Rahasia Sukses Sebelum Memulai Usaha Makanan

  • tips memulai usaha makanan

Bisnis menjual makanan merupakan usaha yang tidak pernah mati karena semua orang pasti membutuhkan makanan. Tidak heran jika bisnis makanan selalu berkembang setiap tahunnya. Mulai dari usaha dipinggir jalan hingga café maupun restoran.

Anda masih memiliki peluang untuk bergabung dalam membuka usaha makanan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulainya. Berikut tips memulai usaha makanan yang perlu diperhatikan, seperti berikut:

Menyiapkan Produk yang dijual

Tips memulai usaha makanan yang pertama adalah menentukan produk yang akan dijual. Pastikan Anda memiliki pemasok bahan baku yang dapat dipercaya untuk memberikan bahan segar. Tentunya bahan baku menjadi kunci utama dalam menjaga konsistensi cita rasa.

Persiapkan Modal Awal Usaha

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menutupi kekurangan modal, misalnya mencari rekanan yang bisa diajak kerja sama, meminjam ke lembaga penyedia pinjaman modal baik secara online maupun ke bank. Sebaiknya mulailah usaha dengan modal yang kecil terlebih dahulu.

Siapkan dana untuk biaya untuk melakukan periklanan lewat media sosial seperti facebook, line,dan Instagram. Jika Anda meminjam dari lembaga keuangan, buatlah laporan keuangan setelah usaha berjalan yang bertujuan agar lembaga keuangan tersebut mengetahui secara pasti perkembangan usaha yang Anda jalankan.

Memilih Lokasi Usaha

Pilihlah lokasi usaha yang banyak dikunjungi atau dilewati banyak orang. Saat memilih lokasi usaha, Anda harus memperhitungkan modal yang akan dikeluarkan. Jika modal yang dimiliki tidak cukup untuk menyewa tempat, sebaiknya Anda menitipkan produk yang dijual pada tempat usaha orang lain seperti di kampus, kantor, sekolah, mall dan sebagainya dengan memilih ke lokasi strategis. Sistem ini dapat dilakukan untuk menghemat modal sehingga dapat dialihkan untuk keperluan lainnya.

Persiapkan Izin Usaha

Jika Anda membuat produk usaha sendiri, sebaiknya sisihkan modal lebih untuk mempersiapkan sertifikasi halal dari MUI. Selain itu, jika usaha tersebut semakin berkembang sebaiknya segera mengurus pembuatan NPWP bagi usaha Anda.

Berikan Pelayanan 100%

Ada pepatah yang mengatakan pelanggan adalah raja. Artinya pelayanan kepada pelanggan menjadi salah satu faktor penentu pembeli untuk kembali ke tempat yang sama. Walaupun pelanggan yang Anda miliki sangat bawel, jangan pernah memperlihatkan kekesalan pada pelanggan. Melayani dengan setulus hati dan buat suasana menjadi nyaman.

Itulah beberapa tips memulai usaha makanan yang dapat dilakukan. Jika Anda membutuhkan mesin pengolah makanan khususnya daging untuk kebutuhan bisnis, pilihlah produsen yang jual mesin pengolah makanan dengan harga terjangkau dan terjamin kualitasnya. Markaindo menawarkan beberapa jenis pilihan mesin pengolah daging yang dapat digunakan oleh Anda untuk mengolah daging berkapasitas kecil hingga sedang.

Talsa merupakan perusahaan Spanyol yang memproduksi mesin pengolahan daging yang telah diekspor ke seluruh dunia. Talsa telah menghasilkan mesin-mesin produksi dalam berbagai kapasitas sehingga konsumen dapat memilih mesin yang sesuai dengan kapasitas produksinya. Produk-produk yang telah dihasilkan Talsa antara Iain seperti:

Grinder yang merupakan mesin untuk menggiling daging dengan kapasitas produksi dari 300-350 kg/jam hingga 1.300-1.700 kg/jam.

Hydraulic stuffier merupakan mesin untuk memasukan adonan sosis ke dalam casing/selongsong. Memiliki kapasitas penampungan adonan daging sebesar 15, 20, 26, 31, 42 dan 52 liter.

Bowl cutter merupakan mesin untuk menghancurkan atau melumatkan adonan daging dengan kapasitas 15, 30, 50, 80 dan 120 liter.

Dapatkan mesin ini di tempat jual mesin pengolah makanan yaitu Markaindo. Dapatkan segera informasi lengkapnya dengan mengunjungi website Markaindo di www.markaindo.co.id  atau dapat mengirim email di marketing@markaindo.co.id.