Sosis Sapi: Kenali 7 Aspek yang Menentukan Kualitasnya

  • Sosis sapi

Semua orang pasti sudah familiar dengan makanan yang bernama sosis sapi. Produk olahan daging yang satu ini memang sudah menjadi makanan populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Sosis adalah makanan cepat saji yang sangat praktis, dengan rasa yang enak, gurih, murah serta mudah Anda temukan di manapun. Sosis juga punya sebutan yang lain, yakni sausage yang berasal dari kata Latin salsus yang berarti menggiling dengan menggunakan garam. Berdasarkan hal tersebut saja, maka bisa kita simpulkan bahwa makanan yang satu ini merupakan makanan yang dibuat dari daging cincang, lemak hewan, serta bahan dan bumbu lainnya. Pada praktik umumnya, sosis dibungkus dalam suatu pembungkus yang secara tradisional menggunakan bahan dari usus hewan. Namun seiring waktu bahan pembungkus sosis sering kali menggunakan bahan sintetis atau plastik sehingga harus dikupas dan ada juga yang terbuat dari gelatin sehingga bisa langsung dimasak.

Sosis dibagi menjadi 2 jenis berdasarkan tingkat kehalusannya. Pertama, sosis daging giling. Sosis yang berupa daging giling tidak dihaluskan sehingga serat-serat daging masih dapat terlihat di dalam sosis. Kedua, yaitu sosis emulsi. Sosis jenis ini dibuat dengan cara menggiling dan menghaluskan sosis sampai emulsi terbentuk lalu dicampur dengan lemak dan dimasukkan ke dalam selongsong. Namun, ada juga beberapa sosis emulsi yang ditambahi dengan proses fermentasi dengan bakteri asam laktat, dan biasanya disebut juga dengan dry sausage atau semi-dry sausage.

Sebagai konsumen yang cerdas, Anda harus teliti dalam membeli sosis karena sudah banyak berbagai macam merek serta jenis sosis yang beredar di pasaran Indonesia saat ini tetapi tidak semua berbahan dasar alami dan layak konsumsi. Untuk itu, kami akan memberikan informasi pada Anda tentang 7 unsur pada sosis sapi berkualitas yang perlu Anda perhatikan.

1. Kemasan

Kemasan adalah hal penting pertama yang harus Anda perhatikan. Kami tidak menyarankan Anda membeli sosis yang tidak mencantumkan keterangan nama produsen, alamat, komposisi, info nutrisi (AKG),  tanggal kadaluwarsa, dan nomor registrasi BPPOM di kemasannya. Selalu beli produk sosis sapi yang kemasannya memiliki semua hal tersebut.

2. Warna

Sosis sapi memiliki warna coklat kemerahan seperti sebagaimana daging sapi seharusnya. Sedangkan sosis ayam berwarna coklat pucat alami. Jika warna sosis tidak sesuai dengan jenis sosis yang Anda cari, maka kami tidak menyarankan untuk membelinya.

3. Aroma

Sosis yang terbuat dari daging sapi dan ayam akan mengeluarkan aroma sesuai bahan dasarnya, yakni daging. Bila Anda sering pergi ke pasar, Anda seharusnya sudah kenal dengan bau dari masing-masing bahan sosis. Sosis yang baik adalah sosis yang tidak memiliki bau aneh dan menyengat serta sesuai dengan bahan dari jenis sosis tersebut.

4.Tekstur

Tekstur dari sosis yang berbahan dasar alami mempunyai tingkat kekenyalan yang sedang. Tidak terlalu keras, tapi juga tidak terlalu empuk. Ketika dipotong, akan sangat jelas terlihat permukaan berpori yang disebabkan oleh proses penghalusan daging.

5. Perubahan Saat Dimasak

Baik ketika digoreng, direbus, ataupun dibakar, sosis yang memiliki kualitas tidak akan mudah luntur warnanya.

6.Rasa

Kami sangat menyarankan sosis yang memiliki rasa daging yang kuat beserta aneka bumbu yang dipakai. Sosis yang baik seharusnya juga tidak terasa pahit di mulut.

7.Harga

Biasanya, sosis alami akan memiliki harga lebih dari Rp 100.000 per kilogram karena bahan serta bumbunya alami dan berkualitas.

Anda bisa langsung membuat sendiri sosis sapi berkualitas dan layak dikonsumsi di rumah. Anda hanya membutuhkan daging dan bumbu sebagai bahan, serta casing sosis yang baik untuk membentuknya. Untuk itu, PT. Markaindo Selaras, menyediakan berbagai macam pilihan casing sosis yang kamu butuhkan. Soal kualitas, jangan diragukan lagi, karena PT Markaindo Selaras menjual casing sosis dari produsen-produsen ternama seperti Devro Collagen Casing dan MiniRalen Polyamide Casing. Terlebih, dijamin harganya juga akan lebih terjangkau!

Bila Anda berminat untuk membelinya, Anda bisa menghubungi PT. Markaindo selaras melalui website www.markaindo.co.id