Resep Bolu Kukus Pelangi yang Enak dan Sehat

  • resep kue bolu

Resep kue bolu merupakan salah satu jenis cemilan dengan menggunakan bahan utama dari tepung terigu, margarin atau mentega, telur, dan gula putih. Dengan rasanya yang manis dan tekstur yang lembut, makanan ini digemari oleh banyak orang. Dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa, hampir semuanya menyukainya.

Bolu sudah dinikmati dari masa ke masa, hingga saat ini kue jenis ini tidak pernah kehilangan penggemar. Walaupun mengalami perkembangan resep kue bolu namun, cara membuat kue bolu tidak berubah yaitu dengan dipanggang atau dikukus. Sesuai perkembangannya bolu mengalami banyak perubahan dari segi rasa.

Tidak hanya dari segi rasa, bolu saat ini memiliki banyak jenis dari rasa yang beragam, bentuk, maupun teksturnya. Cara memasak bolu tentunya memiliki perbedaan yaitu saat proses mengukus, memanfaatkan panas dari uap air dari panci pengukus. Cara ini akan menghasilkan kue yang cenderung lembap, karena dengan teknik ini menyebabkan kue mengikat kelembapan sehingga menghasilkan rasa yang lebih legit.

Sedangkan proses memasak dengan menggunakan oven, memanfaatkan panas ruang di dalamnya yang berasal dari listrik atau api. Biasanya jenis kue seperti ini akan menghasilkan tekstur yang lebih kering, karena teknik ini dapat menarik kelembapan dari kue. Aroma yang dihasilkan juga cenderung lebih kuat dan khas.

Tertarik untuk mencoba salah satu jenis kue ini? Eits Anda juga bisa membuatnya sendiri loh, berikut resep kue bolu kukus yang dapat ditiru.

Resep Bolu Kukus Pelangi

Bahan:

- 500 gr tepung kanji

- 1 L santan kelapa

- 1 sdt garam

- 500 gr gula pasir

- 5 lembar daun jeruk purut

- 3 lembar daun pandan

- Pewarna makanan (sesuai selera)

Cara Membuat:

1. Masak santan, daun jeruk, daun pandan, gula dan garam dengan menggunakan api kecil. Jangan lupa untuk selalu mengaduk sampai seluruh campuran mendidih agar santan dapat menyatu dengan baik. Jika telah mendidih, saring.

2. Masukkan tepung ke dalam wadah lalu tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk. Pastikan santai masih dalam keadaan hangat.

3. Bagi adonan menjadi 4 bagian yang sama rata kemudian berikan pewarna makanan yang berbeda di setiap wadah.

4. Kukus setiap adonan dalam loyang yang berbeda selama 5 menit. Angkat dan tumpuk menjadi satu lalu kukus kembali selama 30 menit.

5. Steamed rainbow cake disebut pula dengan kue kukus pelangi siap dinikmati.

Nah Anda dapat menghidangkan kue bolu kukus pelangi ini dengan secangkir teh untuk dinikmati bersama keluarga. Untuk membuat kue ini menjadi lebih sehat dan enak, Anda dapat menambahkan concentrated soy protein dari Markaindo pada resep kue bolu. Produk berbahan dasar protein kedelai ini memiliki dua jenis.

Kedua jenis tipe ini memiliki perbedaan. Pada tipe fungsional dapat digunakan sebagai alternatif pengganti ISP. Sedangkan pada tipe non fungsional dapat digunakan sebagai bahan tambahan untuk meningkatkan kadar protein pada produk seperti roti, biskuit, serta tambahan pada resep kue bolu.

Concentrated soy protein diproduksi oleh Crow Soya Protein Grup sebagai produsen yang dipercaya untuk memproduksi berbagai jenis produk berbahan dasar protein kedelai lainnya seperti Marksoy 90. Jenis tepung Marksoy 90 merupakan ISP dengan special grade yang diproduksi secara eksklusif oleh PT Markaindo Selaras. Cocok untuk Anda yang ingin memasak makan malam setelah menikmati hidangan sore kue bolu, tentunya makanan berbahan daging menjadi pilihan yang tepat.  Dapatkan segera produk ini dengan cara memesannya melalui website di www.markaindo.co.id  yang jual tepung kedelai atau dapat mengirim email di marketing@markaindo.co.id. Selamat mencoba.