Sarapan Praktis dan Enak dari Bahan Sosis dan Telur

  • Bahan sosis

Salah satu makanan olahan yang mudah dijumpai dan sering dikonsumsi adalah sosis. Bahan sosis terbuat dari daging sapi ataupun ayam yang biasanya dikemas ke dalam pembungkus berbahan usus sapi maupun pembungkus sintetik atau plastik berbentuk silinder dengan tambahan bumbu. Biasanya sosis dijual dalam bentuk matang maupun mentah.

Sosis matang bisa langsung Anda konsumsi, sementara sosis mentah harus diolah terlebih dahulu dengan cara dipanggang, direbus, atau digoreng. Untuk sosis yang belum matang, jangan lupa untuk membuka pembungkusnya terlebih dahulu sebelum diolah.

Olahan sosis bisa disantap kapan saja, termasuk salah satunya Sarapan pagi, sebagai salah satu waktu makan yang tidak boleh terlewatkan. Dengan sarapan, Anda bisa menjadi bertenaga untuk menjalani aktivitas. Bila tidak memiliki banyak waktu untuk memasak sarapan, makanan dari bahan sosis dan telur bisa menjadi pilihan menu sarapan pagi yang praktis dan sehat. Coba saja padukan kedua bahan ini dalam menu sarapan pagi anda, dijamin enak dan mengenyangkan. Anda bisa membuat kreasi sosis yang sederhana dari bahan sosis dan telur orak-arik yang ditambah kentang dan jamur agar lebih bernutrisi. Cara membuatnya sangat praktis. Berikut langkah-langkah membuatnya.

Bahan-bahan:

-¼ sdt bubuk oregano

-¼ sdt garam

-¼ sdt garam

-¼ sdt merica

-1 sdm minyak goreng

-100 gr paprika

-25 gr keju parut

-250 gr kentang atau hash brown potong dadu kecil

-4 butir telur

-6 potong sosis sapi iris-iris

-60 ml susu

-75 gr jamur champignon iris

Cara Membuat:

-Cara membuat telur dan sosis adalah campurkan telur, susu, garam, merica dan oregano dalam mangkuk sedang. Kocok hingga rata. Setelah itu, panaskan minyak dalam wajan antilengket dengan api sedang. Kemudian tambahkan kentang, aduk sesekali, dan tutup dengan penutup wajan. Masak bahan-bahan yang telah dimasukkan tersebut sekitar 6-8 menit sampai kentang keemasan.

-Setelah itu, tambahkan sosis, jamur, dan paprika. Masak lagi sampai 4 menit tanpa perlu ditutup. Kemudian aduk sesekali sampai bahan empuk.

-Setelah bahan empuk, kamu bisa mengecilkan api sedikit, sambil menuangkan adonan telur ke dalam wajan. Ketika telur mulai membeku, aduk perlahan sampai telur bergumpal besar. Masak hingga telur matang. Terakhir, untuk menambahkan rasa gurih, Anda bisa menambahkan keju di atasnya. Setelah itu, matikan api, angkat, dan sajikan selagi hangat.

Baca juga : Mengenal 3 Jenis Kulit Sosis yang Mudah Digunakan

Dalam resep ini, masakan tumis telur sosis bisa disajikan untuk empat porsi. Bukan hanya untuk menu sarapan pagi, makanan tumis sosis telur ini bisa juga dijadikan bekal untuk Anda maupun si kecil.

Anda bisa juga membuat sosis sendiri tanpa harus membelinya di pasaran. Untuk membuat sosis sendiri cukup mudah, apalagi saat ini kulit sosis juga tersedia di pasaran. Berikut ini, ada 3 jenis kulit sosis yang mudah digunakan dan bisa Anda jadikan salah satu bahan baku pembuatan sosis.

Natural Casing

Salah satu jenis kulit sosis terbaik adalah natural casing yang terbuat dari usus hewan seperti sapi atau kambing. Natural casing memiliki ukuran yang beragam sehingga Anda bisa lebih mudah memilih sesuai ukuran sosis yang ingin dibuat. Kelebihan dari kulit sosis ini adalah bisa dimakan karena terbuat dari daging. Anda pun tak perlu repot ‘mengupas’ casing ini setelah sosis matang. Namun kekurangannya, natural casing cenderung lebih tipis karena terbuat dari bahan alami sehingga mudah sobek. Anda harus berhati-hati saat memasukkan isian sosis agar kulit tidak pecah saat direbus atau dipanggang.

Collagen Casing

Collagen casing juga merupakan salah satu jenis kulit sosis yang banyak digemari karena bisa dimakan. Sama seperti natural casing, collagen casing juga terbuat dari daging hewan namun telah diolah sedemikian rupa di pabrik sehingga memiliki elastisitas yang lebih baik dengan ketebalan bervariasi. Ada collagen casing berdiameter kecil dan tipis, namun ada juga yang berdiameter besar dan lebih tebal. Jika Anda ingin membuat sosis yang terbuat dari daging sapi, pilihlah kulit sosis yang tebal sehingga tidak mudah pecah saat diolah. Kelebihan dari kulit sosis ini adalah jenisnya yang bervariasi sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan juga bisa langsung disantap tanpa perlu dikupas.

Fibrous Casing

Ada lagi jenis kulit sosis yang disebut fibrous casing. Casing jenis ini terbuat dari kertas yang dilapisi selulosa atau protein buatan sehingga tidak bisa dimakan. Jenis kulit ini menjadi pilihan terbaik untuk Anda yang ingin membuat sosis panggang karena terdapat banyak variasi diameter dan ketebalan. Sosis yang menggunakan fibrous casing akan lebih mudah diolah dan tidak gampang pecah.

Anda juga bisa memilih warna berbeda untuk kulit sosis sehingga produk terlihat lebih menarik. Namun yang perlu diingat, kulit sosis jenis ini harus dikupas sebelum disantap karena casing-nya tidak dapat dimakan. Meski demikian, fibrous casing tetap aman digunakan dalam pengolahan dengan panas tinggi.

Tak perlu bingung mendapatkan kulit sosis yang sesuai untuk usaha Anda, seperti Devro Collagen Casing dan MiniRalen Polyamide Casing dengan menghubungi PT. Markaindo selaras melalui website www.markaindo.co.id