Tak Kalah dengan Jepang! Inilah 5 Kue Mochi Khas Indonesia yang Paling Digemari

  • kue mochi

Kue mochi merupakan salah satu jenis makanan yang berasal dari Negeri Sakura. Selain itu, makanan yang satu ini pun terbilang cukup populer di berbagai negara, salah satunya Indonesia. Memiliki rasa yang bermacam-macam dengan tekstur yang empuk serta kenyal, biasanya mochi pun disajikan dengan berbagai varian rasa. Selain itu, biasanya mochi juga akan disesuaikan di setiap tempatnya.

Anda bisa mendapatkan kue mochi asli Indonesia yang sudah disesuaikan dengan selera penduduk lokal, baik dari segi bahan, isian, hingga rasanya. Lantas, kue mochi apa saja yang bisa Anda temukan di Indonesia? Ada 5 jenis yang paling banyak digemari dan dicari.

1. Kue Mochi Asli Bandung

Kue mochi yang satu ini memiliki bentuk hampir menyerupai aslinya. Mempunyai ukuran bulat dan berukuran kecil ini menggunakan ketan serta memiliki warna-warna unik seperti merah, hijau, dan sebagainya.

Biasanya bahan isiannya cukup sederhana hanya menggunakan adonan kacang. Lalu, sebagai pelapisnya akan ditaburi gula halus. Anda bisa menemukan makanan ini di sekitar daerah Bandung dan Bogor.  

2. Kue Mochi Buatan Cianjur

Dari pulau Jawa, Indonesia memiliki kue mochi dari Cianjur. Memiliki tekstur yang kenyal dan lembut akan membuat Anda tidak bisa menahan kelezatan cita rasanya. Biasanya makanan ini menggunakan isian berupa kacang tanah manis yang ditumbuk. Anda juga bisa menyantap makanan ini dengan menggunakan es krim.

3. Kue Mochi dari Jogjakarta

Beralih ke daerah Jawa bagian tengah, Anda juga bisa menemukan kue mochi di sekitar Jogjakarta. Tidak jauh berbeda dengan jenis mochi pada umumnya namun di sini dapat ditemukan berbagai varian rasa menarik dan unik. Selain mochi bulat seperti rasa mochi es krim yang tidak boleh dilewatkan.

4. Kue Mochi Asal Semarang

Di Semarang, Anda bisa menemukan kue mochi lokal yang memiliki bentuk berbeda daripada aslinya. DIlengkapi taburan biji wijen akan membuat Anda merasa adanya kemiripan dengan kue onde. Namun, jika dimakan pasti terasa kenyal dan lembut di dalamnya dengan isian kacang serta gula yang bercampur menjadi satu bagian.

5. Kue Mochi Tepung Gomak

Kue mochi yang satu ini lebih dikenal sebagai tepung gomak di daerah asalnya yaitu Pulau Penyengat, Bintan. Masih menggunakan bahan dasar yang sama seperti mochi pada umumnya, Anda akan menemukan isian yang unik berupa kelapa parut yang dicampur dengan gula merah.

Disajikan bersama taburan kacang hijau yang sudah disangrai sebelumnya, lalu dihaluskan hingga menyerupai tepung. Bentuknya memang lebih besar dan pipih daripada mochi asal Jepang.

Itulah beberapa jenis kue mochi khas Indonesia yang bisa Anda nikmati sambil minum teh. Untuk mengisi waktu santai, Anda bisa mencoba membuat kreasi kue mochi dengan salah satu resep berikut ini. 

Resep Kue Mochi Kekinian Rasa Matcha

Bahan:

100 gr tepung ketan

50 gr gula

1 sdt garam

100 ml air panas

2 batang cokelat matcha

1 sdt matcha bubuk

Bubuk matcha

Cara Membuat:  

- Campurkan tepung ketan, gula, garam, dan bubuk matcha ke dalam sebuah wadah

- Lalu, masukkan air panas ke dalamnya secara perlahan sambil diaduk hingga merata

- Tutup adonan dengan plastic dan masukkan ke dalam microwave selama 2 menit, lalu keluarkan

- Taburkan tepung pada adonan agar tidak menjadi lengket

- Mulailah membentuk adonan sambil mengisinya dengan cokelat matcha dan bentuk menjadi bola bundar

- Taburkan kue mochi ke dalam bubuk matcha dan siap disajikan

Itulah cara membuat kue mochi kekinian dan mudah yang bisa Anda tiru. Selain camilan tersebut, Anda bisa membuat berbagai jenis camilan lainnya. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, sebaiknya gunakan tepung kedelai Marksoy 90 dari Crown Soya.

Dapatkan produk dari Crown Soya dengan membelinya di tempat jual tepung kedelai terpercaya seperti Markaindo. Anda bisa mengunjungi langsung website resminya di www.markaindo.co.id atau menghubungi melalui email di marketing@markaindo.co.id.