Tingkatkan kelezatan Roasted Lamb dengan Meat Netting

  • Tingkatkan kelezatan Roasted Lamb dengan Meat Netting

Roasted lamb atau domba panggang adalah salah satu masakan yang terkenal di eropa khususnya Yunani. Pada hari Sabtu Suci atau sabtu sebelum paskah , orang-orang Yunani di seluruh dunia sibuk menyiapkan domba untuk pesta Paskah keesokan harinya. Orang Yunani sibuk memberikan lemon, herbal, garam, dan rempah-rempah untuk dipijat ke dalam kulit sehingga mereka dapat memasukkan daging domba dengan rasa sebelum dilumuri bahan-bahan lainnya. Metode mempersiapkan domba panggang tergantung pada keluarga dan dari wilayah mana mereka berasal. Beberapa memanggang daging domba utuh dengan ditusuk, memanggang kaki di atas panggangan, dan beberapa memanggangnya di oven. Satu hal yang pasti perayaan hari paskah tidak akan lengkap tanpa roasted lamb.

Faktanya, orang Yunani bukan satu-satunya yang merayakan paskah dengan Roasted Lamb atau doma panggang. Ini adalah hidangan Paskah umum untuk banyak budaya, terutama di seluruh Eropa. Selain orang-orang Eropa ternyata hidangan ini juga digemari oleh orang arab dan afrika lho. Hidangan doma panggang juga cocok untuk disajikan di Indonesia. Jika Anda ingin mencoba memasakna dirumah simak tips berikut ini :

Bahan

- 2 kg kaki domba atau hogget

- 1 siung bawang putih

- 1 daun rosemay segar

- 1,5 kg kentang

- 1 lemon

- minyak zaitun

 

SAUS MINT

- 1 ikat daun mint segar

- 1 sendok teh gula

- 3 sendok makan cuka anggur

 

Cara Memasak:

1. Keluarkan domba dari kulkas 1 jam sebelum Anda ingin memasaknya, untuk membiarkannya sampai ke suhu ruangan.

 

2. Panaskan oven hingga 200ºC / 400ºC / gas 6 dan siapkan piring panggang untuk kentang di bagian bawah.

 

3. Pecahkan satu siung bawang putih menjadi beberapa bagian, lalu kupas 3, simpan sisa bawang. Pilih dan potong kira-kira setengah daun rosemary. Kupas dan belah dua kentang.

 

4. Hancurkan bawang putih yang dikupas ke dalam mangkuk, tambahkan parutan daun rosemary, parut kulit lemon hingga halus dan campur  dengan minyak, lalu aduk bersama.

 

5. Bumbui domba dengan garam dan lada hitam, lalu masukan domba dalam rendaman dan oleskan ke seluruh daging. Tempatkan pada oven.

 

6. Rebus kentang dalam panci mendidih air asin selama 10 menit, lalu tiriskan dan biarkan sampai kering. Perlahan-lahan aduk kentang di saringan untuk merapikan ujung-ujung kulit kentang, lalu masukkan kembali ke dalam panci.

 

7. Tambahkan sisa irisan daun rosemary dan beberapa siung bawang putih utuh ke kentang, bumbui dengan garam dan merica, lalu taburi di atas  minyak . Masukkan kentang ke dalam nampan panas dan letakkan kembali di bawah domba untuk mendapatkan rasa yang lezat.

 

8. Masak domba selama 1 jam 15 menit jika Anda menginginkannya merah muda, atau 1 jam 30 menit jika Anda menyukainya domba panggang anda dalam keadaan well done.

 

9. Sementara itu, untuk membuat saus mint. Ambil dan cincang halus daun mint, lalu letakkan di mangkuk kecil. Campurkan gula dan sedikit garam, tambahkan 1 sendok makan air panas dan cuka.

 

10. Ketika domba dimasak sesuai dengan keinginan Anda, angkat dari oven dan biarkan untuk dingin sesuai suhu ruangan selama 15 menit atau lebih. Sajikan dengan kentang panggang, saus mint, dan beberapa sayuran.

 

Itulah beberapa sejarah dan resep roasted lamb yang bisa Anda jadikan referensi jika anda ingin membuatnya dirumah. Selain rasanya enak roasted lamb ini  praktis untuk di masak. Bagi Anda yang ingin mengolah daging menjadi makanan yang lezat Anda harus menggunakan bahan-bahan dan alat yang berkualitas. Untuk alat anda bisa menggunakan meat netting.

Meat netting digunakan dalam industri pengolahan daging, khususnya untuk produk-produk seperti smoked beef, smoked chicken, roasted lamb dan lain-lain. Tujuan dari penggunaan meat netting adalah untuk “mencetak” produk agar tampil lebih menarik, juga berfungsi untuk menggabungkan atau mengikat beberapa bagian daging yang terpisah menjadi satu produk utuh.

Meat netting merupakan produk berbentuk jaring atau anyaman melingkar yang disusun secara spiral tanpa sambungan. Produk ini terbuat dari tali karet food grade yang dibungkus dengan bahan polyester. Semua bahan yang digunakan dalam meat netting ini telah memenuhi peraturan U.S. Code of Federal Regulation title 21 section 177.2600 and 177.2800 sehingga aman digunakan untuk industri makanan.