebih dahulu dengan menyimpannya ke dalam chiller kurang lebih 12 jam sebelumnya.

Saat ini, banyak orang yang sangat memperhatikan dan membutuhkan akan material dari pengemas makanan. Material pengemas makanan harus higienes, kuat dan mudah untuk disimpan serta digunakan. Kemasan harus dapat meningkatkan umur pakai produk serta aman dan ramah bagi lingkungan. Sebagai tambahan, harus dapat membantu penampilan dari produk saat di jual. Oleh karena itu, Visko-Teepak menyediakan plastic casing dapat memenuhi kebutuhan semua hal tersebut dengan kombinasi bahan baku dengan tujuan untuk menghasilkan kemampuan secara optimum dari kekuatan, konsistensi diameter dan kemudahan proses pengkupasan. Beberapa produk plastic casing (kulit sosis) dapat menjadi pilihan yang cocok untuk produk sosis tipe cooked, dry dan semi-dry. Juga untuk beberapa jenis produk ham bahkan untuk produk keju asap. Hal tersebut dikarenakan karakteristik masing-masing casing yang berbeda seperti kemampuan merenggang, permeabelitas dan daya adhesi.

Untuk mendapatkan plastic casing, Anda dapat membelinya secara online. Sebelum membeli, Anda juga dapat melihat produk dan memilihnya terlebih dahulu. PT. Markaindo Selaras hadir sebagai distributor yang siap menjawab kebutuhan Anda. Untuk informasi lebih lengkap, Anda bisa mengunjungi website-nya di www.markaindo.co.id atau menghubungi via email di marketing@markaindo.co.id. Berbelanja di Markaindo sangatlah mudah dan terjamin. Anda akan mendapatkan produk yang Anda inginkan dengan cepat dan puas.