Tips dan Trik Membuat Fried Chicken Tetap Gurih Saat Tidak Panas

  • resep fried chicken

Semua orang tentunya menyukai fried chicken yang masih gurih dan renyah saat akan disantap walaupun dalam keadaan sudah dingin. Oleh karena itu banyak rumor yang mengatakan adanya kecurangan dari pihak penjual, dimana menggunakan campuran bahan plastik pada resep fried chicken untuk mempertahankan kerenyahannya. Apakah hal tersebut terbukti benar?

Ada penjual yang mungkin memang melakukan hal tersebut. Namun, tidak perlu khawatir karena masih ada penjual yang tetap mempertahankan nilai kejujurannya dalam berjualan. Lalu, bagaimana cara menjadikan fried chicken tetap gurih dan renyah saat dingin?

Kunci utamanya ada pada trik pembuatannya. Untuk itu sebelum mengetahui tips dan trik pembuatan fried chicken, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu resep fried chicken berikut ini.

Bahan:

- 6 siung Bawang putih

- ½ ruas jari Kunyit

- 2 sdt Garam

- 1 ½ Kaldu bubuk ayam

- ½ sdt Lada bubuk murni

- 1 ekor Ayam

- 1 sdm Susu bubuk

- 2 ½  ltr Air putih

- 3 ltr Minyak goreng

Bahan Tepung:

- 1 kg Tepung terigu protein tinggi

- 1 ½ sdt Lada bubuk murni

- 1 sdt Soda kue

- 9 gr Kaldu bubuk ayam

- 2 sdt Garam

- 2 sdt Bawang putih bubuk

- 2 sdt Veksin

Cara Membuat:

1. Pertama potong ayam terlebih dahulu menjadi 10 bagian lalu cuci hingga bersih.

2. Haluskan bawang putih dan kunyit lalu campurkan bersama lada dan kaldu bubuk setelah itu oleskan pada ayam secara merata.

3. Diamkan selama 2 hingga 3 jam di dalam lemari pendingin agar bumbu dapat meresap ke dalam ayam dengan baik.

Cara Penepungan:

1. Campurkan semua bumbu untuk penepungan lalu campurkan hingga rata.

2. Larutkan susu bubuk dengan segelas air hangat, campur pada 2 ½ liter air putih, aduk hingga rata.

3. Kemudian masukkan ayam pada tepung lalu aduk perlahan sambil diangkat. Lalu masukkan ayam ke dalam rendaman air, angkat lalu tiriskan. Lakukan sebanyak 2 kali pada tahap perendaman dan 3 kali pada tahap penepungan.

4. Goreng ayam dalam minyak panas bersuhu 150oC hingga 160oC selama 10-12 menit. Pastikan ayam terendam dalam minyak secara menyeluruh.

5. Jangan mengaduk ayam tetapi biarkan hingga mengapung dengan sendirinya.

6. Goreng hingga berwarna kuning keemasan, angkat lalu tiriskan.

Itulah resep fried chicken, untuk dapat meningkatkan mutu, kualitas dan memperpanjang masa konsumsi fried chicken sebaiknya Anda gunakan Keep-GTS dari Markaindo yang jual pengawet makanan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Agar fried chicken dapat tetap awet saat kondisi sudah tidak panas, berikut tips dan trik yang dapat Anda gunakan:

- Jangan menekan daging ayam saat proses penepungan karena akan membuat tepung jadi menggumpal dan tidak keriting.

- Pastikan saat melakukan proses penepungan, usahakan agar tangan tidak menyentuh daging ayam secara langsung tetapi terhalang oleh tepung. Gunakan tepung dalam jumlah yang banyak.

- Ayam yang sudah ditepungi harus segera digoreng agar tepung yang menempel tidak jadi menggumpal. Oleh karena itu panaskan minyak di atas kompor dengan api besar agar saat ayam telah ditepungi, minyak telah mencapai suhu 150oC hingga 160oC.

Nah itulah tips dan trik dari resep fried chicken yang bisa dicoba. Untuk mendapatkan pengawet makanan untuk fried chicken yang aman dikonsumsi seperti Keep-GTS hasil produksi dari Koyo Chemical yang telah mengembangkan produk aditif sejak tahun 1998, Anda dapat segera mengunjungi website Markaindo di www.markaindo.co.id  atau dapat mengirim email di marketing@markaindo.co.id. Selamat mencoba.