Resep Sponge Cake Sehat dengan Tepung Kedelai

  • resep sponge cake

Kandungan protein yang dimiliki oleh kacang kedelai cukup tinggi. Anda bisa menemukan berbagai produk hasil olahan kedelai berupa tahu, tempe, susu kedelai, atau pun menggunakan tepung kedelai pada produk kue. Penggunaan kedelai dalam bentuk tepung memang masih jarang dijumpai karena biasanya, lebih sering digunakan pada produk makanan bayi atau makanan untuk vegetarian.

Untuk Anda yang suka memakan kue manis, sponge cake dapat menjadi pilihan yang tepat karena  teksturnya yang lembut dan tidak terlalu manis. Walaupun penggunaan tepung kedelai pada resep sponge cake masih sangat jarang namun, pada dasarnya proses pembuatannya tidaklah sulit dan dapat memberikan tekstur lebih lembut daripada jenis tepung lainnya. Berikut ini ada resep sponge cake sehat dengan tepung kedelai.

Resep Sponge Cake Lembut

Cara Membuat:

125 gr tepung kedelai

50 gr gula halus

5 butir kuning telur

5 butir putih telur

50 gr gula pasir

½ sdt ragi atau pengembang

½ sdt garam

75 gr minyak goreng

75 ml air putih

Cara Membuat:

- Masukkan minyak goreng bersama air putih dalam sebuah wadah, aduk

- Setelah itu, masukkan gula halus dan tepung pada wadah berbeda, campur hingga merata

- Tambahkan air dan minyak goreng secara perlahan ke dalam campuran tepung sambil diaduk secara perlahan agar tidak menggumpal

- Selanjutnya, masukkan kuning telur hingga tercampur

- Pada wadah yang terpisah, kocok putih telur hingga mengembang lalu, masukkan ragi atau pengembang ke dalamnya

- Campurkan gula pasir secara perlahan hingga adonan mengembang

- Gabungkan adonan putih telur dengan adonan tepung sebelumnya, pastikan semuanya tercampur dengan rata

- Tuangkan adonan kedalam loyang dan panggang pada suhu 180oC selama 50 hingga 55 menit sampai adonan matang

- Setelah itu, angkat dan berikan taburan gula halus di atasnya

- Sponge cake siap untuk dinikmati

Itulah resep sponge cake sehat dengan tepung kedelai yang bisa Anda coba buat sendiri di rumah. Tidak sulit, bukan? Selain protein, kacang kedelai memang dikenal memiliki dampak yang sangat baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, ada baiknya Anda mulai saat ini mengganti tepung biasa dengan sari pati kedelai. Cara ini dapat membuat tubuh tetap sehat walaupun suka mengonsumsi cemilan seperti kue.

Jika Anda kesulitan untuk memilih produk sari pati kedelai yang baik, sebaiknya gunakan dari Crown Soy Protein yang menggunakan bahan non-GMO (Genetically Modified Organism) dengan kualitas tinggi serta dilengkapi dengan proses produksi sesuai standar ISO 9001. Oleh karena itu, Crown Soy Protein telah menjadi produsen yang terpercaya sejak dulu oleh lebih dari 40 negara di dunia termasuk di negara maju seperti Amerika, Australia, Jerman, Inggris, dan Italia.

Salah satu jenis tepung yang bisa Anda gunakan adalah ISP Marksoy 90 dengan kadar protein kedelai 90% paling banyak dicari oleh konsumen. Produk ini tidak hanya digunakan untuk membuat kue atau cemilan lainnya loh, Anda bisa mencampurnya pada berbagai bahan olahan daging. Pastinya hidup Anda akan menjadi lebih sehat setelah menggunakan produk tepung kedelai.

Untuk mendapatkan produk tersebut, Anda bisa membelinya langsung di tempat jual tepung kedelai  secara online melalui website Markaindo www.markaindo.co.id atau dapat mengirimkan email di marketing@markaindo.co.id. Tunggu apa lagi? Ayo segera pesan produk tepung kedelai atau ISP marksoy 90 hanya di Markaindo. Mulailah hidup sehat dengan menggunakan tepung kedelai.