Perbedaan Daging Sapi dan Kambing Yang Mudah Ditemukan

  • perbedaan daging sapi dan kambing

Daging sapi dan kambing merupakan hewan ternak yang tidak hanya enak untuk dikonsumsi namun, memiliki banyak manfaat kesehatan. Lalu, daging manakah yang lebih sehat untuk dikonsumsi? Yuk simak beberapa perbedaan dari kedua daging tersebut.

Daging merah seperti sapi dan kambing yang sering dikonsumsi kaya akan mineral seperti zink, fosfor, vitamin B, vitamin B12, protein, dan zat besi. Yang membedakan antara daging sapi dan kambing, salah satunya bisa dilihat dari jumlah kalori, lemak, dan protein dari keduanya. Dalam 100 gr daging kambing, terdapat 258 kalori, 25,6 gr protein dan 8,8 gr lemak. Sementara daging sapi, 100 gr daging sapi memberikan 217 kalori, 26,1 gr protein dan 4,2 gr lemak.

Jika diperhatikan dari segi kalori dan lemak, tentunya daging sapi lebih unggul dibandingkan daging kambing. Namun, apabila dilihat dari segi protein daging kambing memiliki kualitas lebih unggul dibandingkan dengan daging sapi. Selain itu, jika dilihat dari segi pola makan kedua hewan tersebut daging kambing memiliki kualitas yang lebih unggul dibandingkan daging sapi. Karena sebagian besar hewan kambing mengkonsumsi rumput, sementara saat ini banyak ditemukan sapi yang memakan biji-bijian. Padahal, hewan tidak sepenuhnya mampu mencerna biji-bijian. Akibatnya, tubuh kita pun sulit mencerna daging tersebut.

Nah untuk itu, anda perlu mengetahui bagaimana cara membedakan daging sapi dengan daging kambing dengan mengetahui ciri-ciri dari masing-masing bahan, seperti dibawah ini:

Warna Daging

Jika diperhatikan daging sapi dan daging kambing memiliki perbedaan yang cukup mudah untuk dilihat. Daging kambing memiliki warna merah cerah. Sedangkan warna pada daging sapi ialah merah pucat. Jika dibiarkan terlalu lama terkena sudah maka akan muncul reaksi perubahan warna pada kedua jenis daging tersebut. Pada daging kambing akan berwarna merah pucat, merah agak ungu atau agak cokelat dan berwarna chery. Sedangkan pada daging sapi akan berubah warna menjadi cokelat gelap.

Tekstur Daging

Selain dari warna, kedua daging tersebut dapat juga dibedakan melalui tekstur. Cobalah untuk merenggangkan serat-serat dagingnya. Pada daging sapi, tekstur daging terasa halus dan lembut serta serat yang renggang. Berbeda dengan daging sapi terasa kasar lantaran mempunyai serat yang lebih kedap dan padat.

Bau Daging

Baik daging kambing maupun sapi keduanya mempunyai ciri bau tersendiri. Daging kambing berbau prengus. Sedangkan daging sapi berbau amis yang agak menyengat. Tentunya tidak enak rasanya jika saat memakan daging masih tercium baunya, oleh karena itu kedua daging tersebut membutuhkan cara yang benar untuk menghilangkan baunya saat dimasak.

Rasa Daging

Bagi para pecinta daging tentunya sudah dapat membedakan antara daging sapi dan kambing. Saat telah dimasak kedua daging ini mempunyai citarasa yang tidak sama meskipun dimasak tanpa bumbu, daging kambing mempunyai aroma yang kuat dan terasa lebih alot. Sedangkan daging sapi juga terasa alot namun sedikit lebih empuk dibandingkan dengan daging kambing.

Nutrisi

Sebagai tambahan informasi, daging kambing mengandung jumlah lemak total, kolesterol, lemak jenuh lebih sedikit bila dibanding daging sapi. Sedangkan daging kambing mengandung jumlah mineral besi, potassium dan thiamine lebih banyak dibanding daging sapi namun untuk kadar sodium lebih sedikit. Kadar protein hampir sama dibanding daging sapi.

Nah itu dia beberapa perbedaan antara daging sapi dengan daging kambing. Tentunya tidak ada salahnya mengkonsumsi keduanya namun dalam jumlah yang tidak berlebihan dan sebaiknya disesuaikan dengan kondisi kesehatan anda. Jika anda belum mengetahui cara mengolah kedua jenis daging tersebut dengan benar anda dapat mengeceknya di website www.markaindo.co.id yang akan memberikan informasi mengenai proses pengolahan daging yang tepat.