Potato Flakes, Produk Turunan Kentang yang Memiliki Banyak Manfaat

Potato flakes adalah salah satu jenis hasil produk yang terbuat dari kentang yang telah melalui proses pengeringan seperti halnya produk lain seperti tepung pati kentang, granul kentang, pellet kentang, irisan kentang atau kentang tipis. Potato flakes sendiri dibuat dengan cara melakukan proses penghalusan dari kentang dengan cara menumbuknya kemudian hasil produk tersebut mendapatkan proses pemasakan atau pengeringan pada suatu tempat yang datar sehingga dihasilkan lapisan yang tipis atau memiliki ketebalan tertentu sesuai dengan kebutuhan. Lapisan kentang tersebut diatur dengan ketebalan yang telah ditentukan dengan tingkat kepadatan atau kekeringan tertentu. Hasil lembaran kentang ini kemudian dilakukan proses pembagian lagi hingga terbentuk serpihan kecil yang memiliki ukuran atau diameter tertentu sesuai dengan kebutuhan. Potato flake memiliki warna putih kekuningan, serpihan kentang tidak menggumpal tetapi mempunyai sifat penyerapan air yang baik. Selain beras, gandum dan jagung, produk kentang adalah salah satu hasil bumi yang sangat dibutuhkan di seluruh dunia. Tanaman kentang memiliki kontribusi hingga 50% dari total produksi akar tanaman atau umbi-umbian.

Kentang memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk manusia dibandingkan dengan makanan pokok lainnya seperti:

-Kandungan Karbohidrat Dan Protein

-Kandungan Mineral Seperti Kalsium Dan Kalium

-Kandungan Vitamin C

-Kaya Akan Serat

Berbagai kandungan dari kentang yang membuat kentang dikonsumsi sebagai sayuran dan juga bisa digunakan untuk memproduksi berbagai makanan berkualitas lainnya seperti: potato flakes, potato starch, dekstrin dan digunakan pula sebagai bahan pakan ternak. Sekarang ini kebutuhan potato flakes dan tepung kentang semakin berkembang. Hal ini disebabkan karena kedua produk ini memiliki berbagai nilai tambah yang sangat berguna bagi nilai gizi dan juga memiliki keunggulan sebagai bahan pengisi atau tambahan pada beberapa produk terutama pada produk daging.

Berikut beberapa keunggulan dari potato flake yang membuatnya layak digunakan sebagai bahan pengisi produk daging dan bahan olahan makanan lainnya:

-Memiliki Rasa Dan Bau Yang Netral

-Kemampuan Untuk Meningkatkan Tekstur

-Stabilitas Produk

-Tidak Akan Merubah Warna Produk Makanan

-Tetap Memiliki Nilai Gizi Yang Tinggi Dan Aman

Penggunaan Potato Flakes (Serpihan Kentang)

Penggunaan potato flake ini memberikan keuntungan bagi pabrik makanan seperti pabrik sosis, bakso dan pabrik olahan daging lainnya karena dapat menekan biaya produksi, di mana penggunaan daging dapat dikurangi tanpa mengurangi rasa dan penampilan dari produk daging olahan tersebut. Selain itu produk dari bahan baku kentang ini juga banyak dipergunakan dalam pembuatan perkedel, kroket, donat kentang dan beberapa produk makanan lainnya. Dengan penggunaan potato flakes, akan mengurangi tingkat kerumitan proses produksi sehingga akan jauh mengurangi lamanya proses produksi.

Penggunaan serpihan kentang ini selain yang disebut tadi ada juga beberapa diantaranya:

-Sebagai bahan baku makanan ringan

-Bahan baku perkedel dan pangsit

-Bahan baku makanan beku

-Bahan baku produk bakery termasuk untuk pembuatan pai dan kroket

-Bahan pengental untuk sup dan saos

-Bahan pengikat untuk produk daging seperti bakso sapi dan bakso ikan

-Bahan baku makanan ternak

Dan masih banyak lagi produk yang menggunakan potato flakes sebagai bahan baku olahan makanan termasuk pada pembuatan kentang tumbuk atau mashed potato. Cara praktis membuat mashed potato adalah dengan menggunakan serpihan kentang ini sebagai bahan baku alternatif dari kentang segar. Mashed potato didapatkan dengan melarutkan potato flake dalam air secukupnya, lalu diberikan tambahan bahan lain seperti mentega atau butter, susu cair, garam, keju, dan lada secukupnya.

Jika Anda berniat untuk membeli produk potato flake, Anda bisa membelinya dari  perusahaan Aviko Rixona B.V yang berkualitas. potato flake Aviko Rixona B.V bisa Anda dapatkan dengan cara menghubungi PT. Markaindo melalui website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id.