Resep Masakan Vegetarian, Tetap Bisa Makan Daging Loh

  • resep burger vegetarian

Menjadi vegetarian cukup berat karena Anda mungkin sedikit mengalami kesulitan dalam memilih makanan yang akan disantap saat berada di luar rumah. Rata-rata masakan yang disajikan di restoran tidak memiliki menu vegetarian. Jika Anda memiliki waktu yang padat, masakan siap saji merupakan pilihan tepat tetapi restoran cepat saji tidak mempunyai menu vegetarian.

Burger yang masih ada sayuran di dalamnya pun masih memiliki daging di dalamnya. Nah jika Anda tidak memiliki banyak waktu sebaiknya ada membuat burger sebagai menu cepat saji yang Anda buat sendiri karena cukup mudah membuatnya. Berikut resep burger vegetarian yang bisa Anda buat sendiri dirumah:

Burger Gandum Tumis Jamur

Bahan:

- ½ cangkir biji gandum

- ½ kaleng kacang koro

- ½ gelas remah roti

- 1 butir telur, kocok sebentar

- 2 siung bawang putih, dicincang

- 2 sdt jintan bubuk

- ⅓ cangkir ketumbar

- ½ perasan lemon

- ½ gelas kepingan kenari

- 1 sdm mentega

- 200 gr jamur pilihan Anda, iris

- 2 sdm minyak sayur

-6 roti bun 100% gandum

Cara membuatnya:

- Masukkan biji gandum dan 1 cangkir air ke dalam panci lalu didihkan sampai mendidih sekitar 10 menit. Biarkan biji gandum dingin.

- Masukkan setengah kacang koro, remah-remah roti, telur, bawang putih, jintan, ketumbar, perasan lemon, biji gandum yang dimasak, serta garam dan merica secukupnya ke dalam blender lalu proses hingga tercampur dengan sempurna. Tambahkan sisa kacang dan kenari, hancurkan hingga menyatu. Bentuklah menjadi enam buah daging burger.

- Panaskan panggangan hingga level sedang sambil mencairkan mentega dalam wajan di atas api sedang. Tambahkan irisan jamur dan tumis selama 5 menit, aduk secara teratur.

- Oleskan burger dengan minyak dan bakar selama 4 menit per sisi, jangan sampai gosong. Panggang roti selama 2 menit. Sajikan burger pada roti dan tumis jamus di atasnya.

Burger Oat Hitam

Bahan:

- 200 gr kacang hitam, ditiriskan dan dibilas

- 1 ½ cangkir jamur dipotong dadu

- ½ cangkir rolled oats

- 2 siung bawang putih, dicincang

- 1 butir telur, kocok sebentar

- 1 sendok makan jintan

- ¼ sdt lada hitam

- 2 sdt minyak sayur

- 6 roti bun 100% gandum

- 6 sdm mustard pedas

- 1 tomat, diiris

- 1 gelas bayam

Cara membuatnya:

- Masukkan setengah kacang di blender bersama dengan jamur, gandum, bawang putih, telur, jintan, dan merica. Haluskan hingga rata lalu tambahkan kacang yang tersisa dan masukkan ke dalam blender hingga mereka teraduk rata ke dalam campuran.

- Bentuk menjadi daging burger. Lalu lapisi dengan minyak sayur.

- Bakar selama 4 menit per sisi atau hingga kecoklatan, jangan sampai gosong. Panggang roti selama 2 menit.

- Masukkan daging burger ke dalam roti panggang dan tambahkan mustard, tomat, dan bayam di atasnya.

Tips Memasak Burger Vegetarian

Resep burger vegetarian merupakan salah satu contoh masakan vegetarian. Anda dapat membuat dengan kreasi yang berbeda sesuai dengan selera. Namun, jangan sampai Anda salah memadukannya. Jika Anda merasa bingung ingin membuat olahan daging buatan, Anda dapat menggunakan produk yang disebut Texturized Soy Protein atau TSP.

TSP adalah produk tepung bertekstur yang terbuat dari kedelai. Produk ini bisa Anda gunakan sebagai daging nabati pengganti daging. Markaindo menyediakan beberapa produk Texturized Soy Protein (TSP) yang bisa Anda gunakan sebagai bahan tambahan resep burger vegetarian, bersama Bremil yang merupakan mitra dari Markaindo sebagai pemasok produk TSP, produk dari Bremil diberi nama TVP Bremil Natural Ref. 36 PG.025 dan TVP Bremil Dark Red 14 MM B805, kedua produk tersebut berfungsi sebagai filler produk daging olahan atau sebagai pengganti daging. Agar Anda tidak bosan, cobalah menggunakan  produk TSP ini dan Anda dapat mengetahui lebih lengkap tentang produk ini melalui website Markaindo di www.markaindo.co.id untuk informasi dan pemesanan atau Anda dapat menghubungi via email di marketing@markaindo.com.