Tepung Jagung, Alternatif untuk Pengidap Celiac

Apakah Anda sering mendengar penyakit Celiac? Atau Anda salah satu pengidap penyakit tersebut? Celiac merupakan alergi pada makanan yang mencegah tubuh dalam menggunakan beberapa nutrisi. Alergi ini merupakan alergi terhadap kandungan protein yang disebut juga dengan gluten. Gluten ditemukan di banyak biji-bijian seperti gandum hitam atau yang terdapat pada tepung terigu.

Alergi ini biasanya menyerang saluran pencernaan kecil atau merusak lapisan usus halus. Dalam jangka panjang, pengidap celiac yang terus mengonsumsi makanan bergluten berisiko mengalami komplikasi yang serius dari mulai peradangan usus hingga bahkan kanker usus kecil. Gejala dari penyakit ini yaitu diare, penurunan berat badan, sering buang gas, perut kembung, mudah kelelahan, kulit pucat, terdapat ruam dan kram otot. Banyak orang dewasa yang mengidap Celiac disease tetapi menunjukkan gejala yang lebih sedikit dibanding dengan anak-anak. Jadi disarankan untuk melakukan tes darah.

Sistem imun, genetik dan faktor lingkungan dapat berpengaruh pada perkembangan Celiac disease. Ketika pengidap Celiac disease mengonsumsi makanan yang mengandung gluten, sistem imun mereka menyerang dan merusak tonjolan kecil seperti jari yang dikenal dengan nama villi yang berada di dinding usus kecil. Usus kecil dapat menyerap beberapa nutrisi, sehingga dapat membuat para pengidap kekurangan nutrisi.

Penyakit Celiac tidak dapat disembuhkan, tetapi bisa dikontrol dengan melakukan diet bebas gluten atau menghindari makanan yang mengandung gluten. Hal tersebut bukanlah hal yang mudah karena begitu banyak makanan yang diolah dari tepung yang mengandung gluten. Carilah makanan seperti roti dan pasta yang bebas dari gluten dan biasanya terbuat dari tepung jagung. Tepung jagung adalah altenatif untuk Anda menginginkan makanan dengan bahan dasar tepung tetapi aman dan bebas dari gluten.

Tepung jagung atau tepung maizena berasal dari biji jagung. Awalya tepung ini digunakan sebagai tepung kanji pada cucian. Di Indonesia, tepung ini umumnya digunakan sebagai bahan tambahan dalam memasak, mengentalkan kuah sup, saus atau dapat juga digunakan untuk membuat sirup jagung.

Selain digunakan untuk memasa, tepung jagung memiliki beberapa manfaat lainnya yaitu:

  • Sebagai bahan bedak bayi.
  • Sebagai adonan pelapis nugget ayam yang berfungsi dalam menjaga kerenyahan hingga lama setelah digoreng.
  • Bahan antilengket dari produk medis berbahan karet alami, seperti sarung tangan kesehatan.
  • Bahan pembuatan bioplastik yaitu kemasan atau kantong plastic yang dapat hancur dengan sendirinya.

Tepung jagung berkualitas tinggi bisa dapat ditemukan di Markaindo Selaras yang berkerjasama dengan Meelunie, yaitu perusahaan yang berasal dari Negara Belanda yang didirikan pada tahun 1867. Meelunie dikenal sebagai pemasok global produk-produk berkualitas tinggi untuk berbagai jenis tepung pati, sweeterner atau pemanis dan tepung protein yang dihasilkan dari beragam jenis tanaman seperti kentang, gandum, singkong, jagung, pea dan padi.

Meelunie memiliki dua merk berbeda untuk produknya yaitu Windmill dan Promill. Windmill adalah merk untuk produk yang digunakan sebagai bahan makanan, sedangkan Promill adalah merk adalah produk yang digunakan sebagai pakan ternak atau pet foods.

Jika Anda ingin mendapatkan informasi selengkapnya mengenai tepung jagung dan bahan makanan lainnya, Anda bisa langsung cek melalui website www.markaindo.co.id atau langsung mengirimkan email ke marketing@markaindo.co.id atau melalui telepon (021) 87920515 atau (021) 87920516.