Resep Risoles Isi Sosis Bratwurst yang Bikin Ketagihan!

  • cara membuat risoles

Berbicara soal sosis, banyak sekali jenis yang tersedia di pasaran. Salah satunya adalah sosis Bratwurst yang berasal dari Jerman. Nama sosis Bratwurst berasal dari bahasa Jerman yaitu brät yang memiliki arti daging cincang dan wurst yang berarti sosis. Di Jerman, sosis bratwurst dibuat dengan campuran daging dan lemak babi. Namun jangan khawatir sosis bratwurst yang dijual di restoran Indonesia dijual dari beragam jenis daging halal seperti daging sapi, daging kambing, daging domba, daging ayam serta campuran satu atau dua jenis daging.

Daging olahan yang satu ini bisa dijadikan sebagai bahan baku maupun bahan tambahan dalam berbagai masakan. Salah satunya bila Anda ingin membuat camilan di rumah untuk keluarga, Anda bisa membuat Risoles isi sosis Bratwurst. Memang di pasaran sosis bratwurst dijual dengan harga yang sedikit mahal dari sosis biasanya. Namun sosis ini memiliki citarasa yang lezat dan ukuran yang lebih besar. Sosis Bratwurst yang ada di pasaran memiliki varian rasa seperti original, rasa keju, black pepper, dan barbeque. Biasanya sosis ini diolah dengan cara dipanggang dengan bumbu steak. Namun Anda bisa juga membuat makanan dari sosis Jerman ini dengan cara yang lain. Salah satu makanan yang bisa dibuat dengan bahan utama sosis Bratwurst adalah risoles isi sosis Bratwurst.

Berikut ini cara membuat risoles isi sosis Bratwurst yang bisa Anda ikuti.

Bahan:

-1 sdt merica hitam, tumbuh kasar

-2 sdm margarin

-5 buah sosis bratwurst, bagi 2

-Minyak untuk menggoreng

Saus Steak:

-1 ½ sdt gula pasir

-1 butir bawang bombay, iris tipis

-1 sdm pasta tomat

-1 sdt garam

-1 sdt merica hitam, tumbuk kasar

-1 sdt oregano

-2 butir tomat rebus, buang bijinya, cincang halus

-2 sdm minyak untuk menumis

-200 ml air

Kulit:

-1 sdm mentega tawar, lelehkan

-1 sdt garam

-2 telur

-200 gram tepung terigu protein sedang

-400 ml susu cair

Lapisan:

-1 butir telur ayam, kocok lepas bersama 2 sdm air

-150 gram tepung roti

Cara Membuat Risoles Isi Sosis Bratwurst:

Kulit:

1. Campur tepung terigu, telur, garam, gula pasir, dan mentega tawar leleh. Tuangi susu sedikit demi sedikit sambil aduk-aduk hingga adonan rata dan lembut.

2. Buatlah kulit dadar risoles dalam ukuran yang lebar dan besar. Sebaiknya gunakan wajan anti lengket diameter 28 cm supaya kulit tidak robek saat dilipat.

3. Panaskan wajan dadar di atas api kecil, olesi sedikit margarin. Kemudian buat dadar tipis saja. Masak hingga matang dan angkat. Lakukan hingga adonan habis.

 Isi :

1. Panaskan minyak, tumis bawang bombay sampai layu. Kemudian masukkan tomat cincang, oregano, pasta tomat, garam, gula pasir, merica hitam, dan air. Campur hingga merata dan mengental.

2. Potong sosis menjadi dua bagian, karena bila utuh akan menyulitkan Anda saat melipat kulit dadarnya. Kerat-kerat sosis, kemudian taburi dengan merica hitam. Sisihkan. Panaskan margarin sampai berasap. Lalu masukkan sosis, masak sampai matang.

3. Terakhir campur sosis dengan saus yang telah dibuat.

Tahap akhir:

1. Ambil satu lembar kulit risoles, isi dengan 1 sosis berikut sausnya, lipat kedua sisinya, gulung sambil rapatkan dengan olesan telur.

2. Celupkan ke dalam telur kocok, gulingkan ke dalam tepung roti hingga tersalut rata.

3. Goreng dalam minyak banyak hingga risoles matang. Angkat, tiriskan.

Itu dia bahan-bahan dan cara membuat Risoles isi sosis Bratwurst. Bagi Anda yang tidak ingin repot membeli sosis Bratwurst, Anda bisa membuatnya sendiri dengan daging sapi segar yang sudah di giling. Kemudian diberikan bumbu khas, salah satu bumbu yang dapat Anda gunakan dalam membuat sosis bratwurst adalah bratwurst nuremberg style. Jenis bumbu ini memang biasa di gunakan sebagai bahan campuran dalam membuat sosis bratwurst.

Disetiap perusahaan pembuat sosis, selalu menggunakan bratwurst nuremberg style saat membuat sosis bratwurst. Sebab bumbu tersebut sudah terjamin akan kualitas dan rasanya, sehingga Anda tidak perlu repot untuk menambahkan berbagai macam jenis bumbu dan rempah lainnya. Tidak hanya menyediakan jenis bumbu bratwurst nuremberg style saja untuk membuat sosis bratwurst, Wiberg pun memproduksi berbagai jenis bumbu lainnya yang dapat disesuaikan dengan jenis olahan daging lainnya. Sebut saja jenis bumbu tunggal, yaitu satu jenis bumbu dalam bentuk utuh (whole) atau telah mengalami proses pengolahan seperti grinding (digiling), drying (dikeringkan), crushing (dihancurkan) atau perlakuan lainnya dengan tujuan untuk mempermudah dalam penggunaannya. Contoh mustard flour, paprika delicacy rio, coriander whole, coriander groun, parsley dried, garlic powder dan lain-lain.

Apabila Anda tertarik untuk menggunakan berbagai jenis produk dari Wiberg tak ada salahnya untuk Anda gunakan, sebab produk-produk dari Wiberg terkenal dengan jaminan kualitasnya. Anda bisa mendapatkan semua produk Wiberg di PT. Markaindo Selaras, informasi lebih lanjut Anda bisa mengunjungi website-nya di www.markaindo.co.id atau melalui email marketing@markaindo.co.id. Semua kebutuhan Anda dapat terpenuhi di PT. Markaindo Selaras, sebagai salah satu produsen penyedia bahan olahan pangan Anda.