Teliti Sebelum Membeli! Inilah yang Harus diperhatikan Saat Belanja Makanan

  • tips memilih makanan

Membeli makanan kemasan di pasar swalayan atau supermarket diperlukan ketelitian, karena biasanya di dalamnya terdapat kandungan bahan pengawet makanan. Semua jenis makanan yang dikonsumsi sehari-hari akan mempengaruhi proses metabolisme tubuh dalam membentuk energi. Agar Anda memiliki tenaga yang cukup dalam menjalani aktivitas, dibutuhkan makanan sehat dan aman.

Banyaknya produk makanan berpengawet yang dijual di pasaran, membuat Anda perlu memperhatikan beberapa keterangan pada kemasannya. Tidak ada salahnya, lho menjadi lebih teliti sebelum membeli. Walaupun bahan pengawet makanan digunakan aman untuk dikonsumsi, ada beberapa hal berikut ini yang perlu dipastikan agar tubuh Anda tetap sehat saat mengonsumsinya.

1. Memilih Kemasan yang digunakan

Kemasan yang digunakan untuk membungkus makanan biasanya menggunakan bahan beragam. Mulai dari kemasan yang aman digunakan hingga berbahaya. Oleh karena itu, Anda perlu menghindari penggunaan bahan seperti kantong plastik hitam, kertas bekas, dan koran. Hal ini disebabkan karena bahan tersebut dapat memberikan efek samping tidak baik untuk kesehatan. Selain itu, tinta pada kertas yang luntur juga tidak aman untuk dikonsumsi tubuh.

Selain bahan tersebut, Anda juga perlu menghindari Styrofoam. Walaupun bahan ini sering digunakan oleh penjual makanan, sebaiknya Anda membawa tempat bekal sendiri saja. Kandungan di dalam styrofoam dapat memicu kanker jika terus digunakan untuk membungkus makanan yang Anda konsumsi. Jadi, sebaiknya gunakan bahan seperti kaleng, kardus makanan, toples kaca, hingga kotak bekal plastic yang telah lulus uji.

2. Memastikan Kemasan dalam Kondisi Baik

Sebelum membeli makanan yang dibungkus dalam kemasan, pastikan tidak ada tanda-tanda kerusakan. Hal ini disebabkan agar bahan pengawet makanan tidak menimbulkan reaksi tidak baik untuk tubuh. Jika Anda menemukan tanda seperti karat pada kemasan kaleng, kemasan kempes karena ada sobekan, dan perubahan warna kemasan sebaiknya, hindari mengambilnya serta laporkan pada pihak yang bertanggung jawab.

3. Cek Komposisi dan Kandungan Gizi pada Kemasan

Tips memilih makanan yang dibungkus dalam kemasan selanjutnya yaitu memastikan komposisi dan kandungan gizi produk. Hal ini sangat penting untuk dilakukan khususnya, pada beberapa orang yang memiliki alergi terhadap bahan tertentu. Biasanya dalam setiap kemasan akan tercantum komposisi dan kandungan gizinya.

4. Pastikan Produk Tidak Kedaluwarsa

Sebelum membeli, tips memilih makanan yang tidak kalah penting yaitu memastikan tanggal kedaluwarsanya. Biasanya produk yang dibuat dengan bahan pengawet makanan memiliki masa bertahan lebih lama hingga tahunan. Namun, sebaiknya selalu cek tahun pembuatan dan masa berlakunya agar tidak salah beli. Ikuti selalu anjuran dalam kemasan ya walaupun beberapa jenis produk yang sudah lewat tanggal kedaluwarsa tidak menunjukkan reaksi apapun tetapi, akan berbahaya jika terus dikonsumsi terus.

5. Perhatikan Lisensinya Aman 

Indonesia memiliki sebuah lembaga yang membantu mengawasi peredaran makanan dan obat yang dikenal dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan atau lebih dikenal dengan BPOM. Biasanya produk makanan berpengawet akan diberikan lisensi jika sudah lulus uji. Selain itu, karena masyarakat di Indonesia banyak yang memeluk agama muslim maka, lisensi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga wajib dimiliki sebuah makanan, lho.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih sebuah makanan. Anda bisa mengetahui lebih lanjut mengenai bahan pengawet makanan yang aman untuk dikonsumsi di sini. Untuk mendapatkan produk tersebut, segera kunjungi langsung website resmi Markaindo di www.markaindo.co.id atau kirimkan email untuk di marketing@markaindo.co.id