Resep Kreasi Sosis Sapi Goreng Yang Bisa di Buat di Rumah

  • Sosis sapi

Sosis merupakan salah satu olahan daging sapi yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Sosis pertama kali di perkenalkan oleh tentara Belanda di Indonesia pada masa kolonial. Sejak saat itu sosis mulai menjadi masakan yang di konsumsi sehari hari. Selain karena rasanya yang nikmat, olahan sosis juga terbilang cukup sederhana untuk diolah, sehingga olahan sosis termasuk menu rumahan paling favorit di Indonesia. Beberapa olahan sosis yang biasanya di buat di rumah adalah sosis goreng. Berikut ini adalah aneka resep olahan sosis goreng ala rumahan yang dapat Anda coba sendiri:

Sosis kentang

Salah satu olahan atau kreasi rumahan dari sosis sapi goreng adalah sosis sapi kentang. Sosis sapi kentang adalah makanan street food yang berasal dari Korea yang biasanya di sebut dengan Hotdog French Fries. Street food yang banyak dijumpai di Korea Selatan ini cukup mudah dibuat dan layak dicoba untuk sekedar camilan di rumah atau jadi ide baru jualan makanan. Jika Anda bingung mengenai cara memasak sosis goreng ini, berikut resepnya!

Bahan-bahan:

- 1 buah sosis sapi

- 1 buah kentang

- minyak goreng secukupnya

Bahan adonan:

- 100 gram tepung terigu

- 75 gram tepung maizena

- 50 ml susu cair

- 2 sdt gula

- 1 butir telur

Cara membuat:

1. Kupas kentang dan potong-potong memanjang seperti mau membuat kentang goreng french fries). Goreng setengah matang, sisihkan.

2. Untuk adonan, campur tepung terigu, gula, telur, dan tepung maizena. Kemudian tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk terus sampai rata.

3. Gulingkan sosis sapi ke dalam adonan tepung, lalu tempeli atau selimuti dengan kentang goreng. Kemudian goreng lagi hingga matang.

4. Beri tusukan dari bambu supaya mudah dipegang seperti lolipop

Sosis ayam wortel

Jika Anda bosan dengan olahan sosis rumahan yang itu-itu saja, mungkin Anda harus mencoba salah satu kreasi sosis goreng yang satu ini. Sosis ayam wortel menjadi salah satu pilihan untuk menambahkan sayur pada anak yang tidak suka makan sayur. Cara memasak sosis goreng yang satu ini tidaklah rumit, berikut resep sosis ayam wortel yang Anda bisa buat di rumah:

Bahan-bahan :

- 400 gr fillet ayam

- 1 bh wortel, parut halus

- (Saya tambah buncis diiris tipis 4 batang)

- 1 siung bawang putih, haluskan

- 4 sdm tepung sagu

- 1 butir telur

- 1 sdt garam

- 1/4 sdt merica halus

- (Saya tambah lada hitam 1 sdt)

- 50-75 ml air es

Cara membuat:

1. Haluskan fillet ayam dengan chopper atau food prosessor (saya pakai ayam giling saja jadi tidak usah di chopper lagi)

2. Tambahkan bahan-bahan lain, aduk rata.

3. Masukkan dalam plastik es mambo (saya pakai casing sosis), ikat lalu kukus 25-30 menit hingga matang.

4. Dinginkan lalu lepaskan plastiknya, sosis pun siap diolah.

Cara memasukkan adonan ke casing

1. Gunting plastik casing seukuran 1 sosis yang kita mau misal panjang @10 cm, lebihkan untuk mengikat

2. Gunakan piping bag (plastik segitiga untuk menghias kue tart), masukan adonan ke dalam piping bag.

3. Ikat 1 ujung casing yang sudah dipotong tadi, lalu semprotkan adonan. Bila ada udara terperangkap antara adonan dan plastik casing, tusuk dengan jarum keluarkan udaranya agar sosis mulus tidak bopeng

4. Padatkan dan ikat ujung yang lain dengan tali kasur

Itulah beberapa kreasi sosis sapi sederhana yang Anda bisa masak di rumah. Selain aneka olahan sosis sapi, Anda juga bisa membuat sosis sapi yang sehat dan berkualitas. Sebenarnya sosis berkualitas dan layak di konsumsi bisa Anda buat sendiri di rumah. Anda hanya membutuhkan daging dan bumbu sebagai bahan, serta casing sosis untuk membentuknya.

Casing sosis kolagen dari Markaindo

PT. MARKAINDO SELARAS, menyediakan berbagai pilihan casing sosis dari produsen-produsen ternama seperti Devro Collagen Casing dan Mini Ralen Polyamide Casing dengan jaminan kualitas dan harga yang terjangkau, casing sosis ini bisa Anda gunakan untuk industri sosis homemade. Berminat membelinya? Anda bisa menghubungi PT. Markaindo selaras melalui website www.markaindo.co.id atau e-mail marketing@markaindo.co.id.