Serba-Serbi Corn Starch yang Harus Kamu Ketahui

Mungkin tidak banyak orang paham atau mengetahui apa itu corn starch? Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia Corn starch yang berarti tepung atau pati jagung. Starch atau pati adalah komponen bahan makanan yang penting karena hampir seluruh bahan makanan pokok manusia selalu memiliki kadar pati yang tinggi. Dalam industri makanan, pati digunakan untuk berbagai tujuan seperti meningkatkan kekentalan atau viskositas, bahan pengikat, bahan pengisi, memperbaiki tekstur, memperbaiki mouthfeel dan masih banyak lagi.  Industri makanan yang menggunakan tepung pati antara lain industri yang memproduksi mie, saus, dressing, pudding, sereal, kue, yogurt, dairy products, roti, daging olahan, minuman dan lain sebagainya. Tepung merupakan salah satu bahan yang tak bisa absen dari bahan baku makanan Anda. Tepung memiliki begitu banyak kegunaan, mulai dari untuk membuat kue atau cake, dijadikan adonan pada gorengan, sampai dengan menjadi pengental saus atau makanan berkuah. Jenis tepung pun beragam, salah satu yang banyak dikenal dan digunakan atau tepung jagung.

Bentuk Dari Tepung Jagung

Tepung jagung yang biasa disebut dengan corn starch merupakan pati dari jagung asli yang sudah dikeringkan dan diubah menjadi bentuk bubuk. Seperti tepung pada umumnya, tepung jagung memiliki tekstur yang lembut dan halus mirip dengan terigu. Hanya saja, warna tepung jagung sedikit lebih keruh dibanding terigu, karena terpengaruh dari bahan bakunya. Di Indonesia, tepung jagung juga sering disebut dengan maizena. Padahal maizena sendiri sebenarnya merupakan sebuah merek tepung jagung yang berasal dari Meksiko.

Kegunaan Tepung Jagung

Tepung jagung bisa dijadikan sebagai pengganti tepung terigu dalam pembuatan berbagai jenis makanan seperti cake dan kue basah, kue kering, bubur, ataupun bermacam-macam saus. Penggunaan tepung jagung di dalam makanan akan memberikan tekstur yang lebih pas dan kenyal. Namun berhati-hatilah dalam menakar tepung jagung sebab jika terlalu banyak bisa membuat makanan lebih cepat basi.

Kelebihan Tepung Jagung

Tepung jagung lebih cocok digunakan oleh orang yang diet ataupun mengidap alergi karena jenis tepung ini bebas gluten. Dibanding terigu, tepung jagung lebih kaya akan nutrisi seperti protein, kalsium, zat besi, dan juga fosfor. Tepung jagung juga memiliki kandungan lemak yang lebih rendah sehingga baik untuk yang ingin memulai hidup sehat.

Tahukah Anda corn starch atau tepung jagung tidak hanya berfungsi sebagai bahan pembuat makanan saja, tetapi memiliki kegunaan lain, yaitu untuk bidang perawatan khususnya kecantikan dan mempunyai manfaat untuk kulit. Karena tepung jagung bermanfaat untuk mengatasi beberapa permasalahan kulit. Tak hanya untuk bahan pangan, sebenarnya tepung jagung juga digunakan untuk bedak bayi dan sebagai bahan pembuatan bioplastik. Bioplastik adalah kantong plastik atau kemasan  yang bisa dan mudah hancur dengan sendirinya. Selain untuk kesehatan kulit, terbukti juga bahwa corn starch bermanfaat juga untuk kesehatan digunakan sebagai melancarkan proses pencernaan, mencegah anemia, menguatkan tulang sampai dengan atasi masalah pada rambut.

Untuk pemakaian sendiri maupun dijadikan bahan baku industri makanan, Anda bisa menggunakan tepung jagung dari Meelunie. Meelunie merupakan perusahaan Belanda yang didirikan di tahun 1867, berfokus pada budi daya serta pengolahan gandum dan kentang. Hingga saat ini, Meelunie berkembang menjadi perusahaan bahan pangan yang memproduksi berbagai jenis tepung pati, pemanis, dan juga protein yang banyak digunakan dalam industri makanan. Untuk memperoleh tepung jagung dari Meelunie, Anda dapat mengunjungi website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id dan Markaindo juga jual potato starch untuk olahan makanan Anda.