Resep Kreasi Daging Ham Sapi

  • Clip daging

Ham adalah bagian daging babi yang berasal dari bagian kaki belakang babi. Ham dibuat di seluruh dunia, termasuk beberapa makanan khas daerah, meskipun istilah ini memiliki penggunaan yang lebih luas dan dapat digunakan untuk merujuk pada daging yang telah dibentuk kembali.

Kemudian di luar negeri, ham terkenal sebagai irisan daging babi bagian kaki belakang. Olahan daging ini mengalami proses pengasapan dan pengasinan agar awet. Bedanya dengan Indonesia, ham identik dengan luncheon meat, yakni irisan kornet tebal berbentuk persegi panjang. Namun, Anda jangan khawatir karena di Indonesia ham biasanya juga terbuat dari daging sapi. Ham biasanya di goreng, di panggang atau menjadi campuran sup.

Kemudian daging ham di Indonesia biasanya digunakan menjadi bahan hamburger. Saat ini terdapat beberapa kreasi menu hamburger yang anda bisa coba di rumah. Beberapa resep kreasi hamburger seperti:

Beef Burger

Beef burger atau burger dengan bahan dasar ham daging sapi merupakan hamburger yang paling sering kita temui di Indonesia. Selain karena rasanya yang nikmat, burger jenis ini juga praktis untuk di buat di rumah. Jika Anda ingin membuatnya di rumah simak resep di bawah ini:

 Bahan yang diperlukan:

- roti hamburger 4 buah

- daging sapi 400 gram (cincang)

- tepung roti 50 gram

- bubuk lada putih 1 sendok teh

- bawang putih 1 siung (haluskan)

- margarin 1 sendok makan

- keju cheddar 4 lembar

- tomat ukuran besar 1 buah (iris tipis 1 cm )

- Daun selada secukupnya

- Acar timun secukupnya

Langkah mudah untuk membuat Hamburger:

1. Buat terlebih dahulu isi hamburger dengan cara mencampurkan cincangan daging, tepung roti, lada putih dan bawang putih kedalam wadah yang sama sambil diaduk hingga tercampur rata.

2. Selanjutnya bagi adonan daging tersebut menjadi 4 bagian kemudian bentuk menjadi bulatan yang pipih.

3. Setelah itu siapkan wajan anti lengket kemudian panaskan dahulu, masukkan daging ke dalamnya dan biarkan sampai matang.

4. Jangan lupa untuk membalikannya agar matang dengan sempurna. Lakukan hal yang sama hingga ke 4 adonan daging yang telah dibuat matang. Angkat dan sisihkan dahulu.

5. Beri olesan lagi kedalam wajan bekas memasak adonan daging tadi kemudian masukkan roti hamburger dan keju diatasnya dan panggang sebentar saja. Angkat .

6. Tata rapi roto hamburger, isi hamburger, daun selada, tomat dan acar mentimun lalu tutup lagi dengan roti.

7. Segera hidangkan.

Noodle Burger

Bahan Mie:

- 2 bungkus mie instan, rebus

- 1 batang daun bawang, iris tipis

- 1 sdm margarin

- 3 butir telur

Bahan patty:

- 100 gram daging giling

- 2 sdm margarin

- 2 siung bawang putih, haluskan

- Garam secukupnya

- Merica bubuk secukupnya

Bahan Pelengkap:

- timun dan tomat, iris tipis

- selada secukupnya

- mayones dan saus sambal secukupnya

Langkah membuatnya:

1. Campurkan mie dengan bumbu mie, telur dan daun bawang. Aduk rata. Panaskan teflon lalu letakkan ring cutter dengan diameter 8 cm dan beri sedikit margarin. Setelah itu masukkan adonan mie dan masak ssampai matang lalu angkat. Sisihkan.

2. Kemudian, campurkan daging dengan garam, merica, dan bawang putih lalu aduk sampai rata. Kemudian ambil 2 sdm adonan lalu bulatkan dan pipihkan. Panaskan teflon dan memasak burger hingga kecokelatan lalu angkat.

3. Lalu, ambil satu buah mie lalu letakkan selada, patty, tomat dan timun. Lalu beri mayones dan saus sambal dan tutup dengan mie.

 

Jika Anda ingin memastikan kesehatan dan kebersihan olahan daging ham sapi, sebaiknya Anda membuatnya dirumah. Ketika Anda membuatnya dirumah Anda bisa memilih bahan yang berkualitas. Selain membuat olahan sapi di rumah Anda juga bisa untuk membuka usaha restoran berbahan dasar daging ham sapi.

Jika Anda ingin membuka usaha atau restoran Anda perlu beberapa alat seperti mesin gilingan, smokehouse, cooling chamber, mesin pemotong, mesin packaging dan clip daging tergantung kebutuhan Anda. Clip daging merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk mengunci, mengikat atau menutup makanan olahan dari daging yang biasa digunakan seperti pada pembuatan ham dan makanan olahan lainnya.

Clip daging sapi sangat berguna dalam menjaga kualitas, aroma dan mutu dari adonan olahan daging. Dalam kondisi tertentu clip daging sapi bahkan menjaga adanya campuran bau dari luar serta bakteri dan kuman dari luar. Jadi fungsi clip daging sapi tak hanya sekadar mengunci adonan saja, tetapi juga menjaga daging agar tetap higienis dan tak berubah aromanya.

Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang detail produk dan cara pemesanan clip daging sapi dan perlengkapan pengolahan makanan lainnya, Anda dapat menghubungi kami di halaman kontak website di www.markaindo.co.id. Anda juga dapat mengirimkan email ke marketing@markaindo.co.id. Berbelanja perlengkapan usaha pangan yang mudah, praktis dan lengkap hanya di Markaindo Selaras.