5 Penguat Rasa Makanan yang Mudah Anda Temui

  • penguat rasa makanan

5 Penguat Rasa Makanan yang Mudah Anda Temui

Penguat rasa makanan merupakan salah satu senyawa atau campuran, umumnya berupa ekstrak atau saripati, yang ditambahkan ke dalam makanan dengan tujuan untuk meningkatkan rasa dan aroma sehingga menjadi lebih lezat.

Penguat rasa makanan terdiri dari dua jenis bahan pembuatannya yaitu dengan bahan buatan maupun bahan alami. Penguat rasa berbahan alami diperoleh dari bahan mentah tanaman atau hewan, melalui proses fisik, mikrobiologi atau enzimatik. Singkatnya penguat rasa tersebut bukan merupakan bagian dari bahan makanannya namun, terdapat dalam bahan makanan tersebut sebagai akibat dari perlakuan saat pengolahan, penyimpanan atau pengemasan.

Penguat rasa makanan tidak hanya berasal dari penyedap makanan saja namun, bumbu dapur dapat menjadi penguat rasa makanan. Berikut ada beberapa jenis bumbu dapur yang dapat menjadi pilihan sebagai penguat rasa alami.

1. Rosemary

Rosemary dalam Bahasa aslinya memiliki arti “embun dari laut”. Sebutan ini sangat cocok karena aroma yang dimilikinya unik dan cukup kuat. Dengan bentuk seperti jarum dengan aroma yang mirip campuran lemon dan pinus. Rosemary dapat digunakan sebagai bumbu dalam hidangan seperti sup, casserole, salad, dan juga semur. Rosemary juga sering digunakan sebagai bumbu dalam memasak ayam, unggas, domba bahkan ikan untuk menghilangkan bau amis dalam daging.

2. Bawang Putih

Rasa dan aroma bawang putih saat dimasak memang melengkapi setiap makanan.  Tidak hanya untuk menambah cita rasa, bahan ini dapat digunakan sebagai penghias pada makanan. Selain enak, bawang putih juga memiliki banyak manfaat baik yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsinya secara langsung, salah satunya yaitu mengeluarkan racun dari tubuh melalui pori-pori kulit sedangkan untuk penderita jantung, bawang putih juga bisa menurunkan kadar kolesterol. Bawang putih juga baik dikonsumsi untuk penderita diabetes karena dapat meningkatkan tingkat insulin dalam aliran darah.

3. Paprika

Warna yang dimiliki oleh bubuk paprika memiliki warna jingga bila dibandingkan dengan warna pada bubuk cabai. Meski mirip, bubuk paprika memiliki karakter rasa yang berbeda. Dengan rasa yang tidak terlalu pedas seperti bubuk cabai, bubuk ini juga memiliki sedikit rasa manis. Paprika memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang baik untuk kesehatan. Rasa unik yang dihasilkan oleh paprika sangat cocok untuk anda yang tidak ingin rasa pedas yang mendominasi rasa dalam masakan serta dapat mempercantik makanan.

4. Oregano

Oregano kering memiliki aroma yang cukup kuat dan unik serta memiliki rasa sedikit pahit dan pedas. Oregano merupakan bumbu yang sering ditemui pada masakan Italia seperti pada saus pizza atau pasta.  versi keringnya mampu menambahkan kompleksitas rasa tanpa mendominasi bahan lainnya.

5. Bawang Bombay

Bawang bombay merupakan jenis bawang yang memiliki ukuran yang lebih besar dan bulat dibandingkan dengan jenis bawang lainnya, bawang bombay memiliki wangi yang tidak terlalu tajam namun memiliki rasa yang manis. Selain ditumis, bawang bombay juga bisa disantap dalam kondisi segar sebagai campuran dari salad dan hiasan pada piring makanan.

Anda dapat memiliki bumbu ini dalam bentuk bubuk seperti yang ditawarkan oleh produk dari Wiberg. Jika Anda tertarik ingin mencoba produk ini, dapatkan segera informasi lengkapnya pada website Markaindo di www.markaindo.co.id  atau dapat mengirim email di marketing@markaindo.co.id.