Resep Jajanan Pasar yang Enak dan Bergizi

  • resep jajanan pasar

Indonesia memiliki banyak daerah yang mempunyai berbagai jenis kue tradisional. Rasa yang dihasilkan memiliki keunikan yang berbeda-beda. Kue tradisional telah disajikan sejak lama dengan resep jajanan pasar yang diberikan secara turun temurun.

Kue tradisional cukup mudah ditemui di toko yang menjual berbagai macam kue, supermarket hingga pasar tradisional sehingga banyak yang menyebutnya jajanan pasar.  Untuk Anda yang tinggal di daerah perkotaan mungkin sedikit sulit mencari pasar tradisional atau tempat-tempat yang menjual berbagai jenis jajanan pasar. Namun, Anda dapat membuatnya sendiri dirumah.

Dengan cara yang cukup mudah, Anda dapat menyajikan cemilan khas Indonesia. Berikut resep jajanan pasar.

Nagasari

Bagi Anda pecinta makanan berbahan olahan pisang, tentunya makanan yang satu ini bisa menjadi salah satu daftar kue favorit Anda. Cara membuatnya pun cukup mudah sehingga cocok dijadikan teman untuk bersantai di sore hari.

Bahan:

- 200 gr tepung beras

- 150 gr tepung jagung

- 150 gr gula putih

- ½ sdt garam

- ½ sdt vanili

- 750 ml santan

- 3 lembar daun pandan, ikat simpul

- 2 buah pisang tanduk, potong serong

- Daun pisang muda secukupnya

Cara membuat:

1. Masukkan campuran tepung beras, tepung jagung, gula putih, garam, dan vanili, masak dan aduk hingga rata.

2. Kemudian tuangkan santan secara perlahan sambil diaduk secara perlahan, masukkan daun pandan sambil terus diaduk hingga adonan mengental dan matang, angkat.

3. Ambil selembar daun pisang, beri satu sendok makan adonan tepung yang tadi telah matang.

4. Kemudian letakkan sepotong pisang di tengahnya dan tutup kembali dengan adonan tepung.

5. Bungkus adonan nagasari dengan cara menekuk kedua ujung daun pisang.

6. Panaskan air hingga mendidih, lalu masukkan nagasari dan kukus selama 30 menit.

7. Kue nagasari siap disajikan.

Kue Lumpur

Nah, kalau jajanan pasar yang ini cukup mengenyangkan. Pasalnya, kue lumpur terbuat dari bahan dasar kentang yang mengandung karbohidrat. Tentunya, akan lebih nikmat lagi bila disajikan dengan secangkir teh hangat untuk dinikmati sambil bersantai.

Bahan:

- 50 gr kentang, dikukus, lalu haluskan

- 100 gr tepung kentang

- 100 gr tepung terigu

- 50 gr margarin

- 200 ml air

- ¼ sdt garam

- 25 gr gula pasir

- ¼ sdt vanili bubuk

- 4 butir telur

- 350 ml santan

- 20 gr kismis

Cara membuat:

1. Rebus air, gula putih, dan margarin sampai mendidih.

2. Tambahkan tepung terigu dan tepung kentang sedikit demi sedikit, sambil diaduk rata. Masak hingga semua adonan matang, lalu angkat.

3. Masukkan kentang yang sudah dihaluskan, gula pasir, dan vanili bubuk. Aduk hingga semua adonan tercampur rata. Kemudian tambahkan telur satu per satu, sambil diaduk dengan mixer secara perlahan.

4. Selanjutnya tuang santan sedikit demi sedikit, sambil aduk dengan pelan.

5. Panaskan cetakan kue lumpur, serta oleskan dengan margarin. Kemudian tuang adonan hingga ¾ cetakan, tutup sebentar selama 10 menit.

6. Kemudian letakkan kismis di atasnya dan tutup kembali, biarkan hingga kue matang.

7. Kue lumpur siap untuk disajikan.

Itulah beberapa resep jajanan pasar yang biasanya menggunakan tepung jagung dan tepung kentang. Tepung jagung memiliki fungsi untuk mengentalkan adonan namun bebas dari kandungan gluten. Sedangkan pada tepung kentang dapat digunakan untuk memberikan efek pengentalan yang lebih merata daripada jenis tepung terigu dan sama sekali tidak menimbulkan bau.

Anda dapat memiliki kedua jenis tepung ini seperti yang diproduksi oleh Meelunie B.V yang jual potato starch dan corn starch. Dapatkan informasi lengkapnya melalui website Markaindo di www.markaindo.co.id  atau dapat mengirim email di marketing@markaindo.co.id.