Resep Bolu Jagung Kukus yang Super Empuk

  • resep bolu jagung

Camilan manis memang tidak bisa dilepaskan dari menu masyarakat Indonesia. Berbagai sajian nusantara yang beragam memang tidak dapat ditolak pesonanya. Kali ini, bolu kukus yang sering Anda jumpai akan dibuat dengan sesuatu yang berbeda, loh.

Tepung jagung memang sering digunakan pada berbagai masakan. Namun, jarang dicampur pada adonan kue kering atau basah. Padahal, tepung jagung memiliki banyak manfaat baik, loh. Sebelum membahas tepung jagung lebih jauh lagi, berikut ini ada resep bolu jagung kukus yang super empuk. Simak resepnya, ya!

Resep Bolu Jagung Kukus

Bahan:

4 butir telur

10 sdm gula pasir

6 sdm tepung terigu

6 sdm tepung jagung

3 sdm susu bubuk

½ sdt pengembang

150 ml minyak goreng

1 buah jagung manis

Cara Membuat:

- Kupas jagung dan haluskan menggunakan blender bersama dengan minyak goreng

- Campurkan gula, telur dan ragi hingga adonan mengembang dan kental

- Setelah itu, masukkan susu bubuk, jagung yang sudah dihaluskan, dan tepung jagung serta tepung terigu

- Aduk hingga menjadi rata

- Siapkan loyang yang sudah diberi mentega dan tepung agar tidak menempel pada adonan

- Masukkan adonan yang telah tercampur ke dalam loyang

- Kukus adonan di atas air mendidih selama kurang lebih 25 menit atau hingga kue matang sempurna

- Selanjutnya, angkat adonan dan berikan topping di atasnya sesuai selera

- Bolu jagung kukus siap dinikmati

Itulah resep bolu jagung kukus yang super empuk. Caranya sangat mudah, bukan? Nah, dibalik tampilannya ternyata tekstur yang dihasilkan sangat lembut ketika di panggang loh. Penasaran? Iya, yang membedakan resep ini dengan yang lainnya ada pada penggunaan tepungnya.

Di sini Anda akan menggunakan tepung jagung dengan perbandingan 1:1 tepung terigu biasa. Hal inilah yang menyebabkan adonan menjadi lebih empuk dan lembut daripada biasanya.

Berikut ini ada beberapa manfaat tepung jagung lainnya pada masakan.

1. Membuat Daging Tidak Kering

 Saat memasak daging tentunya Anda tidak ingin kehilangan tekstur daging yang empuk, bukan? Nah, memberikan sedikit tepung jagung pada daging mampu menahan air di dalamnya agar tidak habis terbuang selama proses pengolahan. Cara ini nih yang sering digunakan oleh para chef di dapur.

2. Membuat Tekstur Kental

Hal ini sering dijumpai pada proses pembuatan makanan yang sedikit berkuah seperti sayur. Agar dapat memberikan hasil yang lezat maka, penambahan corn starch dapat memberi efek lebih kental pada kuahnya. Biasanya lebih sering digunakan pada makanan seperti capcay, i Fu mi, kailan cah bawang putih, dan sebagainya.

3. Memberi Tekstur Halus dan Lembut

Untuk Anda yang suka membuat kue kering atau basah seperti resep bolu jagung, bisa juga nih menambahkan tepung jagung ke dalamnya. Cara ini dapat membuat tekstur pada kue buatan Anda menjadi lebih halus dan lembut. Walaupun masih jarang yang mengetahui rahasia ini, sekarang Anda bisa mulai menerapkannya agar dapat menghasilkan kue yang berbeda.

Baca Juga : Inilah Kegunaan Potato Starch yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Anda bisa menggunakan cornstarch Meelunie B.V dari Markaindo yang bebas gluten dan pastinya halal sehingga dapat dikonsumsi oleh semua orang. Selain itu, produk ini juga jual potato starch yang tidak kalah baiknya karena sudah banyak dipercaya oleh industri makanan di Indonesia terhadap kualitasnya. Untuk bisa membeli produk potato starchdan corn starch Meelunie B.V, Anda dapat langsung mengunjungi website Markaindo di www.markaindo.co.id atau menghubungi melalui email di marketing@markaindo.co.id.