Resep Bakso Ikan Homemade yang Mudah dan Simple

  • resep bakso ikan

Bakso merupakan makanan asli dari orang Tionghoa dan dikembangkan oleh turunannya di Indonesia. Kehadiran bakso menjadi warna baru dalam dunia kuliner Indonesia yang beragam, tentunya tidak hanya cocok di lidah tetapi dapat dikembangkan juga. Jika sudah sering memakan bakso daging atau ayam, kali ini Anda harus mencoba bakso berbahan dasar ikan.

Bakso ikan memang kurang populer daripada jenis bakso lainnya. Namun, cita rasa gurih yang ditawarkan akan membuat Anda ketagihan dan ingin memakannya terus menerus. Agar dapat menikmati bakso ikan dengan kualitas baik, Anda dapat membuatnya sendiri di rumah. Proses pembuatannya tidak sulit loh. Berikut ini ada resep bakso ikan homemade yang bisa Anda coba buat dirumah untuk keluarga.

Resep Bakso Ikan Homemade

Bahan:

1 kg ikan kakap, ambil dagingnya saja

4 butir putih telur

12 sdm tepung kanji

5 siung bawang putih

4 butir bawang merah, digoreng dan haluskan

1 sdt lada bubuk

Garam secukupnya

penyedap rasa secukupnya

1 gelas air dingin

es batu secukupnya, haluskan

Cara Membuat:

- Campurkan daging ikan, garam, penyedap rasa, lada, bawang, air, putih telur dan aduk hingga rata

- Setelah itu, masukkan tepung kanji ke dalamnya sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata

- Panaskan air hingga mendidih, matikan api

- Bentuk bakso menjadi bulat dengan ukuran sesuai selera dan segera masukkan ke dalam air yang sudah mendidih sebelumnya

- Lakukan hingga adonan bakso habis

- Panaskan panci yang sudah berisi bakos hingga semuanya matang dan mengapung ke permukaan

- Segera pindahkan bakso yang sudah matang ke dalam air berisi es batu selama 30 detik

- Angkat dan tiriskan

- Bakso ikan siap untuk disajikan bersama menu lainnya atau bersama kuah kaldu ikan

Itulah resep bakso ikan homemade yang bisa Anda coba. Makanan ini bisa disimpan selama 7 hari di dalam lemari pendingin. Selain itu, dapat juga disajikan bersama kuah kaldu ikan dalam penyajiannya. Jika Anda merasa bosan, dapat juga memberi varian lain pada penyajian bakso ikan dengan memasaknya bersama berbagai sayuran seperti pada menu capcay. Jika si kecil menyukai gorengan, Anda juga bisa loh menggoreng bakso ikan untuk dinikmati bersama nasi panas sebagai bekal makan siang yang bergizi.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih lezat, Anda dapat menggunakan pengenyal makanan pada resep bakso ikan. Tenang saja karena bahan yang direkomendasikan ini aman untuk dikonsumsi. Sebelumnya yuk kenali jenis pengenyal makanan ini beserta fungsinya.

Jenis-jenis Pengenyal Makanan

Pengenyal Makanan STPP Technical Grade

Produk pengenyal makanan STPP food grade biasa digunakan sebagai bahan tambahan dalam produksi industri seperti deterjen. Oleh karena itu, produk ini dilarang penggunaannya dalam makanan.

Pengenyal Makanan STPP Food Grade

Produk pengenyal makanan STPP food grade telah dibuat khusus untuk digunakan sebagai campuran dalam makanan. Hal ini bertujuan untuk memberikan tekstur lebih kenyal seperti yang dibutuhkan pada beberapa jenis makanan. Pada umumnya, produk ini biasa dicampur dalam proses pembuatan bakso, dengan harga yang jauh lebih mahal daripada STPP technical grade, jenis ini memang aman untuk dikonsumsi.

Baca juga : Resep Membuat Bakso Kenyal dengan Bahan Food Grade

Agar tidak salah memilih jenis pengenyal makanan yang akan digunakan pada resep bakso ikan, Anda dapat memilih pengenyal makanan Abastol dan Carnal dari Budenheim yang dijual Markaindo. Tidak perlu khawatir karena produk yang dijual merupakan jenis STPP food grade dan pastinya sudah terjamin kehalalannya.

Jika Anda ingin membeli produk pengenyal makanan Abastol dan Carnal dari Budenheim, segera menghubungi Markaindo melalui website di www.markaindo.co.id atau menghubungi melalui email di marketing@markaindo.co.id.