Resep Rahasia Pembuatan Abon: Makanan Legendaris Indonesia

  • cara membuat abon

Abon sapi merupakan salah satu makanan pendamping nasi yang banyak dicari oleh anak-anak hingga dewasa. Ya, makanan yang satu ini memang tidak ada yang bisa menolaknya. Saat tidak memiliki nafsu makan yang baik, dengan mencampurkan abon di atas nasi dapat menambah cita rasa sehingga, membuat siapa saja ingin mencicipinya.

Rasanya yang renyah, gurih, dan kaya akan rasa ini terbuat dari suwiran daging sapi. Walaupun biasa dihidangkan bersama nasi panas namun, makanan ini juga bisa dijadikan sebagai isian roti, pastel, dan berbagai jenis makanan lainnya. Ingin mencoba membuatnya? Caranya sangat mudah loh. Berikut ini ada resep rahasia membuat makanan legendaris asli Indonesia.

Cara Membuat Abon Sapi

Bahan:

500 gr daging sapi has dalam

750 ml air

100 ml santan

1 sdm kecap manis

1 ½ sdt garam

1 sdt gula merah

2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya

1 lembar daun salam

1 batang serai, memarkan

1 sendok makan ketumbar, tumbuk kasar

Minyak secukupnya untuk menggoreng

Bumbu Halus:

5 butir bawang merah

3 siung bawang putih

2 cm lengkuas

3 cm serai

Cara Membuat:

- Masukkan daging sapi ke dalam panci yang berisi air, daun salam, dan serai

- Rebus daging hingga lunak dan bumbu meresap ke dalam, angkat dan tiriskan

- Setelah cukup dingin, suwir halus dagingnya

- Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga wangi

- Selanjutnya, masukkan daging suwir bersama ketumbar, garam, dan gula merah lalu aduk hingga rata

- Tambahkan kecap manis hingga rata

- Lalu, campurkan santan dan aduk hingga santan hingga agak mengering

- Angkat dagingnya lalu, keringkan dari sisa santannya

- Selanjutnya, siapkan panci dan goreng daging tersebut hingga kering

- Abon sapi siap di nikmati

Nah, cukup mudah kan cara membuat abon? Cara ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Abon tidak hanya bisa di buat dengan daging sapi loh, karena Anda dapat membuatnya dari daging lainnya seperti abon ayam, ikan, kambing, dan masih banyak lagi. Makanan yang satu ini memang cukup mudah untuk dikreasikan sesuai dengan selera.

Jika Anda ingin menjadikan makanan ini sebagai salah satu peluang usaha rumahan maka, diperlukan modal untuk membantu mempermudah proses pengolahannya. Salah satu alat pengolahan daging terpercaya untuk bisnis Anda adalah mesin dari Risco yang dijual oleh Markaindo dengan kualitas terbaik. Hingga saat ini Risco telah dikenal sebagai penghasil mesin dengan menggunakan teknologi tinggi dan kualitas heavy ably.

Telah dijual lebih dari 50 negara, mesin-mesin yang diproduksi Risco antara lain:

- Mesin Grinder untuk menggiling daging

- Mesin Mixer untuk mencampur bahan-bahan produksi

- Mesin Continuous vacuum stuffer untuk memasukan adonan sosis ke dalam casing sekaligus memilin sosis sesuai dengan panjang yang diinginkan

- Twisting - cutting machine juga berfungsi untuk memilin dan memotong sosis

Setiap jenis mesin Risco dibuat dengan berbagai tipe mesin sesuai tingkat teknologi yang berbeda sehingga, konsumen dapat memilih langsung tipe mesin yang dibutuhkan. Mesin-mesin hasil produksi dari Risco cocok untuk digunakan pada pabrik pengolah daging yang memiliki skala produksi menengah sampai besar.

Dengan menggunakan mesin-main dari Risco, proses produksi akan berjalan lebih efektif karena tingginya kapasitas produksi yang bisa  dicapai serta minimnya perawatan mesin yang dibutuhkan. Anda bisa memperoleh mesin pengolahan daging ini melalui website Markaindo di www.markaindo.co.id atau dapat mengirim email di marketing@markaindo.co.id.