Resep Membuat Bakso Kenyal dengan Bahan Food Grade

  • bahan food grade

Resep Membuat Bakso Kenyal dengan Bahan Food Grade

Banyak isu yang beredar tentang boraks yang digunakan sebagai bahan pengenyal bakso. Hal ini tentu saja menambah kekhawatiran konsumen. Namun Anda tidak perlu cemas, Anda dapat membuat bakso sapi kenyal dengan menggunakan bahan pengenyal bakso yang aman seperti STPP atau Sodium Tripoly PoshPate, tentunya tidak kalah dengan yang alami. Bahan pengenyal bakso food grade ini dapat mempertahankan kadar air dalam daging dan memperbaiki tekstur daging.        

Terdapat dua jenis STPP yang dijual di pasaran, yaitu STPP technical grade dan STPP food grade. STPP technical grade sendiri, sering digunakan sebagai bahan tambahan pembuatan detergen, sementara yang digunakan untuk bahan tambahan pembuatan bakso menggunakan STPP food grade. Meskipun dari segi harga STPP food grade lebih mahal dari STPP technical grade, namun STPP food grade aman untuk dikonsumsi. Penggunaan STPP food grade sebagai pengenyal bakso dapat meningkatkan kekenyalan bakso serta menstabilkan aroma dan warna daging. Disamping itu, STPP food grade ini menjaga kelembaban daging yang kemudian bisa menghambat tumbuhnya bakteri dalam daging sehingga dapat memperpanjang masa simpan bakso.

Berikut resep membuat bakso sapi kenyal dengan STPP food grade.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan:

1. Daging sapi segar 1000 gram

2. Tepung tapioka 100-200 gram

3. Es batu 200-300 gram

4. Merica bubuk secukupnya

5. Bawang putih bubuk secukupnya

6. STPP food grade 2,5 gram

Cara Membuat Bakso Sapi Kenyal dengan STPP Food Grade:

1. Bersihkan daging dari lemak dan urat-uratnya lalu potong kecil-kecil

2. Tambahkan bawang putih, sebagian es batu dan STPP food grade ke dalam daging yang telah dipotong-potong. Haluskan dengan blender atau mesin penghalus daging.

3. Masukan sisa es batu dan garam sambil dihaluskan kembali. Kemudian tambahkan tepung tapioka dan merica bubuk.

4. Cetak bakso menjadi bulat dengan ukuran yang diinginkan. Proses pencetakan ini bisa dengan cara manual menggunakan sendok atau tangan, bisa juga menggunakan mesin pencetak bakso.

Untuk membuat bakso sapi yang kenyal Anda bisa menggunakan pengenyal makanan dari Abastol dan Carnal yang diproduksi oleh Budenheim.  Abastol sendiri mempunyai beberapa jenis yang berbeda seperti ABASTOL 727 dan ABASTOL 2060 S, setiap produk Abastol memiliki kegunannya masing-masing , seperti pengenyal makanan Abastol 727 merupakan Fosfat Abastol yang cocok untuk menciptakan tekstur kenyal pada berbagai macam olahan daging seperti baso, sosis, dan lain-lain Isi perbag 25kg, Abastol 2060 Fosfat Abastol yang cocok untuk produk Surimi Isi per bag 25kg.

Jika Anda tertarik untuk membeli produk pengenyal makanan Abastol dan Carnal Anda bisa mendapatkannya dengan mudah, Anda hanya perlu menghubungi PT. MARKAINDO SELARAS melalui website markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id. Setelah Anda melakukan pembayaran barang akan segera dikirim ketempat Anda. Markaindo tidak hanya menyediakan berbagai bahan baku untuk industri makanan, PT Markaindo Selaras juga menjamin food grade dan kehalalan produk.