Rahasia Bakso Kenyal dan Lezat Tanpa Tambahan Boraks

  • Cara membuat bakso kenyal

Siapa yang tak suka bakso? Meski konon makanan ini berasal dari Tiongkok, namun bakso seolah telah menjadi salah satu kuliner khas tanah air. Di Indonesia sendiri, ada beberapa jenis bakso  berdasarkan daerahnya misalnya saja bakso Malang yang memiliki tambahan aneka gorengan dan juga bakso Solo yang terkenal kuah gurih dan bihun putihnya.

Bakso pada dasarnya hanya terbuat dari campuran daging, telur, tepung, dan beberapa bumbu dasar seperti bawang putih, merica, serta garam. Namun yang membuat setiap bakso berbeda adalah teksturnya. Bakso yang enak memiliki tekstur sedikit kenyal namun tidak alot, dan sangat terasa dagingnya. Jika menggunakan terlalu banyak tepung, maka rasa daging akan hilang. Namun jika rasio tepung terlalu sedikit, maka kekenyalannya yang berkurang.

Hal inilah yang akhirnya membuat banyak orang memasukkan boraks ke dalam campuran adonan bakso. Menambahkan boraks dianggap sebagai cara membuat bakso kenyal yang paling praktis dan rendah biaya. Namun tentu saja banyak bahaya yang ditimbulkan dengan cara membuat bakso kenyal menggunakan boraks.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membedakan bakso asli dengan bakso berboraks, misalnya saja melihat warnanya. Bakso yang menggunakan boraks biasanya memiliki warna lebih putih dan teksturnya sangat kenyal. Bakso dengan boraks juga jarang dihinggapi lalat meski dibiarkan di tempat terbuka.

Jika masih khawatir dengan bakso yang dijual di pasaran, Anda bisa membuat sendiri bakso di rumah. Berikut cara membuat bakso kenyal yang bisa Anda coba:

Pilih daging sapi terbaik

Untuk membuat bakso berkualitas, pastikan Anda memilih daging sapi segar yang mengandung lemak. Hal ini akan membuat bakso tetap empuk dan juicy setelah dimasak. Setelah mendapatkan daging, giling hingga halus. Namun jika Anda suka bakso yang bertekstur, bisa menambahkan gilingan daging yang lebih kasar. Di dalam daging giling bisa Anda campurkan tepung kanji dan bumbu dasar.

Uleni dengan tangan

Setelah semua lengkap, langkah berikutnya adalah menguleni. Cara membuat bakso kenyal ini cukup krusial karena sangat menentukan tekstur bakso setelah matang. Sebaiknya Anda tidak menguleni dengan alat sehingga bisa merasakan konsistensi adonan agar bakso tak menjadi terlalu lembek atau terlalu keras.

Rebus dalam air mendidih

Setelah adonan mencapai konsistensi yang pas, Anda tinggal membentuknya menjadi bulatan dan memasukkan ke dalam air mendidih. Ingat, pastikan air sudah mendidih sehingga adonan bakso tidak pecah saat direbus. Setelah adonan terbentuk dan matang, angkat dari air mendidih kemudian masukkan ke dalam air panas. Setelah itu, bakso yang tidak segera dimakan bisa disimpan dalam freezer setelah terlebih dulu didinginkan.

Cara membuat bakso kenyal yang juga layak Anda coba adalah dengan menambahkan produk-produk dari Budenheim. Perusahaan kimia asal Jerman ini memproduksi fosfat khusus untuk makanan yang bisa meningkatkan kualitas bakso. Produk dari Budenheim dijamin aman karena dibuat dengan teknologi spray drying yang menghasilkan campuran kimiawi (chemical blend), bukan sekedar mechanical blend yang hanya mengalami pencampuran secara fisik (physical mixing). Beberapa produk Budenheim yang cocok digunakan untuk bakso antara lain Abastol Z 529 dan Abastol 727.

Untuk mendapatkan berbagai produk Budenheim terbaik yang bisa menjadikan bakso lebih kenyal dan nikmat, langsung saja hubungi PT Markaindo Selaras melalui situs www.markaindo.co.id atau melakukan pemesan melalui email di marketing@markaindo.co.id.