Sambut Buka Puasa dengan Takjil Ala Prancis

  • risoles smoked beef

Bagi Anda pencinta kuliner asli Indonesia pasti sudah tidak asing dengan gorengan yang satu ini. Risoles biasa disajikan pada acara-acara spesial atau saat berkumpul bersama orang terdekat. Ya, makanan dari hasil pengolahan daging ini memang sudah dikenal sejak lama dan menjadi pilihan favorit banyak orang.

Risoles sebenarnya berasal dari negara Prancis yang dibawa masuk ke Indonesia oleh orang Belanda saat masa penjajahan. Setelah melalui banyak perkembangan, saat ini sudah banyak varian yang tercipta dari makanan tersebut. Walaupun pada dasarnya pembuatannya hampir sama namun, yang membedakan ada pada isinya. Ada yang mengisinya dengan daging, sayuran, atau keju. Cukup banyak yang menyukai isian daging dan keju lalu, bagaimana jika digabungkan keduanya? Pastinya ini akan menjadi perpaduan yang sempurna sebagai menu takjil saat berbuka puasa nanti. Berikut ini ada cara membuat risoles smoked beef with cheese.

Cara Membuat Risoles Smoked Beef With Cheese

Bahan:

100 gr smoked beef, iris tipis

300 gr tepung terigu

100 gr mayonnaise

2 sdt garam

3 sdm mentega cair

3 butir telur rebus, potong kecil

2 butir telur

Keju slice

Minyak goreng

Tepung roti

Cara Membuat:

- Untuk membuat kulit risoles, campurkan tepung terigu, telur, garam dan mentega cair lalu, aduk hingga rata

- Setelah itu, panaskan wajan kecil dan beri sedikit minyak atau mentega

- Tuangkan satu sendok spatula kuah dan goyangkan wajan hingga adonan menjadi berbentuk lingkaran yang menutupi dasar wajan

- Masak hingga matang lalu, angkat dan tiriskan

- Lakukan hal yang sama hingga adonan habis

- Selanjutnya, ambil satu lembar kulit risoles dan berikan telur rebus yang sudah dipotong, smoked beef, mayonaise, dan jangan lupa keju

- Bungkus isian tersebut hingga tertutup

- Setelah itu, celupkan risoles dalam kocokan telur dan lapisi dengan tepung roti

- Panaskan minyak dan goreng risoles hingga berwarna coklat keemasan

- Risoles smoked beef with cheese siap dihidangkan bersama dengan saus tomat atau sambal sesuai dengan selera untuk menyambut buka puasa bersama keluarga atau teman

Itulah salah satu cara pengolahan daging menjadi makanan takjil ala Prancis. Anda dapat menggunakan resep ini untuk membuat risoles smoked beef with cheese sendiri di rumah. Pastinya akan menjadi lebih sehat saat jika menyajikan daging sebagai salah satu menu berbuka puasa sehingga, dapat memulihkan energi yang hilang setelah seharian berpuasa.

Di Indonesia Anda akan sering menjumpai dua jenis bentuk risoles, yaitu persegi panjang dan segitiga. Biasanya risoles persegi panjang berisi tumisan sayur atau daging, sedangkan untuk risoles yang berbentuk segitiga lebih dikenal dengan isian ragout. Walaupun berbeda dengan jenis risoles smoked beef with cheese namun, varian ini tidak kalah enak juga loh.

Sebenarnya tidak ada aturan dalam pembuatan bentuk risoles, karena Anda dapat menyesuaikannya sesuai dengan selera. Jika sudah bosan dengan bentuk persegi panjang, maka bisa diganti dengan bentuk segitiga. Pastinya akan sangat menyenangkan menghabiskan waktu untuk membuat takjil untuk keluarga sambil menunggu jam berbuka.

Anda juga dapat menemukan berbagai cara pengolahan daging yang dibutuhkan untuk membuat menu berbuka puasa untuk keluarga di website Markaindo. Tentunya informasi ini dapat memudahkan Anda untuk berkreasi dengan berbagai jenis makanan yang menarik. Pastinya makanan yang unik dan lezat dapat menambah semangat dalam menjalani puasa. Jika Anda membutuhkan informasi lebih lengkap, segera kunjungi www.markaindo.co.id atau dapat juga mengirimkan email ke marketing@markaindo.co.id.