Serba-Serbi Tepung Jagung yang Perlu Anda Tahu

  • tepung jagung

Tepung merupakan salah satu bahan yang tak bisa absen dari dapur Anda. Tepung memiliki begitu banyak kegunaan, mulai dari untuk membuat kue atau cake, dijadikan pelapis gorengan, sampai dengan menjadi pengental saus atau makanan berkuah. Jenis tepung pun beragam, salah satu yang banyak dikenal dan digunakan atau tepung jagung.

Untuk Anda yang hobi memasak atau berniat terjun ke industri pengolahan makanan, yuk kenali mengenai serba-serbi tepung jagung berikut ini?

Bentuk Tepung Jagung

Tepung jagung yang juga disebut dengan corn starch merupakan pati dari jagung asli yang sudah dikeringkan dan diubah menjadi bentuk bubuk. Seperti tepung pada umumnya, tepung jagung memiliki tekstur yang lembut dan halus mirip dengan terigu. Hanya saja, warna tepung jagung sedikit lebih keruh dibanding terigu, terpengaruh dari bahan bakunya. Di Indonesia, tepung jagung juga sering disebut dengan maizena. Padahal maizena sendiri sebenarnya merupakan sebuah merek tepung jagung yang berasal dari Meksiko.

Kegunaan Tepung Jagung

Tepung jagung bisa dijadikan pengganti tepung terigu dalam pembuatan berbagai jenis makanan seperti cake dan kue basah, kue kering, bubur, ataupun bermacam-macam saus. Penggunaan tepung jagung di dalam makanan akan memberikan tekstur yang lebih pas dan kenyal. Namun berhati-hatilah dalam menakar tepung jagung sebab jika terlalu banyak bisa membuat makanan lebih cepat basi.

Kelebihan Tepung Jagung

Tepung jagung lebih cocok digunakan oleh orang yang diet ataupun mengidap alergi karena jenis tepung ini bebas gluten. Dibanding terigu, tepung jagung juga lebih kaya nutrisi seperti protein, kalsium, zat besi, dan juga fosfor. Tepung jagung  juga memiliki kandungan lemak yang lebih rendah sehingga baik untuk Anda yang ingin memulai hidup sehat.

Cara Pengolahan Tepung Jagung

Ada banyak cara mengolah tepung jagung. Jika Anda menjadikan tepung jagung sebagai bahan pengental untuk saus atau kuah, tinggal campurkan tepung ke dalam adonan. Namun agar lebih cepat larut, campurkan dulu tepung jagung dengan sedikit air sebelum dimasukkan ke adonan yang lebih banyak. Setelah itu, didihkan agar makanan bisa kental dengan sempurna.

Jika menggunakan tepung jagung untuk cake dan kue kering, Anda bisa mencampurkannya dengan tepung terigu menggunakan skala 1:3. Jadi ukuran tepung terigu 3 kali lebih banyak dari ukuran tepung jagung yang Anda gunakan.

Tepung jagung juga bisa digunakan sebagai pelapis makanan yang digoreng agar teksturnya lebih renyah. Misalnya saja untuk kentang goreng, Anda bisa menaburkan tepung di atas kentang yang akan digoreng.

Tepung jagung juga bisa dijadikan bahan untuk membuat saus vla dan juga custard sebagai isian kue maupun untuk pelengkap puding. Tinggal campurkan tepung jagung ke dalam adonan, kemudian simpan di dalam wadah tertutup setelah vla atau custard matang untuk mencegah perubahan tekstur.

Untuk pemakaian sendiri maupun dijadikan bahan baku industri makanan, Anda bisa menggunakan tepung jagung dari Meelunie. Meelunie merupakan perusahaan Belanda yang didirikan di tahun 1867, berfokus pada budi daya serta pengolahan gandum dan kentang. Hingga saat ini, Meelunie berkembang menjadi perusahaan bahan pangan yang memproduksi berbagai jenis tepung pati, pemanis, dan juga protein yang banyak digunakan dalam industri makanan.

Untuk memperoleh tepung jagung dari Meelunie, Anda bisa menghubungi PT. Markaindo selaras melalui website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.