Tingkatkan Kualitas Bakso Dengan Transglutaminase

  • Transglutaminase

Makanan Indonesia yang tidak kalah terkenal dengan makanan luar negeri adalah bakso. Bulatan-bulatan daging yang biasa disebut pentol ini mempunyai banyak penggemar hingga mancanegara. Menu makanan yang satu ini terbuat dari bahan dasar daging sapi dan tepung. Namun dalam perkembangannya bakso saat ini banyak yang terbuat dari daging ayam, ikan, udang hingga keju.

Tidak hanya isinya saja, bahkan cara penyajian bakso pun beraneka ragam, ada yang menggunakan kuah seperti biasa, ada yang dibakar, ada pula yang di penyet dengan sambal. Selain isi dan cara penyajian, bentuk dan ukuran bakso sangat bervariasi. Tidak hanya bulatan, banyak penjual bakso yang kemudian berinovasi ada yang kotak, berbentuk hati, hingga barbel. Memang deh, masyarakat Indonesia terlalu kreatif. Bakso bahkan menjadi makanan favorit mantan presiden Amerika, Barack Obama saat kecil ketika dia tinggal di Indonesia.

Bakso pada umumnya terdiri dari kuah kaldu sapi, pentol, tahu, dan mie. Tapi berhubung semakin banyak inovasi bakso, banyak pula macam-macamnya.  Namun berkiy terdapat resep bakso sapi yang biasanya dikonsumsi warga pada umumnya:

Cara Membuat Bakso Sapi

Bahan pentol bakso:

- Daging sapi kg, giling

- Tepung kanji 50 g

- Telur 1 butir

- Lada bubuk sdt

- Garam 1 sdt

- Bawang putih 4 siung, haluskan

- Es batu 40 g, hancurkan

- Air 2 L

Cara membuat pentol bakso:

1. Masukkan daging sapi yang telah digiling ke dalam wadah, campurkan tepung kanji, telur, lada bubuk, garam dan bawang putih yang telah dihaluskan. Campur atau uleni dengan tangan atau bisa menggunakan alat sampai semua tercampur sempurna.

2. Jika dirasa adonan masih lembek dan sulit dibentuk, maka bisa ditambahkan es batu secara perlahan sampai dirasa adonan bisa dibentuk.

3. Rebus air dalam panci sampai mendidih.

4. Ambil adonan daging dengan tangan lalu bentuk bulat baik dengan kedua tangan atau dengan satu tangan ditekan hingga adonan keluar melalui jari telunjuk dan jempol.

5. Masukkan adonan yang telah terbentuk ke dalam air panas.

6. Lanjutkan hingga semua adonan habis.

7. Jika pentol telah mengapung maka pentol telah matang, angkat.

 

Anda termasuk orang yang senang membuat aneka produk olahan sendiri? Atau ingin menjalankan usaha? Bila Anda ingin membuat produk olahan daging sapi di rumah atau menjalankan usaha tidak ada salahnya Anda menggunakan bahan makanan yang sehat dan halal. Dalam pembuatan olahan sapi, Anda tentu membutuhkan berbagai bahan campuran yang aman untuk kesehatan. Melalui produk Taixing Dongsheng Food Science & Technology Co., Ltd. Yang dijual di Markaindo, Anda bisa memperoleh transglutaminase yang akan sangat berguna untuk pengolahan ikan.

Transglutaminase adalah enzim yang berfungsi sebagai katalisator pada reaksi polimerisasi dan pembentukan ikatan silang (crosslinking) yang berfungsi untuk meningkatkan tekstur, rasa, dan nilai gizi dari produk olahan daging Anda khususnya bakso.

 

Jika Anda ingin mendapatkan transglutaminase halal di Indonesia Anda bisa membelinya PT. Markaindo Selaras yang merupakan supplier makanan lengkap yang menyediakan berbagai bahan yang mendukung industri makanan. Anda bisa memesan lewat www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.

Transglutaminase halal yang dijual Markaindo merupakan produk dari Taixing Dongsheng Food Science & Technology Co., Ltd perusahaan yang telah memiliki sertifikat ISO 9001:2008, ISO 2200:2005 serta sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) adalah perusahaan asal China yang fokus memproduksi produk berbasis TG untuk diaplikasikan pada beragam produk pangan dan produk-produknya sudah berstandar Internasional, jangan ragu membeli produk transglutaminase halal di Markaindo.