Rahasia Sebelum Menjalankan Usaha Frozen Food

  • usaha frozen food

Frozen food merupakan makanan yang dibekukan dengan tujuan memperpanjang masa simpan makanan hingga nanti saatnya disantap. Anda dapat menikmatinya dengan memanaskan saja atau digoreng ulang. Makanan ini cocok untuk Anda yang tidak memiliki banyak waktu menyiapkan makanan.

Oleh karena itu, peluang usaha frozen food ini cukup besar. Anda dapat menciptakan merek sendiri atau dapat juga menjual produk yang sudah ada. Makanan ini memiliki daya tarik tersendiri karena tidak memerlukan waktu yang lama untuk disajikan.

Apa saja yang menjadi alasan usaha frozen food dapat menjadi bisnis yang menguntungkan? Berikut beberapa alasan bisnis ini cukup menjanjikan.

Praktis digunakan

Alasan pertama usaha frozen food dapat menguntungkan yaitu terdapat pada kelebihan produk ini. Praktis untuk digunakan itulah kelebihannya. Cukup simpan dilemari es dan saat tidak memiliki makanan, produk ini cocok untuk menjadi salah satu menu makanan darurat. Keuntungan dari Bisnis frozen food akan memberikan ketekunan tersendiri serta komitmen untuk terus mengembangkan usaha ini.

Terlebih jika Anda mampu mengolah frozen food sendiri. Hal ini juga dapat menunjang perkembangan usaha Anda. Semakin kaya olahan kreatifitas ide, maka banyak pula minat konsumen yang ingin mencoba untuk menikmati hasil olahan yang ditawarkan.

Gunakan Pengawet Makanan

Saat ini telah ada pengawet makanan yang aman untuk dikonusmsi oleh siapapun, mulai dari proses alami hingga menggunakan bahan tambahan. Memang makanan beku atau frozen food cukup praktis. Makanan beku memang makanan siap proses walaupun Anda telah disimpan selama berhari-hari. Proses pembekuan adalah cara sebagai pengawet alami untuk mengawetkan makanan, bahkan hingga berbulan-bulan.

Pada makanan beku, umumnya hanya terjadi sedikit perubahan pada nutrisi dan karakteristik sensori jika proses pembekuan dan penyimpanan beku dilakukan secara benar. Proses pengawetan dengan membekukan makanan sebenarnya tidak membutuhkan bahan pengawet, karena hanya memanfaatkan suhu rendah dapat menjadi bahan pengawet makanan alami. Proses pembekuan juga tidak menyebabkan hilangnya nutrisi penting seperti halnya metode pengawetan lain yang menggunakan suhu tinggi.

Lalu setelah yakin ingin menjalani bisnis ini, berikut ada beberapa langkah awal yang perlu dilakukan dalam menjalani usaha frozen food.

Tentukan Produk

Anda harus memilih jenis frozen food apa yang ingin dijual. Hal ini cukup penting, pilihlah jenis bahan baku yang paling memiliki banyak peminatnya. Anda juga bisa menjual frozen food dalam bentuk siap makan, misalnya menjual aneka jajanan bakar.

Cari Modal

Nah sekarang hitung kebutuhan modalmu. Frozen food memerlukan freezer dan alat packaging yang anti udara. Namun, bagaimana jika Anda belum punya modal? Kini banyak tempat yang menyediakan pinjaman modal untuk usaha melalui bank atau pun lembaga lainnya. Banyak program yang dirancang untuk bisnis pemula.

Pilih Peralatan

Anda butuh freezer dan alat pembungkus yang cukup mahal. Jika belum mampu meminjam uang sebaiknya Anda bisa menyesuaikan keuangan dengan jenis peralatan. Nah, jika kehabisan uang, cobalah untuk menitipkan frozen foodsmu di restoran atau minimarket. Triknya adalah membagi sebagian keuntungan dengan mereka.

Metode Pemasaran

Nah sekarang tentukan metode pemasaran. Anda dapat mengenalkan produk bisa dengan cara mulut ke mulut melalui orang-orang yang dikenal. Serta dengan memanfaatkan sistem online. Dengan memanfaatkan kelebihan frozen food yang bisa tahan lebih dari satu hari. Jadi Anda bisa menjual produk dengan target lokal kota/kabupaten. Menggunakan sosial media seperti Facebook atau instagram untuk menarik pelanggan merupakan ide yang cukup baik.

Nah jika Anda ingin menjangkau seluruh Indonesia dalam pemasarannya, maka Anda perlu menambahkan bahan pengawet makanan ke dalam produk. Hal ini mencegah kerusakan yang terjadi selama proses pengiriman beberapa hari. Anda dapat mempercayakan bahan pengawet makanan yang aman dikonsumsi dari Koyo chemical. Produk ini dijual di Markaindo, untuk pemesanan dan informasi lainnya Anda dapat mengunjungi website Markaindo di www.markaindo.co.id  atau dapat mengirim email di marketing@markaindo.co.id.