Sudah Berniat Datang ke Bandung? Jangan Lupa Cicipi Camilan Khasnya Berikut Ini!

  • camilan khas Bandung

Bandung merupakan ibu kota Jawa Barat yang memiliki banyak pesona wisata. Mulai dari wisata alam, wisata belanja hingga wisata kuliner. Kuliner di kota Bandung merupakan kuliner khas sunda dan olahan makanan baru yang merupakan perpaduan antara makanan tradisional dengan makanan modern.

Selain terkenal sebagai kota untuk liburan dan melepas penat, kota Bandung juga terkenal dengan makanan serta camilan khasnya yang unik dan beragam. Beberapa camilan khas Bandung yang memiliki rasa unik dan lezat yakni antara lain sebagai berikut:

Batagor

Camilan unik khas kota bandung yang pertama adalah batagor. Makanan ini merupakan perpaduan dari bakso tahu goreng sesuai namanya. Makanan ini sangat cocok dimakan bersama saus sambal kacang yang terbuat dari perpaduan cabai, kacang tanah, dan bawang putih. Pembuatan batagor dibuat dari tepung tapioka kemudian digoreng lalu disajikan dengan tahu pada saat disajikan.

Batagor merupakan camilan khas Bandung yang menjual berbagai jenis batagor sesuai dengan bahan, variasi kerenyahan, dan tingkat kepedasan yang berbeda-beda. Lebih lanjut, terkadang ada batagor yang memang menjual ciri khas tertentu seperti Batagor Kingsley, Batagor Riri, dan Batagor Isan.

Cireng Rujak

Selain batagor, kota Bandung juga memiliki cireng rujak sebagai camilan khasnya. Cireng merupakan singkatan dari aci digoreng. Cireng dibuat dari tepung kanji yang digoreng dan disajikan bersama dengan saus untuk menambah kenikmatan rasanya. Sedangkan, rujak adalah camilan yang terdiri dari beberapa potongan buah segar yang disajikan Bersama bumbu rujak.

Nah, untuk rujak cireng adalah campuran dari kedua makanan tersebut. Untuk urusan rasa, Anda tidak usah khawatir karena cireng rujak memiliki rasa gurih, asam, dan manis yang tentunya cocok dengan lidah masyarakat Indonesia.

Tahu Susu

Camilan khas Bandung yang tidak kalah menarik adalah tahu susu. Tahu susu memang berbeda dengan tahu pada umumnya. Jika tahu biasanya terbuat hanya dari kacang kedelai saja, tahu susu menggunakan susu asli sebagai tambahannya. Untuk urusan rasa, tahu susu memberikan perpaduan rasa antara gurih dan lembut saat dimakan.

Lebih lanjut, tahu susu juga memiliki tekstur lebih padat pada bagian dalamnya yang membuat Anda akan cepat kenyang saat memakannya. Tahu ini juga tidak menggunakan bahan pengawet, jadi jauh lebih menyehatkan.

Surabi

Setelah 3 camilan asin di atas, Bandung juga memiliki camilan manis yang khas yang bernama surabi. Surabi adalah makanan yang berbentuk seperti kue apem khas Jawa Timur dengan topping beraneka ragam. Camilan surabi, bisa Anda dapatkan dihampir setiap sudut kota Bandung. Selain kota Bandung, surabi juga terdapat di kota Malang, Jakarta, dan Bali.

Cimol

Salah satu camilan khas Bandung yang tidak kalah terkenalnya adalah cimol. Makanan ini berbentuk bulat, dan memiliki tekstur lembut. Anda bisa menemukan cimol di hampir setiap daerah di kota Bandung. Paling gampang, cimol bisa ditemukan di depan sekolah-sekolah dasar.

Itulah 5 camilan khas bandung yang bisa Anda coba ketika sedang pergi berlibur di Bandung. Jika Anda sudah pulang dari Bandung dan masih ingin mencoba cita rasa camilan khas Bandung, Anda bisa mencoba membuatnya di rumah. Untuk membuat camilan yang Anda buat di rumah tahan lebih lama, Anda bisa memberikan pengawet makanan yang aman. Beberapa jenis pengawet makanan yang aman bisa Anda lihat di sini.

Jika Anda mencari tempat jual pengawet makanan yang aman Anda bisa memilih Koyo Chemical Industry. Anda bisa membeli produk bahan pengawet makanan aman ini di Markaindo. Markaindo jual pengawet makanan aman dan berbagai bahan tambahan pangan yang aman dan terjamin mutunya.

Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa dengan mudah mengunjungi website-nya di www.markaindo.co.id atau bertanya dan melakukan konsultasi lewat e-mail di marketing@markaindo.co.id.