Tips dan Cara Membuat Bakso Udang

  • cara membuat bakso udang

Bakso merupakan salah satu jenis masakan yang diadaptasi dari kebudayaan Tionghoa dan disesuaikan dengan lidah penduduk Indonesia. Ada banyak bahan yang dimodifikasi sehingga menghasilkan varian baru dari jenis makanan ini.

Bahan yang digunakan tidak hanya menggunakan daging cincang namun, dapat diganti dengan berbagai bahan dari laut seperti udang. Rasanya tetap enak dan mudah untuk dibuat. Berikut ini tips dan cara membuat bakso udang.

Tips Agar Berhasil Membuat Bakso Udang

Dalam membuat bakso, ada beberapa tips yang harus diperhatikan agar berhasil membuatnya seperti berikut ini:

- Untuk mempermudah proses pembuatannya, gunakan udang kupas dan telur dalam kondisi dingin yang baru saja dikeluarkan dari kulkas. Hal ini bertujuan agar bakso yang dihasilkan menjadi lebih kenyal.

- Haluskan udang dengan menggunakan mesin yang memiliki kapasitas kecepatan turbo sehingga Anda tidak perlu terlalu lama menghaluskannya, agar udang tetap dalam kondisi dingin.

Tips Membentuk Bakso Udang

- Gunakan dua buah sendok untuk mengambil adonan bakso. Pindahkan adonan dari satu sendok ke sendok lainnya hingga membentuk adonan bulat dengan permukaan yang mulus

- Gunakan tangan yang bersih, ambil adonan bakso pada salah satu sisi tangan, lalu bulatkan adonan seperti membuat perkedel. Cara ini dapat buat jika adonan sudah cukup padat.

- Selanjutnya, walaupun sama-sama menggunakan tangan namun, dengan teknik yang berbeda. Ambil segenggam adonan dan kepalkan tangan agar adonan dapat keluar dari sisi jari telunjuk dengan jempol. Segera ambil dengan sendok lalu masukkan ke dalam wadah yang berisi air biasa.

Resep Membuat Bakso Udang 

Nah, setelah mengetahui tips dalam membuat bakso udang, berikut ini ada cara membuat bakso udang yang mudah untuk dicoba. Sebelumnya, yuk siapkan bahan-bahan yang diperlukan untuk membuatnya, seperti berikut.

Bahan:

150 gr udang kupas bersih, haluskan

50 gr udang kupas bersih, cincang kasar

50 gr tepung sagu

3 siung bawang putih, haluskan

1 butir telur, ambil putihnya

½  sdt garam

Cara Membuat:

- Campurkan udang yang sudah dihaluskan, udang cincang, bawang putih cincang, serta putih telur dalam satu wadah

- Aduklah semua bahan tersebut dengan menggunakan garpu hingga tercampur rata dan halus

- Masukkan tepung sagu dan aduk lagi hingga rata

- Panaskan air hingga mendidih di dalam panci lalu, matikan api

- Segera bentuk adonan bakso menjadi bulat dengan teknik yang sudah dijelaskan

- Selanjutnya segera masukkan adonan bakso yang sudah dibentuk ke dalam air panas. Lakukan hingga adonan habis

- Panaskan kembali panci yang sudah berisi bakso hingga mengapung dan biarkan selama kurang lebih 10 menit. Angkat dan tiriskan bakso

- Bakso siap di nikmati bersama dengan kuah kaldu

Baca juga : Resep Membuat Bakso Kenyal dengan Bahan Food Grade

Untuk menghasilkan bakso udang yang memiliki tingkat kekenyalan yang baik, Anda dapat menggunakan pengenyal makanan dari Abastol dan Canal hasil produksi dari Budenheim. Kedua jenis pengenyal tersebut dapat digunakan pada proses pengolahan daging laut.

Penggunaan Abastol 727 cocok digunakan untuk menciptakan tekstur kenyal pada berbagai macam olahan daging seperti bakso, sosis, dan lainnya. Jika Anda ingin membeli produk pengenyal makanan Abastol dan Canal, dapatkan segera dengan menghubungi Markaindo dengan mengunjungi website di www.markaindo.co.id atau melalui email di marketing@markaindo.co.id. Barang akan segera dikirimkan kepada Anda setelah proses pembayaran sudah dilakukan. Markaindo tidak hanya menyediakan berbagai bahan baku yang digunakan untuk industri makanan namun, PT Markaindo Selaras juga menjamin food grade dan kehalalan produk yang dijual.