Resep Mengolah Burger Dengan Texturized Vegetable Protein (TVP)

  • Texturized Vegetable Protein

Apa Itu Texturized Vegetable Protein ? 

Texturized Vegetable Protein (TVP) dibuat dari tepung kedelai yang telah dikukus dan dikeringkan, sehingga menjadi protein lezat dan murah. TVP memiliki tekstur mirip daging cincang, dan rasanya lezat jika dimasak dengan berbagai bumbu. Texturized Vegetable Protein umumnya dibuat dari bahan dengan kandungan protein tinggi terutama dari protein biji-bijian dan protein nabati lainnya. Contoh bahan pangan nabati yang dapat dibuat menjadi TVP antara lain kedelai, kacang-kacangan, gluten jagung, biji kapas, gluten gandum, kasein, wijen, dan protein biji bunga matahari.

Cara mengolah Texturized Vegetable Protein

1. Belilah Texturized Vegetable Protein. berbentuk mirip serealia kering dan bisa dibeli dalam plastik atau kontainer yang bisa ditutup. TVP dalam karung yang tidak ditutup memiliki batas kedaluwarsa sekitar satu tahun, namun TVP yang disimpan dalam kontainer kedap udara bisa bertahan lebih lama. Karena terbuat dari kedelai, harga makanan ini relatif murah, sangat mudah dimasak dan diolah.

2. Ukur dalam mangkuk. Tekstur dari tepung sayur ini mirip dengan daging cincang. Pada umumnya daging cincang mengkerut dan menyusut saat dimasak, namun akan mengembang saat diberi air panas. Untuk membuat masakan untuk 2-4 orang, Anda memerlukan 2 cangkir texturized vegetable protein kering.

3. Tambahkan air panas. Rasio air panas dan TVP haruslah 1:1. Untuk mengembangkan, tambahkan air panas dan biarkan selama 5-10 menit, tepung bertekstur ini akan mulai menjadi lembut dan bertekstur mirip daging cincang kenyal

4. Tambahkan bumbu dan rempah. Setelah Texturized Vegetable Protein mengembang, gunakan TVP sebagai kanvas dan bumbui layaknya protein lain. Anda dapat membumbuinya dengan garam dan merica atau cabe rawit.

5. Gunakan sebagai bahan makanan. Anda dapat membuat bahan olahan seperti nugget, sosis, burger. Anda cukup menggunakan TVP sebagai isi makanan seperti daging cincang.

Resep Burger dengan Texturized Vegetable Protein

1. Kembangkan 2 cangkir tepung protein sayuran dalam kaldu sayur.

2. Campurkan garam dan merica sesuai selera.

3. Tambahkan kecap manis dan saus tomat sesuai selera.

4. Campurkan telur untuk mengikat Tepung protein sayuran.

5. Campurkan 1/4 cangkir tepung.

6. Bentuk adonan menjadi perkedel, kemudian panggang di suhu sedang selama 10-15 menit hingga cokelat dan renyah.

7. Masukkan daging ke dalam roti

8. Tambahkan keju parut, mentimun, tomat, selada sesuai selera

Resep Nugget Dengan Texturized Vegetable Protein

1. pertama-tama cuci bersih daging ayam. Setelah itu, sisihkan tulangnya dan haluskan. Selanjutnya haluskan bawang putih, sisihkan.

2.Kemudian rendam roti tawar menggunakan air matang sampai terasa lunak. Cukup gunakan air secukupnya saja, setelah itu peras dan campurkan ke dalam gilingan daging       ayam.

3. Tambahkan bawang putih yang telah dihaluskan, lada bubuk, penyedap rasa, garam, telur 2 butir dan lada bubuk dan jangan lupa tambahkan texturized vegetable protein. Aduk semua bahan hingga merata.

4. Olesi loyang menggunakan minyak goreng yang disediakan. Masukkan semua adonan ke dalam loyang dan ratakan.

5. Selanjutnya yaitu kukus adonan selama 20 menit. Setelah itu angkat dan dinginkan.

6. Sembari menunggu saat dikukus, kocok 2 butir telur.

7. Setelah dingin, potong adonan sesuai selera.

8. Celupkan potongan nugget ke dalam telur kocok, guling-gulingkan dan ratakan.

9. Setelah itu, panaskan minyak goreng dan goreng nugget hingga warnanya berubah menjadi kuning kecoklatan.

 

Jika Anda ingin membuat burger secara hemat, Anda bisa mendapatkan Texturized Vegetable Protein di Indonesia. PT. Markaindo Selaras merupakan supplier makanan lengkap yang menyediakan berbagai bahan yang mendukung industri makanan. Anda bisa menghubungi mereka di www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id. Produk Texturized vegetable protein yang dijual Markaindo merupakan produk dari Crown soya, Crown soya sendiri adalah perusahaan asal China yang fokus memproduksi produk-produk olahan yang terbuat dari kedelai. dan produk-produk dari crown soya juga sudah berstandard internasional, jadi jangan ragu membeli produk texturized vegetable protein di Markaindo.