Ragam Daging Pilihan untuk Bahan Sosis

  • Bahan sosis

Meski tak berasal dari Indonesia, sosis merupakan salah satu makanan yang paling digemari. Tak heran, sebab sosis memiliki rasa yang lezat dan mudah sekali untuk diolah. Saat ini sudah banyak varian sosis yang ada di pasaran dan tinggal dipilih sesuai selera. Bahkan tak sedikit pula toko yang menjual sosis impor dengan ukuran jauh lebih besar dibanding sosis buatan lokal.

Dibanding dengan bahan makanan lain, sosis memang cenderung lebih mahal. Padahal, saat mengonsumsi sosis tentu tak cukup hanya satu atau dua buah saja. Nah, untuk menyiasati hal ini, tak ada salahnya Anda mencoba membuat sosis sendiri di rumah. Bahan sosis cukup mudah didapatkan, kok. Anda tinggal memilih protein yang akan digunakan serta beberapa bumbu dasar. Untuk protein sendiri, ada beberapa jenis yang dapat dipilih seperti berikut:

Daging sapi

Bahan sosis yang satu ini bisa dibilang paling familiar. Daging sapi memiliki tekstur yang agak alot dengan rasa gurih, sehingga cocok sekali dijadikan bahan sosis. Sebelum diolah menjadi sosis, daging sapi harus digiling terlebih dahulu hingga tekstur yang diinginkan, bisa sangat lembut dan bisa juga agak kasar. Sebaiknya Anda memilih bagian daging yang memiliki kandungan lemak sehingga sosis lebih juicy dan tidak kering. Sosis berbahan daging sapi ini enak dimakan tanpa campuran bahan lain, cukup hanya digoreng atau dipanggang.

Ayam

Sosis ayam juga merupakan salah satu jenis yang paling populer di Indonesia. Berbeda dengan sosis daging sapi yang berwarna agak kemerahan, sosis ayam berwarna putih dengan tekstur yang lebih empuk. Rasa sosis ayam sangat gurih dan juicy, biasanya banyak digunakan sebagai campuran makanan seperti sayur berkuah atau tumisan. Selain itu, sosis ayam juga bisa dikonsumsi langsung seperti halnya sosis sapi. Untuk membuat sosis ayam, caranya hampir sama dengan sosis sapi yakni menghaluskan daging dan mencampurnya dengan bahan sosis yang lain.

Baca Juga : Mengenal 3 Jenis Kulit Sosis yang Mudah Digunakan

Daging babi

Daging babi memang tak bisa dikonsumsi semua orang, namun daging ini juga merupakan salah satu bahan populer untuk membuat sosis terutama di luar negeri. Penggemar sosis daging babi menyebutkan jika rasanya jauh lebih gurih dibanding jenis sosis lain. Di Indonesia sendiri, beberapa tempat ada yang menjual sosis daging babi meski sangat terbatas.

Daging domba

Sosis daging domba mungkin terdengar sangat jarang di Indonesia. Namun banyak lho, negara yang memiliki sosis tradisional berbahan dasar domba. Untuk menghilangkan aroma kuat dari domba, biasanya dicampurkan banyak rempah seperti ketumbar dan alda hitam. Memasak sosis daging domba cukup tricky karena jenis daging ini sangat mudah kering. Akan lebih baik jika Anda mencampurkan daging domba dengan sedikit daging sapi yang penuh lemak.

Dalam pembuatan sosis, bahan lain yang biasa digunakan adalah bawang putih, lada hitam dan putih, ketumbar, serta bawang bombai. Beberapa orang juga suka menambahkan bahan sosis yang cukup unik, misalnya saja daun seledri, wortel, hingga bir yang dinggap dapat memberikan rasa lebih kuat pada sosis.

Hal yang juga tak boleh dilupakan saat membuat sosis adalah memilih casing yang tepat. Jika dulu casing terbuat dari usus hewan, saat ini sudah ada casing instan yang juga aman untuk dikonsumsi. Anda bisa mendapatkan casing sosis ini melalui PT Markaindo Selaras dengan menghubungi website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.