Tak Butuh Waktu Lama! Begini Cara Memilih Sayuran yang Baik

  • cara memilih sayuran yang baik

Mengonsumsi sayuran memang salah satu cara untuk hidup sehat. Semua orang pasti sudah mengetahui hal tersebut, bukan? Namun, yang menjadi masalah jika Anda salah mengonsumsi sayuran tidak sehat. Lho? Jangan bingung dulu, seperti ini penjelasannya.

Pada dasarnya sayuran diciptakan untuk dikonsumsi manusia dan menjadikan pencernaan lebih sehat. Oleh karena itu, kita dituntut oleh tubuh agar lebih banyak mengonsumsi sayuran setiap harinya. Namun, hal ini tidak dapat berjalan sesuai rencana jika Anda tidak mengetahui cara memilih sayuran yang baik. Mulai dari remaja, dewasa, lajang, atau orang tua baik pria maupun wanita harus mengetahui cara yang benar. Jadi, belajar bersama yuk, cara memilih sayuran yang baik seperti berikut ini.

Pengelompokkan Jenis Sayuran dan Cara Memilihnya

Untuk mempermudah dalam mempelajari cara memilih sayuran yang baik, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu jenis jenis sayuran. Ya, pada dasarnya terdapat 4 jenis sayuran yang memiliki perbedaan dalam proses pemilihannya.

1. Jenis Daun-daunan

Sayuran daun-daunan memang sangat mudah dikenali, bukan? Intinya semua sayur yang mempunyai daun seperti bayam, kangkung, atau sawi termasuk dalam golongan ini. Cara memilih sayuran yang baik untuk jenis ini yaitu pastikan tulang daunnya dapat terlihat jelas dan mudah dipatahkan.

Selain itu, perhatikan juga bentuk daunnya secara keseluruhan mulai dari warna yang cerah dan tidak layu, serta memiliki tanda bolong bekas gigitan ulat daun. Hal ini menjadi pertanda jika sayuran tersebut bebas dari pestisida.

2. Jenis Kacang atau polong

Sayuran yang tergolong dalam kacang atau polong memiliki kandungan protein nabati yang dibutuhkan oleh tubuh. Tentu saja jenis ini paling mudah dikenali karena bentuknya yang berbeda. Cara memilih memilih sayuran yang baik pada golongan ini adalah mencari yang memiliki warna hijau, khusus kacang hijau ya. Hindari yang berlendir, dan tidak memiliki bintik-bintik hitam.

3. Jenis Ubi-ubian

Ubi memiliki tekstur keras namun, saat diolah menjadi makanan akan menjadi lunak. Biasanya penduduk Indonesia bagian timur memilih menjadikannya sebagai pengganti nasi lho. Untuk Anda yang sedang diet, cara ini bisa dicoba. Oleh karena itu, inilah cara memilih sayuran yang baik jenis ubi yaitu tidak berlubang dan berair. Perhatikan juga tekstur dari ubi yang dijual, pastikan Anda memilih yang empuk atau gembur agar saat dimasak bisa lunak.

4. Jenis Sayuran buah

Mungkin Anda masih bingung untuk beberapa jenis sayuran seperti timun, terong, dan tomat termasuk dalam golongan sayur atau buah, bukan? Intinya jenis tersebut dikategorikan dalam sayuran buah karena bisa dijadikan sebagai campuran es buah dan pun rujak, atau dijadikan sebagai masakan. Cara memilih sayuran yang baik pada kategori ini yaitu pastikan aromanya tidak busuk atau menyengat. Hindari juga memilih yang mempunyai bekas lubang karena akan memicu bakteri pengurai cepat tumbuh. Jadi, pastikan Anda mengambil buah yang mulus ya.

Itulah cara memilih sayuran yang baik untuk dikonsumsi. Jika Anda ingin sehat maka, harus menggunakan bahan-bahan yang mempunyai kualitas bagus. Ya, tentu saja untuk melengkapi gaya hidup sehat dengan menjadi vegan perlu diimbangi dengan informasi tepat, khususnya dalam pemilihan bahan makanan yang akan disantap.

Baca Juga : 3 Resep Masakan Vegetarian Praktis yang Layak Anda Coba

Selain berbagai  olahan sayur, Anda juga bisa membuat resep masakan vegetarian menggunakan pengganti daging. Jika Anda tertarik untuk mencoba menu vegetarian dalam masakan sehari-hari, saat ini sudah banyak produk yang bisa dimanfaatkan untuk membuat daging nabati, salah satunya produk Soy Fiber Protein (SFP) dari Markaindo. Bahan ini diproduksi oleh He Nan Bai Chuan Food Co., Ltd. yang merupakan perusahaan swasta Chine yang telah melakukan riset dan pengembangan produk protein kedelai berserat.berserabut (soybean brushed protein / soy fiber protein).

Untuk mendapatkan produk Soy Fiber Protein (SFP) yang berkualitas, langsung saja kunjungi website PT Markaindo Selaras di www.markaindo.co.id atau juga hubungi melalui email di marketing@markaindo.co.id.