Tips Membuat Daging Asap di Rumah

  • Meat Netting

Smoked beef atau daging asap adalah menu makanan yang berasal dari Eropa dan di populerkan di New York, Amerika Serikat. Di Indonesia sendiri smoked beef biasa digunakan sebagai bahan risoles, pizza, dan chicken cordon bleu. Anda juga bisa mencampurkan smoked beef dengan pasta.

Tekstur daging dan rasa khas smoke atau asap ini sungguh memanjakan lidah Anda. Untuk menghemat pengeluaran Anda ada baiknya Anda membuat smoked beef di rumah. Untuk membuat smoked beef ternyata tidak harus pakai tungku atau alat khusus mengasap kok. Daging kering dengan aroma sedap khas asap bisa kita ciptakan di dapur sendiri dan bebas ribet. Berikut ini beberapa tips membuat daging asap di rumah yang bisa Anda ikuti seperti:

Pilih daging yang masih segar

Salah satu tips membuat daging asap di rumah adalah Anda harus memilih daging yang masih segar. Apa pun jenis daging yang digunakan, pastikan untuk memilih yang masih segar. Yaitu daging yang dipotong pada hari yang sama saat Anda membelinya. Daging yang segar akan memiliki rasa yang jauh lebih gurih. Selain itu, teksturnya pun tidak akan mudah hancur. Jadi tampilan daging asap Anda lebih menarik.

Gunakan daun teh dan beras

Salah satu tips membuat daging asap di rumah berikutnya adalah Anda gunakan daun teh dan beras. Untuk mengasap daging dengan teknik ini, Anda harus merendam daging dengan garam terlebih dahulu selama 1-2 jam, dengan jumlah garam sekitar 8-10%, lalu simpan di kulkas. Setelah garam menyerap, keringkan daging dengan menggunakan tisu dan sisihkan.

Campurkan beras mentah, daun teh, merica utuh, kayu manis, kulit lemon, dan brown sugar. Jika adonan tersebut telah tercampur rata, pindahkan ke dalam alumunium foil dan bentuk menjadi kotak. Jangan lupa beri beberapa lubang kecil pada permukaan aluminium foil, lalu letakkan pada wajan yang telah dilapisi alumunium foil yang menjuntai (untuk membungkus daging). Selanjutnya, susun rak kawat yang sudah diolesi minyak, dan letakkan daging di sana. Terakhir, bungkus daging dengan alumunium foil tadi, tutup, lalu panaskan dengan kompor selama 30-45 menit.

Gunakan beras dan tusuk sate

Jika cara diatas terlalu sulit, Anda bisa menggunakan teknik ini. Pertama-tama, siapkan wajan tanah liat yang sudah diisi dengan beras mentah dan minyak, lalu susun tusuk sate di atasnya hingga membentuk rak (pastikan tusuk sate tidak mengenai beras) dan lapisi dengan daun pisang. Susun daging ikan yang sudah direndam garam, lalu tutup dengan tutup yang sudah dialasi serbet. Bakar sampai daging berwarna kecokelatan.

Gunakan serutan kayu

Tips membuat daging asap di rumah selanjutnya adalah Anda bisa menggunakan serutan kayu untuk mengasap daging sapi. Anda juga bisa mencoba mengasap daging dengan menggunakan serutan kayu atau batok kelapa. Caranya sangat mudah. Anda tinggal menyiapkan panci kukusan. Isi panci dengan serutan kayu atau batok kelapa (di tempat biasa mengisi air). Selanjutnya, letakkan daging di atas rak/pembatas berlubang panci dan tutuplah panci kukusan dengan rapat. Tunggu selama sekitar satu jam, daging asap pun siap dihidangkan.

Celupkan daging ke dalam smoke oil atau liquor smoke (asap cair)

Tips membuat daging asap di rumah selanjutnya adalah Anda bisa menggunakan smoke oil atau liquor smoke. Ada hasil teknologi terbaru yang bisa Anda gunakan untuk mengasap daging/ikan, yaitu asap cair. Asap cair ini aman, karena terbuat dari bahan alami, seperti dari tempurung kelapa atau serbuk kayu yang dibakar dengan udara terbatas dengan suhu tinggi, dan diambil embun dari uapnya. Cairan tersebut bisa Anda beli secara online dengan harga yang cukup terjangkau.

Celupkan bahan atau daging yang akan diasap ke dalam campuran asap cair dan garam selama beberapa saat. Jika asap cair sudah meresap ke dalam daging, panggang daging dengan api kecil di atas wajan panas tanpa minyak. Biarkan beberapa saat sambil dibolak-balik, hingga daging mengering, berwarna kecoklatan, dan tercium bau asap. Anda juga bisa memanggang nya di dalam oven agar lebih praktis.

Itulah beberapa tips dalam membuat daging asap di rumah yang bisa Anda jadikan referensi ketika sedang ingin memasak daging asap. Selain rasanya enak smoked beef ini praktis untuk dimasak. Bagi Anda yang ingin mengolah daging menjadi makanan yang lezat Anda harus menggunakan bahan-bahan dan alat yang berkualitas. Untuk alat Anda bisa menggunakan meat netting.

Meat netting digunakan dalam industri pengolahan daging, khususnya untuk produk-produk seperti smoked beef, smoked chicken, roasted lamb dan lain-lain. Tujuan dari penggunaan meat netting adalah untuk “mencetak” produk agar tampil lebih menarik, juga berfungsi untuk menggabungkan atau mengikat beberapa bagian daging yang terpisah menjadi satu produk utuh.

Meat netting merupakan produk berbentuk jaring atau anyaman melingkar yang disusun secara spiral tanpa sambungan. Produk ini terbuat dari tali karet food grade yang dibungkus dengan bahan polyester. Semua bahan yang digunakan dalam meat netting ini telah memenuhi peraturan U.S. Code of Federal Regulation title 21 section 177.2600 and 177.2800 sehingga aman digunakan untuk industri makanan.