Teknik Pengemasan Makanan dengan Menggunakan Teknologi

  • teknik pengemasan makanan

Saat ingin membeli makanan instan atau cemilan, seringkali para pelanggan akan bersentuhan dengan kemasannya terlebih dahulu sebelum produknya. Oleh karena itu pengemasan yang baik sama dengan kesan pertama yang baik. Selain rasa makanannya, teknik pengemasan makanan menjadi kunci penting dalam menaikkan angka penjualan.

Desain pengemasan memang terbilang sangat penting, tetapi fungsi pengemasan pun juga tidak kurang penting. Karena sebuah kemasan dapat dikatakan baik jika dapat melindungi produk di dalamnya, mudah dipegang, dan dapat didistribusikan, itulah fungsi utama dari kemasan. Sehingga Anda harus berhati-hati dalam memilih teknik pengemasan makanan yang tepat.

Sebelum memilih teknik pengemasan makanan yang tepat sebaiknya Anda perlu perhatikan sebelum memilih kemasan yang tepat, seperti berikut:

- Sebaiknya pengemasan produk Anda dapat menunjukkan kepribadian merek Anda. Baik dari segi desain warna, bentuk hingga hasil akhir, pastikan mudah untuk dipergunakan oleh pelanggan.

- Pastikan kemasan yang dibuat memiliki ketahanan yang cukup kuat untuk melindungi produk hingga diterima oleh pelanggan.

- Gunakanlah bahan yang ramah terhadap lingkungan.

Setelah mengetahui beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum memilih kemasan, berikut ada beberapa teknik pengemasan makanan yang bisa menambah nilai jual produk yang Anda jual, seperti berikut:

Pengemasan Food Grade

Saat ini pemahaman masyarakat akan kesehatan sudah tinggi dan mereka sangat memahami bahaya kemasan makanan yang berbahaya maupun tidak berbahaya. Sehingga, dalam mengemas produk makanan dengan kemasan makanan food grade bisa memberi keuntungan yang kuat baik bagi produsen maupun konsumen.

Pengemasan Recycle

Penggunaan pengemasan recycle tidak menggunakan limbah. Namun, yang dimaksud adalah bungkusan makanan masih dapat digunakan kembali oleh konsumen menjadi barang bermanfaat lainnya atau sebagai kemasan lain dengan catatan kemasan recycle masih dalam keadaan yang bersih.

Pengemasan Fancy

Dalam teknik pengemasan makanan memperhatikan target pasar sangat penting karena jika target yang dituju adalah generasi milenial atau anak-anak maka kemasan yang dibuat juga berbeda-beda. Anda perlu membuat kemasan yang menarik, kreatif, dan memikat mata yang melihatnya agar dapat mendorong pembeli untuk membeli produk yang Anda jual.

Pengemasan One Stop Useness

Teknik pengemasan makanan yang paling praktis ada pada jenis pengemasan one stop useness karena Anda dapat menemukan cara pengemasan seperti pada mie instan seduh yang menggunakan kemasan makanan kuah dan bungkus makanan anti bocor, sehingga mie dapat langsung dapat Anda seduh di kemasan makanan.

Untuk membantu memudahkan Anda dalam mengolah produk, Anda membutuhkan mesin pengolah makanan yaitu mesin vacuum sealer, Markaindo telah bekerja sama dengan beberapa vendor yang memiliki spesialisasi dalam memproduksi dan jual mesin pengolah makanan. HFE Turbovac merupakan perusahan Belanda yang telah memproduksi mesin pengemas vakum selama lebih dari 50 tahun dengan berbagai pilihan kapasitas dan tingkat teknologi.

Secara keseluruhan, ada 3 jenis mesin vakum yang dijual HFE Turbovac yaitu:

- Economy range yang merupakan mesin vacuum table top dengan konstruksinya terbuat dari stainless steel dengan kontrol waktu analog dan harga yang terjangkau.

- SB Range & ST Range dimana keduanya telah dilengkapi control waktu digital.

- STE Range yaitu mesin vakum yang dibuat dengan bahan stainless deed yang dilengkapi dengan kontrol elektronik serba otomatis.

Nah, itu adalah beberapa mesin yang vakum yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda dalam memilih mesin. Hanya Markaindo yang dapat menemukan solusi terbaik dalam mengolah bahan makanan Anda. Anda dapat menggunjungi website Markaindo di www.markaindo.co.id untuk informasi dan pemesanan, atau Anda dapat menghubungi via email di marketing@markaindo.co.id.