Resep Rahasia Membuat Sate Lilit Bumbu Asli Bali

  • cara membuat sate lilit

Bali tak hanya dikenal dari segi budaya dan tempat wisatanya saja yang menarik untuk dibahas. Namun, kuliner khas Bali pun juga dapat memanjakan lidah Anda dengan sajian tradisionalnya. Cara membuat sate lilit memang sangat unik, karena menggunakan batang serai sebagai penusuknya untuk menggantikan lidi. Sangat unik, bukan?

Jika biasanya sate lilit terbuat dari ikan saat ini sudah ada varian daging lainnya menggunakan ayam sebagai penggantinya. Perpaduan bumbu khas Bali yang sangat menggoda ini sudah dapat dipastikan Anda tidak akan bisa menolaknya. Saat ini sudah tidak perlu jauh-jauh lagi ke Bali untuk dapat menikmatinya karena makanan hasil pengolahan daging ini dapat dibuat sendiri dengan mudah. Berikut ada resep rahasia membuat sate lilit bumbu asli Bali.

Cara Membuat Sate Lilit Asli Bali

Bahan:

400 gr daging ayam giling

6 sdm Kelapa muda parut

½ sdt merica bubuk

Garam secukupnya

½ sdt ketumbar yang sudah di sangrai

3 butir kemiri yang sudah di sangrai

7 butir bawang merah

4 siung bawang putih

3 buah cabai merah

1 ruas jari kencur

1 ruas jari lengkuas

1 ruas jari jahe

1 batang serai untuk bumbu

12 batang serai sebagai pengganti lidi

Cara Membuat:

- Haluskan jahe, kunyit, cabai, bawang merah, bawang putih, kencur, lengkuas, kemiri, dan ketumbar menggunakan blender

- Lalu, tambahkan merica bubuk, dan garam secukupnya, aduk hingga rata

- Masukkan bumbu halus, kelapa parut, dan daging ayam giling pada sebuah wadah dan campurkan hingga rata

- Adonan sate lilit siap untuk di bentuk pada setiap batang serai secukupnya

- Setelah itu, panaskan teflon dan beri sedikit minyak, biarkan hingga panas lalu masak sate lilit hingga setengah matang

- Selanjutnya, Anda bisa memanggangnya hingga matang dan wangi

- Sate lilit bumbu asli Bali siap untuk dinikmati

Anda dapat menikmati sate lilit ini dengan menu pendamping lainnya seperti sambal matah, plecing kangkung, dan sepiring nasi hangat. Itulah cara membuat sate lilit yang bisa Anda lakukan sendiri. Proses penggilingan yang dilakukan pada daging ayam bertujuan untuk memperkecil ukuran dan memperhalusnya agar mempermudah dalam mengolahnya makanan yang telah menjadi ciri khas dari sate lilit asal dari kota Bali.

Proses pengolahan daging yang satu ini memang cukup sering digunakan pada berbagai jenis masakan karena dapat membuat berbagai bumbu dapat bercampur dengan mudah.Saat ini, Anda dapat dengan mudah memperoleh alat penggiling daging sederhana dan praktis yang mudah dijumpai di pasar. Namun, jika tidak memilikinya Anda tidak perlu membelinya jika jarang menggunakan penggilingan karena biasanya, pada beberapa tempat di pasar menyediakan jasa penggilingan khusus dengan hasil yang lebih halus, dan tentunya dengan harga lebih murah.

Saat ingin mulai fokus pada usaha makanan, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu mengenai mesin-mesin pengolahan daging apa saja yang cocok untuk digunakan. Pemilihan mesin yang tepat dengan harga terjangkau, dapat menghemat pengeluaran dan mempersingkat waktu dalam proses produksinya. Jadi, teliti dan pertimbangkanlah terlebih dahulu ya, sesuaikan juga dengan modal yang dimiliki.

Selain penggilingan, terdapat juga beberapa jenis proses pengolahan daging lainnya yang dapat mendukung usahamu. Untuk memperoleh informasi lebih lengkapnya, Anda bisa mengeceknya di website resmi Markaindo di www.markaindo.co.id. Selain itu, Anda juga bisa memesan langsung produk yang ditawarkan oleh Markaindo di website atau menghubungi melalui email di marketing@markaindo.co.id.