Resep Donat Kentang yang Mudah Untuk Pemula

  • resep donat kentang

Kentang merupakan salah satu jenis bahan baku yang tidak hanya sehat, namun memiliki banyak penggemar khususnya bagi para wanita yang sedang melakukan diet. Kentang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan yang sehat, dan dapat memberikan tenaga yang dibutuhkan oleh tubuh untuk beraktivitas. Jadi, apakah Anda termasuk salah satu pecinta kentang?

Kentang tidak hanya bisa dijadikan sebagai masakan atau pengganti nasi, namun bahan baku yang satu ini dapat dibuat menjadi cemilan sehat yaitu donat kentang. Siapa yang tidak menyukai cemilan ini? Hampir semua orang menyukainya, dari anak-anak hingga dewasa.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan donat kentang? Anda dapat membelinya di mall yang menjual cemilan yang satu ini. Namun, tidak ada salahnya jika Anda belajar untuk membuatnya sendiri. Selain dapat membuat dalam jumlah yang lebih banyak, bisa dipastikan bahan baku yang digunakan merupakan produk yang berkualitas baik khususnya minyak untuk menggorengnya.

Membuat sendiri donat kentang tidaklah sesulit yang dibayangkan. Oleh karena itu, berikut resep donat kentang yang mudah untuk pemula.

Cara Membuat Donat Kentang

Bahan:

- 500 gr tepung terigu protein tinggi

- 4 butir kuning telur

- 250 gr kentang

- 100 gr gula pasir

- 100 gr mentega

- 100 ml air dingin

- 50 gr susu bubuk full cream

- 11 gr ragi instan

- 1 liter minyak goreng

- 1/2 sdt garam

Bahan Topping :

- 50 gr mentega

- 50 gr coklat tabur

- 50 gr gula halus

Cara Membuat:

- Cucilah kentang hingga bersih dan rebus sampai matang. Setelah matang, segera kupas dan haluskan

- Selanjutnya, masukkan tepung terigu ke dalam suatu mangkuk lalu, tambahkan gula pasir, susu bubuk, dan ragi ke dalamnya. Aduk hingga rata

- Setelah itu, campurkan dengan kentang yang sudah dihaluskan sebelumnya hingga rata

- Tambahkan kuning telur dan air dingin pada adonan, aduk hingga rata

- Masukkan mentega dan garam, campurkan secara merata hingga adonan menjadi lembut dan tidak lengket

- Tutup adonan di dalam mangkuk menggunakan kain basah selama 30 menit, biarkan adonan mengembang

- Lalu, setelah 30 menit adonan siap dibentuk, jangan lupa membuat lubang ditengahnya

- Setelah adonan dibentuk, letakkan adonan diatas piring atau wadah yang telah ditaburi sedikit tepung agar tidak lengket

- Diamkan adonan selama 20 menit hingga mengembang

- Siapkan minyak goreng dan panaskan diatas kompor

- Setelah itu, gorenglah adonan hingga matang secara merata dan berwarna kuning kecoklatan

- Tiriskan donat yang sudah matang dan segera oleskan donat dengan mentega, lalu taburkan meses diatas donat

- Selain meses, Anda juga bisa menaburkannya dengan gula halus ataupun taburan yang lainnya sesuai dengan selera

Nah, itulah resep donat kentang yang cukup mudah untuk dibuat oleh pemula. Untuk memudahkan Anda dalam membuat resep donat kentang ini, sebaiknya gunakan potato starch Meelunie dari Markaindo. Sebagai perusahaan Belanda yang telah lama jual potato starch, Meelunie hingga saat ini telah memproduksi beragam jenis starch seperti corn starch (tepung jagung), tapioca starch (tapioka), wheat starch (terigu), rice starch (tepung beras) dan pea starch.

Produk-produk dari Meelunie hingga saat ini, sudah cukup terkenal dan sering digunakan pada industri makanan di Indonesia. Memiliki kualitas yang cukup tinggi dengan harga yang relatif bersaing, Markaindo jual potato starch terbaik produksi Meelunie yang dapat Anda miliki dengan cukup membelinya melalui website Markaindo di www.markaindo.co.id  atau dapat juga mengirim email di marketing@markaindo.co.id.