Penggunaan Potato Flakes Pada Makanan Ringan

Jika Anda penyuka snack atau makan ringan yang berasal dari kentang, Anda akan menemukan tulisan potato flakes atau tepung kentang dibalik kemasan makanan ringan. Potato flakes ialah produk makanan dari olahan kentang terdehidrasi berbentuk flake atau serpihan kecil yang mudah terhidrasi kembali ketika dicampurkan dengan air hangat. Sesuai namanya, potato flake atau tepung kentang yang berasal dari kentang. Cara pembuatan tepung kentang ini yaitu dengan cara dikeringkan lewat mekanisme tertentu dan tak jarang potato flakes digunakan sebagai pengganti kentang fresh. Cara pemakaiannya cukup diberikan air hangat lalu aduk hingga merata. Dengan cara seperti itu adonan tepung kentang ini bisa dipakai untuk membuat makanan atau bisa langsung dimakan. Tepung kentang sendiri merupakan produk yang sangat praktis dan dapat disimpan dalam jangka waktu yang lama. Anda juga tak perlu repot untuk mengupas dan mengukus.

Dulu produk olahan kentang ini sering disebut tepung seduh karena dulu diproduksi dalam bentuk serpihan kebar mirip dengan bubur instan. Namun sekarang dibuat dalam bentuk serpihan yang lebih halus lagi. Potato flakes dibuat dengan cara kentang dicuci bersih, dikukus kemudian dikupas sebelum diolah menjadi bubur dahulu selanjutkan dikeringkan lalu dibuat hingga menjadi serpihan. Lapisan kentang tersebut diatur dengan ketebalan yang telah ditentukan dengan tingkat kepadatan atau kekeringan tertentu. Hasil lembaran kentang ini kemudian dilakukan proses pembagian lagi hingga terbentuk serpihan kecil yang memiliki ukuran atau diameter tertentu sesuai dengan kebutuhan.

Penggunaan potato flakes pada snack bertujuan untuk bahan (binder) karena memiliki daya ikat yang tinggi, karena adanya kandungan pati bebas yang relatif tinggi dibandingkan dengan produk olahan kentang lainnya seperti potato granules. Dengan adanya karakteristik tersebut, potato flakes dijadikan komposisi penting dalam pembuatan snack yang terbuat dari kentang seperti stackable potato chips. Tidak hanya sebagai bahan baku pembuat snack, tepung kentang juga sering digunakan sebagai pengental, pembentuk, bahan anti lengket dan pengikat makanan, snack khususnya. Sebenarnya tak terbatas pada makanan ringan dengan bahan baku  kentang saja, potato flakes juga digunakan sebagai bahan untuk mengolah makanan panggang, saus, mie, sup, kroket, perkedel,  mashed potato instan dan juga daging serta ikan olahan. Potato flakes atau biasa dikenal tepung kentang adalah serpihan kentang yang telah mengalami beberapa proses termasuk proses pengeringan dan berbentuk serpihan atau bubuk kering, tidak menggumpal dan sangat praktis digunakan sebagai bahan pengganti kentang segar untuk beberapa jenis produk hidangan atau olahan kentang.

Potato flakes digunakan secara luas sebagai ingredient dalam industri makanan antara lain untuk produk-produk berbahan dasar kentang seperti di bawah ini snack kentang hasil ekstrusi (extruded) dan berupa lembaran (sheeted), makanan berbahan dasar kentang baik yang segar maupun dibekukan seperti dumpling dan lain-lain, reconstituted French fries, saus dan sup, sebagai bahan pengental, berbagai produk bakery, produk daging dan ikan olahan, sebagai ingredient pada bahan coating. Kentang memiliki kandungan yang sangat bermanfaat dibandingkan dengan makanan pokok lainnya, berikut yang terkadung dalam kentang:

-Kandungan karbohidrat dan protein

-Kandungan mineral seperti kalsium dan kalium

-Kandungan vitamin c

-Kaya akan serat

Jika Anda berniat untuk membeli produk potato flakes, Anda bisa membelinya dari  perusahaan Aviko Rixona B.V yang berkualitas. Potato flakes Aviko Rixona B.V bisa Anda dapatkan dengan cara menghubungi PT. Markaindo melalui website www.markaindo.co.id atau email marketing@markaindo.co.id